4 Tips Aman Diet Vegan untuk Pemula

No comments

Memiliki tubuh ideal dan sehat, tentu sebuah idaman dan banyak yang mengupayakan. Belakangan ini, diet vegan menjadi salah satu cara yang makin diminati, yaitu dengan menghindari makanan konsumsi yang bersumber dari hewan. Jadi, makanan sehari-harinya lebih difokuskan pada sumber-sumber nabati saja. 


4 Tips Aman Diet Vegan untuk Pemula

Namun, teman-teman perlu tahu bahwa ternyata diet vegan ini tidak selalu berujung baik sesuai harapan. Beberapa media berita dan kesehatan pun sudah banyak yang membahas terkait ini.  Penyebabnya adalah karena protein dan zat-zat penting dari hewan yang dibutuhkan tubuh tidak lagi didapatkan. Makanya perlu membekali diri dengan pengetahuan dan persiapan sebelum memulai diet vegan. Jangan sampai tubuh sehat yang menjadi tujuan, malah mengalami dampak buruk yang bisa saja berakibat fatal.


Baca juga: Pengalaman : Tips Tidur Cepat dan Nyenyak Di Malam Hari


Nah, berikut beberapa tips aman untuk memulai diet vegan agar dapat menjadi referensi teman-teman yang berniat menjalankannya. 


1. Pelajari Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi

Terdapat beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan oleh mereka yang sedang diet vegan. Bila sebelumnya didapatkan dari makanan hewani, penting untuk mencari bahan-bahan nabati yang memiliki kandungan nutrisi setara. Misalnya, protein dari daging dan ikan, bisa digantikan dengan kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Omega-3 yang biasanya dari minyak ikan, bisa didapatkan juga dari minyak kanola. Silakan mencari lebih banyak agar tidak ada kebutuhan nutrisi tubuh yang tidak terpenuhi karena diet vegan.


2. Lakukan Secara Bertahap

Tubuh pasti butuh adaptasi ketika ada perubahan. Begitu pula saat kita baru pertama kali melakukan diet vegan. Agar proses adaptasi ini berjalan dengan baik tanpa keluhan atau risiko tertentu, proses diet bisa dimulai dengan tidak makan daging merah dalam beberapa hari dulu di awal. Baru nanti ditingkatkan secara bertahap dengan mengurangi konsumsi makanan hewani lainnya.


3. Belajar Memasak Variasi Menu Vegan

Banyak yang bilang kalau makanan vegan itu kurang menggugah selera. Ditambah lagi tidak semua restoran atau tempat makan di luar sana menyediakan menu vegan. Alangkah lebih baik bila mulai belajar memasak menu harian sendiri. Pelajari resep-resep yang banyak tersedia di internet, lalu praktikkan. Ini juga akan membuat kita lebih sering bereksplorasi lagi dengan bahan-bahan nabati. Semakin banyak bahan yang bisa dikonsumsi, tentu nutrisinya akan semakin lengkap.


4. Konsultasikan dengan Ahli

Bila diperlukan, mengingat ada risiko-risiko kekurangan nutrisi pada pelaku diet vegan, berkonsultasilah kepada ahlinya, seperti ahli gizi. Dengan mendapat arahan tepat, tentunya berdasarkan ilmu-ilmu yang terjamin kebenarannya, diet vegan akan dapat berjalan dengan baik. Setidaknya, ini bisa menjaga tubuh agar terhindar dari bahaya bila ternyata ada kekeliruan atau kesalahan dalam proses diet yang tengah dijalankan.


Oiya, agar lebih lengkap, perkaya juga wawasan dengan berbagai informasi terkini mengenai kesehatan dan gaya hidup sehat. Pastikan dari kanal yang tepercaya, ya. Seperti mengenai diet vegan ini, kalau kurang berhati-hati dan terlalu ekstrim, ternyata ada yang sampai meninggal, lo! Saya membacanya di Beranda.co.idportal berita online yang menyajikan berita terkini, tepercaya, dan akurat. Ini bisa dijadikan bahan pembelajaran juga untuk menghindari hal serupa terjadi.


Baca juga: Sedot Kista Tiroid dengan dr. Dante Spesialis Endokrin


Intinya, kalau kita melakukan diet dengan cara yang tepat, tanpa mengenyampingkan pemenuhan nutrisi, serta segera menyadari bila terjadi sesuatu yang tidak nyaman di tubuh, diet vegan sekali pun akan tetap aman dilakukan.


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)