MUA Pemula, Ini 6 Tips Belanja Perlengkapan agar Tidak Rugi!

No comments

Hobi dandan bisa dapat cuan, kenapa enggak? Teman-teman bisa lo merintis profesi sebagai Make Up Artist (MUA) yang kini kian diminati. Jangan buru-buru menganggap diri tidak mampu andai belum berpengalaman, karena untuk mengasah skill, sangat memungkinkan memulainya dari menonton video tutorial make up yang kerap dibagikan oleh para beauty blogger dan beauty vlogger melalui medsos mereka.


MUA Pemula, Ini 6 Tips Belanja Perlengkapan agar Tidak Rugi!

Baca juga: 9 Urutan Pemakaian Body Care yang Efetif, Wajib Kamu Ikuti!


Ambil kursus kecantikan juga bila perlu. Persiapkan pula “alat tempur” dengan menyisihkan dana dari rekening tabungan bank digital yang teman-teman miliki untuk membeli perlengkapan make up wajib yang dimiliki oleh seorang MUA.



Perlengkapan Rias yang Wajib dimiliki MUA Pemula

Aplikasi bank digital bisa diandalkan untuk membantu mempersiapkan budget dengan matang, terutama untuk membeli alat-alat make up demi menunjang kelancaran pekerjaan sebagai MUA. Lalu, apa saja perlengkapan make up yang harus dimiliki dan kegunaannya? Simak ulasannya berikut ini, ya.


1. Brush

Alat rias pertama yang harus dimiliki makeup artist adalah brush atau kuas. Kuas terdiri dari berbagai ukuran dengan kegunaannya masing-masing. Kuas besar biasanya untuk mengaplikasikan foundation, bedak, dan blush on. Sementara kuas yang lebih kecil biasanya digunakan untuk meratakan eyeshadow, eyeliner, mascara, merapikan alis, lipstik, dan lainnya.

2. Primer dan Foundation

Sebagai makeup artist, teman-teman harus memiliki dua makeup dasar ini. Primer bermanfaat untuk menutup pori-pori, sementara foundation memiliki fungsi untuk meratakan kulit wajah dengan sempurna.

3. Bedak

Terdapat dua jenis bedak, yaitu powder dan padat. Bedak ini diaplikasikan setelah memakai primer dan foundation. Fungsinya untuk menghasilkan riasan yang lebih matte dan tahan lama.

4. Eyebrow Kit

Alat rias ini berfungsi untuk merapikan dan menebalkan alis. Untuk hasil riasan yang natural dan intensif, eyebrow kit tidak boleh ketinggalan.

5. Eyeshadow Palette

Eyeshadow berbagai warna berfungsi menghasilkan riasan kelopak mata yang lebih hidup dan menarik.

6. Eyeliner

Alat make up yang satu ini ampuh memberikan kesan mata yang lebih tegas dan besar. Terdapat pilihan eyeliner seperti gel, pencil, eyeliner spidol, dan eyeliner cair.

7. Blush On

Untuk menambah rona berseri pada wajah dibutuhkan blush on. Tersedia blush on berbentuk creamy, tint blush, powder, hingga gel.

8. Lipstik

Perona bibir ini menambah sempurnanya hasil riasan. teman-teman bisa mengoleksi lipstik matte, glossy, dan butter sesuai dengan kebutuhan klien.

9. Makeup Artist Case

Agar peralatan make up tidak berserakan, gunakan tas atau koper. Biasanya di dalam make up artist case sudah dilengkapi dengan cermin yang memudahkan untuk merias.



Tips Belanja Perlengkapan MUA agar Tidak Rugi

Tips Belanja Perlengkapan MUA

Setelah mengetahui perlengkapan dan peralatan make up yang dibutuhkan MUA, saatnya berbelanja di toko-toko online terpercaya. Nah, agar dapat menghemat biaya belanja dan tidak rugi, silakan terapkan beberapa tips berikut ini.


✔ Buat Daftar Belanja

Dilansir dari Insider, sebelum belanja alat makeup, sebaiknya buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak tergoda membeli produk tata rias yang tidak diperlukan dan lebih fokus membeli produk yang dibutuhkan.

✔ Bandingkan Harga

Sebelum memutuskan membeli alat tata rias, pastikan mengecek dan membandingkan harganya di beberapa online shop. Dengan membandingkan harga, teman-teman bisa mendapatkan harga paling hemat dari toko yang menawarkan diskon.

✔ Beli Produk yang Multifungsi

Agar menghemat anggaran, belilah produk makeup multifungsi. Salah satunya adalah BB cream. Dilansir dari Allure, BB cream dapat berfungsi sebagai alas bedak atau foundation, pelembap, sekaligus menjadi tabir surya.

✔ Cari tahu ulasan produk

Sebelum membeli produk make up, pastikan mencari tahu ulasan atau review produk makeup terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk berdasarkan pengalaman orang lain yang telah menggunakannya. Teman-tema dapat membaca ulasan produk di situs belanja online, forum kecantikan, atau melihat review dari beberapa beauty blogger dan beauty vlogger.

✔ Pilih Brand Lokal

Produk-produk make up buatan brand lokal kini semakin berkembang. Kualitasnya juga tidak kalah jika dibandingkan brand makeup internasional. Harga produk alat rias brand lokal biasanya lebih terjangkau, sehingga bisa menghemat sekaligus mendukung kemajuan produk dalam negeri. Untuk memudahkan transaksi pembayaran, teman-teman dapat memanfaatkan aplikasi bank digital saja.

✔ Manfaatkan Promo

Beberapa toko kecantikan di marketplace sering bekerja sama dengan beberapa bank digital untuk memberikan promo istimewa. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan dari potongan harga atau cashback saat berbelanja makeup.


Perlu diketahui bahwa tidak perlu menunda impian menjadi make up artist hanya karena hambatan dana. Bank digital terbaik dari digibank by DBS akan membantu mewujudkannya. Digital banking ini menyediakan berbagai layanan dan fitur yang memudahkan transaksi pembelian perlengkapan make upTransfer uang dapat dilakukan dengan mudah dari aplikasi digibank by DBS untuk membeli peralatan make up MUA. Gratis transfer tanpa kuota untuk semua transaksi harian.


Jika ingin mengelola dana bisnis MUA yang dijalankan, silakan manfaatkan goal calculator yang ada di aplikasi digibank by DBS untuk menganalisanya. Selanjutnya, teman-teman dapat  mengatur dana tersebut dengan mengikuti program Maxi Booster yang menawarkan boost bunga tabungan hingga 7% per tahun. Menarik, kan?


Bahkan, dari hasil tabungan, dapat dijadikan modal investasi di reksadana dan obligasi. Tak perlu khawatir, modal investasi di digibank by DBS sangat terjangkau. Cukup 100 ribu rupiah, sudah bisa memilih 120+ instrumen investasi untuk menunjang karir masa depan sebagai seorang MUA.


Baca juga: Review Pemakaian Krim Racikan ZAP, Ini Hasilnya Setelah Satu Minggu


Jadi, buat teman-teman yang ingin bertransaksi lebih praktis dalam pembelian alat-alat MUA, silakan memanfaatkan digibank QRIS yang sat set sat set dalam hal transfer uang. Bahkan kalau ingin mencicil perlengkapan make up pun, juga bisa memanfaatkan digibank Pay Later. Membeli brush atau colour palette dengan harga mahal, masih bisa gesek Kartu Kredit digibank dan gunakan pilihan cicilan 0% hingga 24 bulan.


Bagaimana, tertarik dengan beragam fasilitas yang ditawarkan oleh digibank by DBS? Jangan tunda lagi untuk membuka rekening di bank digital ini. Segera unduh aplikasi digibank by DBS melalui App Store atau Google Play. Raih citamu menjadi MUA profesional!


Semoga bermanfaat. 

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)