Mengenal Olahraga Gym Ball Workout Dengan Segudang Manfaatnya

No comments

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan secara mandiri atau sendiri di rumah, salah satunya adalah gym ball workout. Pernah dengar? Mungkin masih banyak yang belum terlalu mengenal jenis olahraga yang satu ini. Karena itu, yuk kelanalan dulu, mana tahu suka dan jadi hobi!


Mengenal Olahraga Gym Ball Workout Dengan Segudang Manfaatnya

Gym ball atau dikenal juga dengan Swiss ball maupun exercise ball, pada dasarnya merupakan olahraga yang dilakukan dengan bantuan alat fitness yaitu ball. Alat ini dipakai untuk membantu jenis latihan layaknya keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, sampai dengan stabilitas tubuh.


Baca juga: 10 Hal Sederhana Ini Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuhmu


Gym ball tidak harus dilakukan di pusat kebugaran, melainkan juga sangat memungkinkan dilakukan sendiri di rumah. Tentunya dengan bantuan alat fitness tersebut yang bisa didapatkan secara mudah di pasaran. Namun bagi pemula, memang agak sulit, sehingga harus dibantu oleh trainer agar hasilnya lebih optimal.


Nah, tidak sedikit manfaat yang dapat dirasakan dengan melakukan olahraga gym ball, berikut beberapa di antaranya. 


🌸 Memperkuat Otot 

Jenis otot yang diperkuat khususnya adalah otot inti. Hal ini dikarenakan untuk latihan dengan bola gym membutuhkan keseimbangan. Jadi ketika dilakukan akan membantu menjaga otot tubuh, membantu memperbaiki postur tubuh, sampai nantinya postur akan terjaga dengan lebih baik.


🌸 Meningkatkan Fleksibilitas 

Gym ball workout nyatanya juga sangat membantu meningkatkan fleksibilitas. Meskipun tidak menggunakan bola gym, sebenarnya dengan gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat latihan atau stretching dapat menghangatkan otot tubuh. Hal tersebut akan mengurangi terjadinya risiko cedera. Bagus untuk menjaga fleksibilitas tubuh hingga lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.


🌸 Menjaga Keseimbangan

Sedikit gerakan yang tidak benar atau kurang seimbang ketika sedang melakukan latihan dengan bola gym, berisiko menyebabkan jatuh atau terluka. Contoh sederhananya adalah hanya dengan mencoba duduk di atas bola tersebut. Kita sudah berusaha menjaga keseimbangan dengan baik sehingga nantinya tidak mudah jatuh. Hal ini bagus untuk membentuk postur tubuh yang sehat.


🌸 Menjaga Kesehatan Tulang Belakang 

Beberapa jenis latihan dengan gym ball pun tak kalah baik untuk punggung seta tulang belakang. Karena pada saat melakukan peregangan dengan gym ball ini, akan mendukung punggung bagian bawah agar tidak mudah mengalami sakit punggung, serta sangat baik untuk kesehatan postur tubuh bagian belakang.


🌸 Termasuk Bentuk Latihan Kardio 

Faktanya tidak hanya olahraga-olahraga beritme atau dengan gerakan cepat saja yang termasuk bagian kardio, olahraga yang mengandalkan bola gym ini juga latihan kardio, lo. Apalagi beberapa jenis gerakan yang dilakukan dengan gym ball sebenarnya sangat membantu untuk meningkatkan frekuensi detak jantung.


🌸 Dapat Meningkatkan Performa Olahraga 

Karena cocok untuk melatih otot inti sekaligus meningkatkan detak jantung, gym ball tentu dapat membantu meningkatkan energi tubuh kita. Menjadikan tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah.


Selain mengetahui deretan manfaat tersebut, penting juga untuk mengetahui beberapa jenis latihan dengan gym ball yang dapat dicoba.

  • Sitting on, yaitu latihan untuk menjaga keseimbangan dengan cara duduk di atas gym ball.
  • Gym ball plank, plank dengan menggunakan gym ball yang patut dicoba, karena akan membantu melatih banyak otot tubuh. Tentu levelnya jauh lebih tinggi atau sulit dibandingkan dengan melakukan plank biasa.
  • Gym ball crunch, melakukan sit up di atas gym ball yang memberikan sensasi berbeda, yaitu terasa ditantang, namun efek yang diberikan juga lebih banyak untuk kesehatan, karena selain menguatkan otot perut juga berguna dalam menjaga keseimbangan tubuh.
  • Gym ball push up, push up juga dapat dikombinasikan dengan gym ball. Kita bisa menaruh kaki di atas gym ball dan mulai melakukan push up dengan level yang lebih sulit.


Baca juga: Pengalaman Tips Tidur Cepat dan Nyenyak Di Malam Hari


Gym ball workout untuk pemula sebaiknya didampingi oleh pelatih, sehingga posisinya dapat dilakukan dengan benar dan hasil positifnya akan mengikuti dengan maksimal. Teman-teman bisa mengikuti kelas latihannya di FIT HUB. Programnya banyak, fasilitas yang ditawarkan lengkap, bahkan dukungan kemudahan untuk reservasi kelasnya karena bisa dilakukan secara online. Lengkap, kan?


Mari sehatkan tubuh dengan olagraga gym ball yang seru. 

Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)