Ketentuan Seputar Mesin EDC BCA Yang Perlu Diketahui Merchant

No comments

Ketika ingin menjadi merchant, penting memperhatikan beberapa ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Karena pendaftaran untuk menjadi merchant,  membutuhkan proses yang memakan tenaga dan waktu. Supaya tidak sia-sia dan bisa bekerjasama dalam waktu yang lama, maka pilihlah penyedia layanan yang bisa menjadi merchant tanpa menyulitkan. 


Ketentuan Seputar Mesin EDC BCA Yang Perlu Diketahui Merchant

Baca juga: Cara Membeli Tiket MRT Jakarta


Contohnya, bagi yang tertarik menjadi merchant BCA untuk mendapat layanan pembayaran non tunai mesin EDC, perlu memperhatikan ketentuan berikut ini agar mendapatkan manfaat terbaik dari pembayaran non tunai menggunakan mesin EDC BCA tersebut.


🌸 Simpan Bukti Transaksi Minimal 9 Bulan

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menyimpan bukti transaksi yang dimiliki. Ketika menerima pembayaran menggunakan mesin EDC, pasti akan mendapat bukti transaksi yang diberikan pada konsumen dan juga disimpan sendiri. Nah, bukti transaksi yang disimpan ini sekurang-kurangnya adalah 9 bulan setelah mencetak bukti tersebut. Jadi, bagi merchant BCA yang memiliki layanan mesin EDC, jangan sampai lupa menyimpan baik bukti transaksi agar bisa menjadi bukti ketika dibutuhkan.


🌸 Setidaknya Ada 1 Kali Transaksi Setiap Bulan

Ketentuan selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika menjadi merchant BCA yang menggunakan pembayaran non tunai dari mesin EDC adalah menerima transaksi secara rutin. Minimal ada 1 kali pembayaran menggunakan mesin EDC dalam waktu 1 bulan. Baik pembayaran menggunakan kartu debit, kredit, Flazz, maupun QRIS. 


Untuk bisa memenuhi ketentuan ini, pastikan bisnis yang dimiliki mempunyai target pasar yang cenderung menggunakan sistem pembayaran non tunai agar bisa terus mendapat kemudahan dan keuntungan dari EDC BCA di masa depan.


🌸 Pencairan Dilakukan 1 Hari setelah Settlement

Penting pula diperhatikan bahwa dalam penggunaan mesin EDC BCA, settlement akan berpengaruh pada pencairan dana dari transaksi yang dimilki. Garis bawahi bahwa batas waktu pengaturan settlement adalah maksimal pukul 10 malam dan akan mendapatkan pencairan H+1 dari waktu settlement yang telah dipilih. Untuk pencairan yang didapat, sebaiknya lakukan audit report terlebih dahulu agar tidak ada pencairan transaksi yang bermasalah kedepannya. 


🌸 Kenali Cara Penggunaan Mesin EDC

Bagi merchant BCA yang menerima mesin EDC, kenali dan pahamilah cara penggunaan mesin EDC yang diberikan tersebut dan tidak perlu disewa dari BCA. Salah satunya adalah mengetahui bahwa tanda merah pada struk, merupakan tanda bahwa struk sudah mau habis, jadi perlu diisi ulang. Selain itu, perlu juga memperhatikan kode-kode yang digunakan untuk pembayaran. 


Mesin EDC BCA menerima transaksi dengan kartu debit, kredit, Flazz, dan juga QRIS. Ada kode kode transaksi yang perlu diperhatikan saat melakukan pembayaran non tunai dari masing-masing tersebut. Pelajari pula langkah untuk menerima setiap jenis pembayaran non tunai yang dipilih oleh konsumen, demi memberikan layanan terbaik.


🌸 Kenali Cara Perawatan Mesin EDC

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dari ketentuan mesin EDC BCA agar berusia panjang dan tidak mudah rusak adalah dengan melakukan perawatan dengan cara yang tepat. Mulai dari menempatkannya di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung, serta hindari juga tempat yang lembab. Pastikan kabel tertata rapi, cabut apabila charging sudah penuh, dan lakukan pembersihan secara rutin dengan lap kering untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di mesin.


Baca juga: Cara Mengambil Paket Luar Negeri yang Terkena Pajak di Kantor Pos


Itulah beberapa ketentuan dari merchant yang menggunakan layanan terbaik dari mesin EDC BCA. Dapatkan manfaat pembayaran non tunai menggunakan mesin EDC BCA dengan mendaftar menjadi merchant yang dapat dilakukan secara online lewat website bank BCA. Atau pendaftaran juga lebih mudah melalui aplikasi merchant BCA yang memberikan fitur lengkap untuk pengelolaan bisnis dengan mengunduh di link ini.


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)