Header Ads

Bingung Puting karena Dot



Awalnya aku nggak percaya ada bayi yang bingung puting karena menggunakan dot. Banyak kok temen-temenku di kantor yang memberikan ASIP menggunakan dot selama dia bekerja. Nggak ada masalah dan anaknya mau-mau aja mimik langsung saat ibu mereka di rumah. Jadi aku memilih menggunakan dot untuk anakku Byan  saat aku mengalami Hiperlaktasi. Baca AsiTerlalu Deras (Hiperlaktasi). Aku juga menggunakan dot saat Byan kuning - baca BayikuKuning - (walaupun saat itu gagal) karena aku rasa lebih gampang dari pada menggunakan sendok atau alat lain. Aku sampai mencoba dua merek dot. Yang pertama dot merek HUKI. Aku kira dengan bentuk dot yang menyerupai puting ibu, Byan merasa nyaman jika mimik dengan ini. Tapi aku salah, dia malah tidak suka. Yang kedua aku mencoba dot merek Pigeon Peristaltic PLUS dan Byan langsung cocok. :)


 Setelah berhari-hari menggunakan dot untuk memberikan ASI kepada Byan, kok rasanya ada yang mengganjal ya? Ada sedikit rasa bersalah sebagai seorang ibu. Aku ingin menyusui Byan langsung, bukan dengan dot begini. Akhirnya aku kembali mencoba menyusui Byan dengan payudara sebelah kanan yang saat itu ASI yang keluar tidak sederas yang sebelah kiri. Tapi Byan malah menolak untuk menyusu, dia selalu menolehkan kepalanya dan menangis keras. Berkali-kali aku coba tapi tetap juga Byan tidak mau. Karena kasihan, aku kembali memberikan ASIP dengan dot.

Aku menyesal kenapa memutuskan untuk menggunakan dot sampai berhari-hari. Mungkin ini yang dinamakan bingung puting seperti yang selama ini aku baca-baca dibeberapa artikel. Aku mulai takut dan panik. Takut Byan tidak mau lagi aku susui. 

Aku mulai berpikir bagaimana caranya agar Byan tidak bingung puting lagi. Pokoknya harus bisa gimanapun caranya. Aku nggak mau Byan lama-lama begini. Akhirnya aku putuskan untuk menunggu Byan benar-benar lapar. Aku harus tega melihat dia menangis. Setiap dia lapar, aku coba susui. Gagal. Aku biarkan dia menangis. Beberapa menit kemudian aku coba susui lagi. Begitu terus sampai akhirnya Byan mau menghisap dan minum ASI langsug dariku. Alhamdulillah aku berhasil. Lega rasanya melihat Byan mau mimik langsung lagi dalam dekapanku. Aku kapok menggunakan dot dalam waktu lama. Aku hanya akan menggunakannya jika keadaan benar-benar mendesak. Aku nggak mau mengulangi kesalahan yang sama.

Sampai sekarang umur Byan 4,5 bulan, aku tidak pernah lagi menggunakan dot. Bahkan pernah sekali aku meninggalkan Byan dengan ayahnya di rumah karena aku harus kekantor menyelesaikan pekerjaan sebelum resign (baca Berhenti Bekerja Demi Anak), Byan malah tidak mau lagi minum ASIP dengan dot. Aku jadi buru-buru pulang deh sebelum Byan makin kelaparan. Tapi nggak apa-apa asalkan Byan nggak bingung puting lagi. Aku malah senang Byan lebih memilih mimik langsung dengan Bundanya. 

Jadi ya moms, semakin lama kita menggunakan dot kepada si kecil, semakin besar peluangnya dia akan mengalami bingung puting. Susuilah jika kita berada disampingnya. Selain itu penggunaan dot juga akan mengurangi produksi ASi. Walaupun kita sering pumping, tapi air liur bayi lah yang merangsang produksi ASI. Jika ada yang terlanjur bayinya mengalami bingung puting, mungkin bisa mencoba cara yang sama dengan yang aku lakukan ke Byan. 

Semoga bermanfaat ya moms..^_^

2 comments:

  1. Halo mbak,ada akun Instagram? Anak ku juga bingung puting,aku cuma mau ngobrol banyak aja via DM instagram. Makasih 😊

    ReplyDelete