Bingung Puting karena Dot

Source : freepik.com
Awalnya aku nggak percaya ada bayi yang bingung puting karena menggunakan dot. Banyak kok temen-temenku di kantor yang memberikan ASIP menggunakan dot selama dia bekerja. Nggak ada masalah dan anaknya mau-mau aja mimik langsung saat ibu mereka di rumah. Jadi aku memilih menggunakan dot untuk anakku Byan  saat aku mengalami Hiperlaktasi. Aku juga menggunakan dot saat Byan kuning (walaupun saat itu gagal), karena aku rasa lebih gampang dari pada menggunakan sendok atau alat lain.

Aku sampai mencoba dua merek dot. Yang pertama dot merek HUKI. Aku kira dengan bentuk dot yang menyerupai puting ibu, Byan merasa nyaman jika mimik dengan ini. Tapi aku salah, dia malah tidak suka. Yang kedua aku mencoba dot merek Pigeon Peristaltic PLUS dan Byan langsung cocok.

Berbagai metek dot yang pernah digunakan Byan

Baca juga : Pengalaman Asi Terlalu Deras (Hiperlaktasi)

Setelah berhari-hari menggunakan dot untuk memberikan ASI kepada Byan, kok rasanya ada yang mengganjal ya? Ada sedikit rasa bersalah sebagai seorang ibu. Aku ingin menyusui Byan langsung, bukan dengan dot begini. Akhirnya aku kembali mencoba menyusui Byan dengan payudara sebelah kanan yang saat itu ASI yang keluar tidak sederas yang sebelah kiri.

Tapi Byan malah menolak untuk menyusu, dia selalu menolehkan kepalanya dan menangis keras. Berkali-kali aku coba tapi tetap juga Byan tidak mau. Karena kasihan, aku kembali memberikan ASIP dengan dot.

Aku menyesal kenapa memutuskan untuk menggunakan dot sampai berhari-hari. Mungkin ini yang dinamakan bingung puting seperti yang selama ini aku baca-baca dibeberapa artikel. Aku mulai takut dan panik. Takut Byan tidak mau lagi aku susui. 

Aku mulai berpikir bagaimana caranya agar Byan tidak bingung puting lagi. Pokoknya harus bisa gimanapun caranya. Aku nggak mau Byan lama-lama begini.

Akhirnya aku putuskan untuk menunggu Byan benar-benar lapar. Aku harus tega melihat dia menangis. Setiap dia lapar, aku coba susui. Gagal. Aku biarkan dia menangis. Beberapa menit kemudian aku coba susui lagi. Begitu terus sampai akhirnya Byan mau menghisap dan minum ASI langsung dariku. 

Alhamdulillah aku berhasil. Lega rasanya melihat Byan mau mimik langsung lagi dalam dekapanku. Aku kapok menggunakan dot dalam waktu lama. Aku hanya akan menggunakannya jika keadaan benar-benar mendesak. Aku nggak mau mengulangi kesalahan yang sama.


Sampai sekarang umur Byan 4,5 bulan, aku tidak pernah lagi menggunakan dot. Bahkan pernah sekali aku meninggalkan Byan dengan ayahnya di rumah karena aku harus kekantor menyelesaikan pekerjaan sebelum resign (), Byan malah tidak mau lagi minum ASIP dengan dot. Aku jadi buru-buru pulang deh sebelum Byan makin kelaparan. Tapi nggak apa-apa asalkan Byan nggak bingung puting lagi. Aku malah senang Byan lebih memilih mimik langsung dengan Bundanya. 

Jadi ya moms, semakin lama kita menggunakan dot kepada si kecil, semakin besar peluangnya dia akan mengalami bingung puting. Susuilah jika kita berada disampingnya. Selain itu penggunaan dot juga akan mengurangi produksi ASi. Walaupun kita sering pumping, tapi air liur bayi lah yang merangsang produksi ASI. Jika ada yang terlanjur bayinya mengalami bingung puting, mungkin bisa mencoba cara yang sama dengan yang aku lakukan ke Byan.


Semoga bermanfaat ya moms.


7 comments:

  1. Itu brp lama mb paksain anaknya menyusui langsung lg? Anakku skrg lagi bingput jg mb :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku alhamdulillahnya cuma sehari doang dibiarin nggak mimik botol. Habis itu langsung mau mimik langsung lagi.

      Delete
  2. Hai Mba, Byan umur brp disaat dari dot ke DBF?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. Kalau nggak salah ingat kayaknya Byan masih di bawah 3 bulan deh. Masih bayi banget. Cuma aku lupa usia pastinya berapa bulan.

      Delete
  3. Pagi Mba mau tanya lagi, kebetulan anak saya baru 2bln 1minggu, bingput jg karna dari sejak lahir dikasih dot sedihnya semakin besar bayi saya semakin banyak minum sehingga asinya gak ckup jadi dicampur sufor (sedih banget mba) , walaupun bayi saya mau DBF sesekali (sehabis dia mandi saja) tapi dia selalu menolak kalau waktunya minum susu 2-3jam setiap sessionny, pakai cara gak paksa sdh berlangsung 1bln kebelakang n hasilnya krg maksimal jadi saya sblm anak sya 3bln mau coba cara mbak Nova, berikut pertanyaanya ya mbak,

    1. Saat Byan benar benar lapar itu tidak minum berapa lama ya mba?

    2. Waktu proses mencoba susui Byan lagi apakah didampingi oleh suami atau seorang diri?

    3. Ketika Byan sudah lapar, dia menangis, nah disaat Mba Nova sodorin nenen lg ke Byan, babynya dlm keadaan nangis atau sdh tenang mba?

    4. Apakah ada tipsnya lagi untuk mencoba cara mba menyusui kembali disaat babynya nangis kejer dengan muka sedih mereka?

    Mohon maaf saya banyak tanya mba. Smga pertanyaan saya dijawab ya mba. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak. Wah pasti lagi berjuang banget ya sekarang. Saya coba jawab sebisa saya ya. Tapi sebelumnya, cara saya yang membiarkan Byan lapar dan akhirnya mau DBF lagi itu tidak dibarengi lagi dengan penggunaan dot. Benar2 hanya DBF saja.

      1. Aku lupa berapa lama pastinya. Pokoknya dalam satu hari itu saja sudah mau DBF lagi karena mungkin dia laper banget.

      2. Kebetulan aku cuma sendiri. Suami lagi kerja dan tidak ada pengasuh juga.

      3. Masih nangis pas aku sodorin. Beberapa kali begitu. Nangisnya lama banget. Aku coba gendong, terus beberapa menit kemudian aku sodorin mimik, gendong lagi, sodorin lagi. Sempat ketiduran juga. Terus nangis lagi, begitu terus sampai akhirnya dia mau DBF lagi.

      4. Enggak ada, Mbak. Kasihan sih sebenarnya pas aku biarin dia nangis waktu itu. Tapi harus tega biar dia mau mimik langsung lagi.

      Swmoga membantu ya. Semangat 💪🏼

      Delete
    2. Hai Mbak, iya saya lagi berjuang bgd sblm bayi saya 3bln karna takut kelamaan gak mau DBF. Makasih banyak mba jawabannya smga dengan metode mba Nova bayi saya bisa lsg DBF.

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)