Header Ads

MPASI Pertama Byan

Asiiik Byan udah mau makan nih. Sebenernya nyuri start duluan sih, soalnya belum 6 bulan. Tapi nggak apa-apa lah biar Byan belajar makan. Lagian dokternya juga udah ngebolehin kok Byan dikasih makan diumur 5 bulan 2 minggu. Ya udah deh langsung aku laksanakan.

Pelajaran pertama yang aku dapatkan selama hampir 2 minggu menu tunggal Byan ini adalah ngasih makan bayi itu susaaaahnyaaa luar biasa. Apalagi yang baru mulai makan kayak Byan. Mulai dari dilepehin, disembur, dimuntahin, udah aku hadapi semua. Sampai nguras otak buat mikir apa penyebab Byan nggak mau makan, apakah sendoknya, apa teksturnya, apa emang nggak suka rasa makanannya atau nggak suka sama kondisi lingkungan sekitar saat makan.
Setelah menganalisa semua kejadian-kejadian yang bikin resah ini, akhirnya aku menemukan titik terang. Muntah disebabkan karena nggak suka makanannya yang dicampur dengan asi dan penyebab nolak makan karena teksturnya terlalu kental atau ada serat-serat makanan yang mengganggu, jadi sebisa mungkin harus haluuuus banget.

Alhamdulillah sekarang Byan udah mulai lancar makannya walaupun kadang masih nolak atau kadang muntah karena keselek. Tapi it’s OK, bundanya bisa ngebujuk dengan berusaha ngelucu atau jungkir balik bikin heboh biat perhatian Byan teralihkan.

Hal paling penting yang harus diingat adalah jangan memaksa bayi untuk makan. Kalau dia nangis hentikan dulu dan ulangi menyuapi beberapa saat kemudian. Atau kalau dia mintak nen disaat makan, kasih nen aja dulu. Kalau ngantuk, bobokin dulu. Kalau dipaksa nanti bakalan bikin sidedek trauma buat makan. Pokoknya tunggu dulu sampai suasana hatinya riang gembira, baru deh diajak buat maem.

Porsi sekali makan berdasarkan aturan yang ada adalah 2 sendok makan 1-2 kali sehari untuk umur 6 bulan. Teksturnya pun seperti bubur yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Tapi kalau aku mah senyamannya Byan aja. Selagi masih mau makan aku kasih aja, nanti kalau udah kenyang juga nangis sendiri.

Yang terakhir jangan lupa dikasih air putih ya moms. Kebutuhan air putih bayi (lagi-lagi berdasarkan aturan yang ada) adalah 30ml × berat badan bayi. Jika berat bayi 7,5 kg berarti 7,5 × 30 = 225 ml. Ada juga yang menjelaskan jika bayi ASI maka boleh memberikan setengahnya saja yaitu lebih kurang 115 ml karena 85% kandungan ASI adalah air. Tapi balik lagi ke realita, ngasih air putih ke bayi itu nggak gampang, jadi aku ngasihnya ya semaunya Byan aja, hee.

Permasalahan yang paling sering terjadi pada bayi yang baru beralih dari makanan cair ke makanan padat adalah sembelit. Walaupun ada juga sih yang sukses melalui masa menu tunggal tanpa sembelit. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya adalah sistem pencernaan bayi yang masih sensitif, menu yang kurang tepat atau kurang cairan. Jadi sembelit itu wajar terjadi pada bayi yang baru memulai MPASI. Jangan terlalu khawatir ya moms selagi si kecil tidak menandakan gelagat yang mencurigakan seperti demam atau rewel yang berkepanjangan. Byan juga mengalami sembelit lho moms, kisahnya bisa dibaca di sini.

Berikut menu tunggal Byan. Semoga bisa jadi pelajaran bagi para mommy karena terlalu banyak kesalahan yang aku lakukan. Hiks..
Hari 1
Pagi : pisang+ASI (muntah)
Siang : alpukat+ASI (muntah), coba alpukat+pisang+air (nangis), coba lagi pisang+air 1/4 buah pisang
Hari 2
Pagi : pisang+air 1/4 buah
Siang : pisang+air 1/4 buah
Pup jam 14.00 wib dan jam 17.00 wib dengan tekstur dan warna normal
Hari 3
Pagi : pisang 1/4 buah
Siang : pisang 1/4 buah
Sore : pisang 1/4 buah
Hari 4
Pagi : alpukat+air 1 sdt
Siang : alpukat+air 1 sdt
Pup jam 15.30 sedikit dengan tekstur dan warna normal
Sore : alpukat+air 2 sdt
Hari 5
Pagi : alpukat+air 2 sdt
Siang : alpukat+air 2 sdt
Sore : alpukat+air 2 sdt
Hari 6
Pagi : naga merah+air 5 sdt
Sore : alpukat+air 3 sdt
Hari 7
Pagi : alpukat+air 4 sdt
Siang : alpukat+air 3 sdt
Sore : pepaya 4 sdt
Pup jam 19.00 wib sedikit, keras
Hari 8
Pagi : pear 1/3 buah ukuran sedang
Pup jam 10.00 banyak dan tekstur lembek tapi kering
Siang : labu+air 4 sdt
Pup jam 14.30 banyak dan tekstur lembek tapi kering
Sore : pepaya 4 sdt
Hari 9
Pagi : labu+air 5 sdt
Siang : labu 6 sdt
Sore : pear 1/4 buah ukuran sedang (makan sedikit karena tempat makan ditendang Byan, jadi tumpah deh)
Hari 10
Pagi : pepaya 3 sdt
Siang : labu+air 6 sdt (muntah keselek pas minum air putih)
Sore : labu+air 6 sdt
Hari 11
Pagi : pear 1/2 buah ukuran sedang
Pup jam 15.00 wib sedikit, keras kayak batu kecil-kecil dan sedikit berdarah
Sore : labu+air 7 sdt
Pup jqm 17.00 wib sedikit, keras kayak batu kecil-kecil dan sedikit berdarah
Pup jam 19.00 wib agak banyak, keras kayak batu kecil-kecil dan sedikit berdarah
Pup jam 19.30 wib agak banyak dan keras
Hari 12
Pagi : pear 1/2 buah ukuran sedang
Siang : pepaya 6 sdt (baru makan 3 suap muntah dan mintak nen. Setengah jam kemudian dlanjutin lagi mamnya)
Hari 13
Pagi : alpukat+air 3 sdt
Pup jam 13.00 wib ssdikit dan keras kayak batu kecil-kecil
Sore : alpukat +air 7 sdt
Jam 19.00 wib muntah karena ngeden
Hari 14
Pup jam 07.00 wib banyak keras
Pagi : kentang+air+evoo 6 sdt
Pup jam 11.00 wib banyak, normal (ternyata labu yang bikin Byan sembelit)
Sore : buah naga merah+air
Pup jam 14.00 wib agak banyak, normal
Sore : kentang+air+evoo 3 sdt






No comments