Header Ads

Review Buku MPASI

Saking galaunya menunggu detik-detik pemberiaan MPASI kepada anakku Byan, dan merasa ribuan artikel di internet kurang memuaskan keinginan emak-emak muda yang lagi bingung untuk menentukan langkah ini, alhasil membeli bermacam buku adalah jawabannya. 

Buku Menu Bayi Terlengkap dan Vatiatif karangan Nurul Chomaria
Kenapa aku memilih buku ini? Karena waktu muter-muter di gramedia hanya ada satu buku yang menjelaskan mengenai MPASI. Ukuran bukunya kecil kira-kira sebesar buku saku saat sekolah dulu dan berisikan 166 halaman. Harganya pun nggak nyampe Rp. 30.000,- (kalo nggak salah Rp. 29.000,-). Secara garis besar buku ini termasuk oke dalam menjelaskan ilmu dasar seputar MPASI ditambah dengan resep-resep MPASI mulai dari usia 6 bulan. 
Bagian awal buku dimulai dengan menjelaskan mengapa harus saat berusia 6 bulan bayi mulai dikenalkan dengan MPASI. Lanjut lagi dengan menjelaskan apa saja tanda bayi yang siap menerima makanan padat, langakah-langkah memperkenalkan makanan padat, bahan makanan yang tidak aman bagi bayi, dan jadwal pemberian makan untuk bayi. Dibagian akhir buku akan disajikan berbagai resep aneka bubur tepung, aneka bubur roti/biskuit, aneka puree, aneka tim saring, aneka jus untuk bayi dan aneka cemilan untuk bayi. 
Hanya saja yang kurang aku suka dari buku ini adalah cara pembuatan makanan yang pada resepnya terdapat ASI sebagai salah satu campurannya malah diblender dengan bahan yang lain. Menurut beberapa sumber, ASI ini tidak boleh  diaduk secara cepat, apalagi sampai diblender. Saran aja ya moms, kalau ada yang membeli buku ini juga, pada bagian pengolahan ASI yang kurang tepat bisa diabaikan. (Jika mengunakan sufor, aku kurang tau karena belum sempat mencari informasinya)

Buku MPASI Cihuy!
Satu paket terdiri dari 4 buku dengan tema berbeda. Aku membelinya secara online dengan harga Rp.195.000,- + ongkir. Yang paling membahagiakan adalah paketan buku ini seluruhnya sangat pro dengan MPASI homemade atau rumahan. Cocok dengan bunda Byan yang berkomitmen untuk memasak sendiri MPASI buat buah hati tercintanya.  
Mari kita bahas satu per satu.

MPASI Perdana Cihuy!
Jujur buku ini sangat banyak memberi ilmu mengenai MPASI. Kalimat yang digunakan juga enak dibaca dan menyiratkan bahwa penulis menggunakan referensi yang jelas dan berdasarkan pembuktian yang sudah teruji. Selain itu hal-hal penting yang harus diingat oleh para pembaca dipertegas dengan memberikan pembatas disekeliling tulisan. 
Teori seputar MPASI dijelaskan dengan lengkap dan cukup detail dalam buku setebal 111 halaman ini. Mulai dari alasan mengapa mulai memberikan makanan selain ASI/sufor saat bayi berumur 6 bulan, aturan dasar mengenai MPASI, mengapa harus memasak MPASI sendiri, trus nanti pas diawal MPASI si dedek mau dikasih makan apa, bagaimana memulai ngasih makannya, takarannya sebanyak apa, dalam sehari ngasih makannya berapa kali sampai dengan perangkat atau alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat MPASI rumahan. 
Itu baru bab pertama lhoo..udah lengkap banget kan? Selanjutnya masuk ke bab kedua yang menjelaskan mengenai masalah dan tantangan saat memulai MPASI. Jadi ngasih makan bayi itu nggak gampang ya moms. Banyak bayi yang nolak untuk makan diawal MPASI bahkan ada yang trauma, ada juga yang alergi dan intoleransi makanan, serta dijelaskan juga mengapa mommy dilarang menambahkan garam dan gula pada makanan bayi. Makin banyak kan ilmunya?.
Lanjut lagi ke bab berikutnya. Penulis memberi tahu makanan apa saja yang boleh dan ditunda pemberiannya pada awal MPASI berdasarkan usia. Hal ini perlu diketahui agar bayi terhindar dari masalah-masalah dalam pemberian MPASI. Kebanyakan masalah yang terjadi pada bayi adalah sembelit ataupun alergi jika memberikan bahan makanan yang tidak sesuai dengan usianya karena tubuh bayi yang belum siap untuk menerima makanan tersebut. Macam-macam kandungan gizi MPASI dijelaskan secara lengkap sehingga sangat membantu kita dalam mengkombinasikan bahan-bahan agar mencukupi kebutuhan gizi bayi. Metode pengolahan bahan makanan juga dipaparkan dengan rinci mulai dari bahan makanan yang dikukus, direbus, ditumis, dipanggang, diblender, hanya dilembutkan pakai sendok, makanan yang boleh dibekukan dan yang tidak serta cara membersihkan dan menyimpan bahan makanan tersebut. Dan terakhir yang tidak ketinggalan adalah kumpulan resep MPASI untuk mengatasi kebingungan kita nanti saat kehabisan ide.
Tapiiiii masih ada kekurangannya nih moms, aku sebagai manusia yang rada-rada malas baca buku merasa bosan dengan terlalu banyaknya tulisan disetiap halaman. Selain itu buku juga kurang colorfull sehingga menambah kebosanan. Jadi bagi mommy-mommy yang memiliki kemalasan yang sama, harus mengumpulkan niat yang kuat dulu sebelum mulai membaca, hee. Atau bisa juga baca bukunya nyicil dikit-dikit, walaupun lama yang penting kebaca semua. 

MPASI Travelling Cihuy!
Saking pro-nya dengan MPASI Homemade, penulis sampai mempersembahkan satu buku khusus yang membahas mengenai pembuatan MPASI saat berlibur setebal 78 halaman. Sebagai ibu muda yang kece, nggak mungkin kan mau berdiam diri selamanya di rumah untuk mengurus anak? Sesekali pasti berkeinginan untuk jalan-jalan sebagai pelepas penat. Nah buku ini cocok banget, dibuka dengan pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan sebelum berangkat, peralatan dan bahan makanan apa saja yang bisa dibawa sesuai dengan umur bayi yang disertai dengan kekuarangan dan kelebihan setiap peralatan pengolah MPASI sehingga memudahkan para ibu untuk menentukan apa saja yang harus dibawa dan yang ditinggal. Bahan makanan yang diperlukan saat bepergiaan juga dikupas secara tajam, ada makanan segar, makanan beku dan camilan, serta makanan apa saja yang bisa dibawa dari rumah dan yang dibeli diperjalanan. Selain itu banyak tips yang diberikan dalam menyiapkan dan memasak MPASI untuk bepergian ini. Dan yang terakhir ada bonus resep makanan yang bisa dicoba selama jalan-jalan dengan sikecil dan checklist perlengkapan perang si kecil selama travelling.
Membahas mengenai tampilan, buku ini sangat berwarna dan banyak gambar sehingga tidak membosankan untuk dibaca. Jadi betah deh duduk manis sambil bolak balik halamannya. 

99+ Resep Rumahan Cihuy!
Dari judulnya udah kebayang dong isinya? Yap buku ini berisikan full resep-resep MPASI sampai dengan nanti si dedek berusia 3 tahun setebal 138 halaman. Resep ini dikumpulkan dari resep andalan ibu-ibu member milis MPASIRumahan yang mudah dan menggunakan ukuran sehari-hari. Dibagian awal terdapat panduan yang menjelaskan lambang-lambang yang tertera pada resep untuk memberikan kode kandungan makanan, peralatan yang digunakan dalam memasak dan pengenalan bahan-bahan yang digunakan. Buku yang satu ini top deh pokoknya. Ditambah lagi dengan warna-warna disetiap halamannya yang nggak ngebosenin. 

MPASI 2in1 Cihuy!
Inti dari buku ini adalah mengkreasikan makanan bayi dari bahan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, jadi satu bahan untuk semua masakan keluarga. Hmmmm boleh jugaaa. Jadi kita nggak perlu mengistimewakan bahan serta proses pembuatan makanan untuk si kecil. Resep yang ada bisa digunakan untuk membuat makanan bayi mulai dari usia 6 bulan. Sangat membantu deh moms. Buku ini berisikan 93 halaman, full color dan kalimatnya pun enak dibaca.

No comments