Header Ads

Perkembangan bayi 9 bulan


Cepet banget ya nak gedenya..nggak kerasa ùdah 9 bulan aja. Bentar lagi 10 bulan terus 11 bulan, setahun, tiba-tiba udah kuliah, haha kejauhan. Sekarang Byan udah makin nggak bisa diem, geraaak terus. Nggak di rumah, di mobil, di mall, di tempat makan, maunya celingak celinguk goyang kiri goyang kanan, dan paling seneng itu kalo diberdiriin sambil tangannya megang-megang tembok atau sandaran kursi. Mungkin udah kepengen tatah-tatah mau jalan merambat kali ya. Berhubung belum bisa makanya rewel minta diberdiriin sambil dipegangin. Cerewetnya makin menjadi-jadi, ngomong mulu. Apalagi setelah kena campak (baca : Campak pada Bayi), pengennya manggil-manggil orang, ngajak ngomong (dengan bahasa bayinya) dan ketawa terus sampai-sampai pas lagi tidur juga sering ketawa. Guling-guling dikasur juga makin cepet, tau-tau udah nyampe lantai aja dia. Kayaknya juga udah mulai ngangkat pantat mau ngerangkak tapi masih ragu-ragu dan kadang sampai ngejugruk kedepan, kasian kepalanya jadi kejedug. Tapi nggak apa-apa lah namanya juga belajar Terus udah bisa mintak gendong, tangannya dikembangkan keatas. Nggak cuma sama bundanya doang, ke semua orang minta gendong. Kalo diculik gimana kamu toh naak naak..jangan sampai lah yaa.


Kalau denger musik byan udah bisa joget lho om tante. Tangannya digoyang-goyang gitu. Kalau diajak tos dia juga bisa. Malah udah bisa main cilukba sama benda disekitarnya kayak selimut, kain atau jilbab bunda pas lagi nen. Kainnya itu ditutupin kemuka terus dibuka, kita bilang baaaa dia langsung ketawa kegirangan. Itu bisa diulang berpuluh-puluh kali sampai akunya bosen dan dia masih ketawa cekikikan.

Makannya juga udah gampang, asalkan sendok dideketin kebibir pasti langsung buka mulut. Tapi ya itu masalahnya tetep sama, masih sering muntah. Nggak ngerti apa dia kekenyangan atau nggak suka sama rasanya atau malah ada penyebab lain? Mudah-mudahan nggak ya nak dan mudah-mudahan makin lama makin berkurang frekuensi muntahnya dan ilang. Kemaren sempet aku naikin teksturnya jadi agak padet, hampir kayak bongkahan nasi. Walaupun kayak pengen muntah, tapi byan mau ngunyah. Karena takut dia keselek aku kasih kuah sedikit, eh malah nggak mau dia. Kayaknya byan nggak suka makanan yang berair. Bubur agak keenceran dikit aja dia nggak mau, disembur-sembur atau dilepeh. Tapi berhubung byan jadi sembelit karena aku naikin tekstur, balik lagi deh ke nasi lembek. Mungkin pencernaannga belum siap. Makan bubur instan juga nggak terlalu doyan sekarang. Makan sedikit aja udah owek owek. Jadi sekarang bubur instannya aku jadiin cemilan aja, dikasih sesendok apa dua sendok.

Kalau tidur masih meluk bunda, pasti nyenyak deh itu tidurnya. Malah sekarang nggak mau digendong-gendong lagi. Alhamdulillah bundanga nggak pegel lagi gendong-gendong byan terus kalau mau bobok. Nangis malam juga jarang (kecuali pas sakit), palingan grasak-grusuk gelisah kalau mau nen. Untung aja bundanya gampang kebangun, jadi tau dan langsung sigap nenin Byan. Abis itu dia tidur lagi. Kadang dia bangun duluan dan bisa bangunin ayah sama bundanya. Pasti ribut manggil-manggil gitu. Lucu deh pokoknya.

Secara garis besar dan seingat bunda byan begitulah perkembangannya diusia 9 bulan. Nggak ada perubahan yang tertalu drastis sih dari bulan lalu (baca : Perkembangan Bayi 8 Bulan), hanya bertambah kepandaian-kepandaian baru aja yang makin bikin gemeeesss.

Setiap bayi pasti beda dan nggak bisa disamakan, apalagi jadi hal yang harus diperlombakan. Semoga bermanfaat.


No comments