Header Ads

Perkembangan Bayi 8 Bulan


Alhamdulillah Byan udah makin besar. Makin banyak kepandaiannya. Sekarang duduknya udah mantap udah jarang jatuh. Tapi ya masih didudukin sama bundanya. Jadi kalau main-main udah bisa sambil duduk. Gerakan di baby walker juga semakin gesit, udah was wis wuuusss. Rasa ingin tahunya meningkat tajam, apa aja yang kita kerjakan pasti diliatiiiiin terus. Kalau ada suara ribut atau agak kenceng dikit pasti langsung planga plongo sambil nyari sumber suara. Belum lagi pengen obrak abrik semua barang dirumah sampai berantakan saking keponya. Sekarang Byan udah bisa tepuk tangan lho..apalagi kalau dipancing sama lagu "puk ami ami belalang kupu-kupu". Bukan hanya tepuk tangan, sudah meningkat jadi tepuk kaki, haha. Kalau denger musik atau liat bunda sama ayahnya gerak-gerak sambil nyanyi, Byan juga bakalan melambaikan tangan kayak dadah-dadah (mungkin dia joget). Dan yang paling bikin bunda seneng adalah Byan sudah kenal bundanya yang mana, sudah bisa mintak digendong sama bunda dan kalau dipanggil namanya langsung noleh. *jempol


Karena sudah mulai seneng main, jam tidurnya agak berkurang. Apalagi kalau dirumah rame dan banyak temen mainnya, aduuh bakalan nggak mau tidur. Tapi kalau ngantuk banget teteep nyarinya bunda, bobok juga harus meluk bunda. Bahkan saat tidur pun tau kalau salah meluk ayahnya, pasti langsung nangis. Bahagianya bunda naak kalau dicariin Byan kayak gitu. *terharu

Tapi bulan ini berat badan Byan turun 300 gr. Nggak tau kenapa padahal nggak sakit, makan juga lahap-lahap aja. Kata suster sih karena sekarang dia udah mulai banyak gerak makanya badannya menyusut. Mungkin bunda harus naikin porsi makan Byan ya biar nggak makin kurus.

Entah kenapa kayaknya Byan nggak suka merangkak. Apa langsung jalan aja nak? Soalnya kalau diberdiriin sambil megang sisi sofa dia girang banget. Walaupun masih belum kuat berdiri tapi kakinya sudah tegak. Jadi nungging-nungging gitu. Ngocehnya juga makin sering. Sekarang lebih sering cerita panjang. Kadang sebelum tidur dia juga cerita-cerita dulu dengan bahasa planetnya.

Kalau bulan lalu Byan susah banget buat buka mulut pas makan, sekarang setelah menemukan cara yang ampuh akhirnya Byan doyan makan (baca Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan). Bunda jadi happy deh nggak galau-galau lagi. Hanya saja Byan ini masih sering muntah, keselek dikit muntah, kekenyangan dikit muntah. Bunda harus muter otak biar makanan Byan nggak banyak yang keluar. Jadi Byan lebih sering makan tapi porsinya kecil. Nggak apa-apa deh lebih repot, yang penting Byan bisa makan dengan porsi yang seharusnya.

Sebenarnya sih nggak terlalu banyak perbedaan dari bulan lalu (baca Perkembangan Bayi 7 Bulan). Hanya ada beberapa kepandaian baru yang bikin Byan semakin lucuuuu. Kira-kira begitulah perkembangan Byan diusia 8 bulan. Mudah-mudahan selalu sehat dan makin pinter ya nak. Bunda sayang Byan.

No comments