Header Ads

Jadwal makan bayi 6 bulan+


Sedikit sharing mengenai jadwal makan Byan ya moms. Walaupun terkadang ada beberapa yang melenceng entah karena Byannya masih bobok, jalan-jalan atau paginya pada telat bangun. Byan memulai MPASI-nya dari 5,5 bulan, jadinya setelah 6 bulan Byan udah makan 3xsehari dengan menu 4 bintang.


5,5 bulan
08.00  Menu Tunggal
04.00  Menu Tunggal 

* Menu tunggal bisa berupa buah, sayur, kentang, labu-labuan atau ubi-ubian yang dihaluskan. Aku belum memberikan protein apapun karena 2 minggu pertama ini hanya belajar makan. Soalnya kata DSAnya Byan nggak apa-apa kalau dikasih makan diumur segini. 

6 bulan
08.00  Sarapan Bubur 4 Bintang
Antara jam 12.00 - 15.00  Makan siang bubur 4 Bintang
Antara jam 16.00 - 17.00  Buah
Antara jam 18.00 - 19.00  Makan malam bubur 4 bintang

* waktu makan sering bentrok sama jam tidur Byan. Jadi yang paling sering kelewat adalah makan buah. Walaupun kadang tetap aku kasih setengah jam setelah makan siang yang telat, palingan cuma 3 suap. Nggak apa-apa lah yang penting buahnya masuk. Makannya juga masih seuprit, dikit banget. Byan tergolong anak yang susah makan soalnya. 

9 bulan
08.00  Sarapan nasi lembek 4 Bintang
10.00  Nyemil biskuit
13.00  Makan siang nasi lembek 4 bintang
15.30  Buah
19.00  Makan malam nasi lembek 4 bintang

* walau waktu nyemil biskuitnya sering kelewat karena Byan bobok, tapi jam makan buahnya Alhamdulillah masih bisa terlaksana. Soalnya jam tidur Byan udah kegeser jadi jam setengah 5 sore setelah mandi.

1 tahun
08.00  Sarapan nasi 4 bintang
10.00  Nyemil biskuit atau roti
13.00  Makan siang nasi 4 bintang
15.30  Buah
19.00  Makan malam nasi 4 bintang

* walaupun masih beberapa kali kelewat, tapi nyemil biskuit atau rotinya lumayan udah sering. Kadang mau-mau aja dikasih setelah makan. Mungkin karena masa peralihan dari nasi lembek ke nasi, Byan makannya rada sedikit.

Catatan : 
Realita pelaksanaannya bisa maju atau mundur setengah jam ya. Ini hanya sebagai patokan saja. Kan realisasinya tergantung kondisi keseharian bayi yang berubah-ubah.

Saran:
Kalau Byan sakit atau habis sakit dan berat badannya anjlok, biasanya beberapa hari aku kasih makan sampai 5 kali sehari karena jam nyemil dan makan buahnya aku ganti sama bubur instan (maaf ya aku juga masih pro sama bubur instan walaupun tiap hari masak). Biar ganti rasa aja, kan bosen kalau makan nasi sampai 5 kali dengan rasa yang sama. Sesering mungkin kasih aja cemilan, walaupun sedikit yang masuk tapi lumayan buat menambah isi lambungnya dan mudah-mudahan bisa jadi daging, hee. Ini bukan berarti memaksa makan ya, ngasih makannya sering tapi dikit-dikit aja. Maklumlah kalau sakit kan nggak selera makan.

Semoga bermanfaat.

No comments