Header Ads

Lego, Permainan Serba Kotak yang Mampu Mengembangkan Motorik Anak


Keseruan Byan Bermain Lego. YouTube Channel : Keluarga Arka
Jangan lupa Like, Comment dan Subscribe ya gaes 😉

Sudah lama aku berniat membelikan Byan mainan Lego karena dia selalu betah duduk lama di stand Lego yang tersedia hampir di seluruh toko mainan. Walaupun tidak jelas apa yang dibuatnya, tapi melihat wajah ceria dan konsentrasi yang tinggi selama memainkannya membuat aku tidak tega mengakhiri sesi bermainnya. Akhirnya kemarin aku memutuskan untuk membelikan Lego Classic yang berisi lebih kurang 200 pieces agar Byan bisa bebas bermain di rumah tanpa harus dipaksa pulang.

Karena seringnya aku memperhatikan dan menemani Byan bermain Lego, baik di toko mainan atau pun di rumah, aku menyimpulkan bahwa ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui permainan ini terkait dengan perkembangan motorik anak. Apa sajakah itu? 

Mengenal Warna dan Bentuk
Dalam satu kotak Lego terdapat berbagai macam warna, bentuk dan ukuran. Karena warna yang menarik, anak pun akan gampang tertarik jika diajarkan berbagai macam jenis warna. Perkenalkanlah warna-warna dari potongan Lego yang ada sembari memperkenalkan bentuknya juga. Ada yang berupa kotak berwarna putih, persegi panjang berwarna hijau, bulat berwarna biru serta bentuk dan warna lainnya. 

Melatih Fokus dan Konsentrasi
Untuk menyatukan potongan-potongan Lego tersebut, anak membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi untuk seusianya karena jika posisinya tidak tepat maka potongan Lego tersebut tidak akan bisa menyatu, apalagi lubang-lubang dan tonjolan yang terdapat disetiap potongannya sangat kecil.

Melatih Kesabaran
Tidak mudah bagi anak kecil untuk memainkan Lego. Byan saja sering tidak sabar jika potongan yang ingin dia satukan tidak kunjung menempel satu sama lain karena posisinya yang tidak pas. Berilah semangat dan dukungan agar kepercayaan dirinya selalu tumbuh dan bantulah jika memang anak memerlukannya.

Melatih Imajinasi
Begitu banyaknya potongan Lego yang ada dengan berbagai bentuk dan ukuran, tentunya akan memancing anak berimajinasi untuk membuat apa dengan itu. Walaupun terkadang bentuknya tidak sesuai dengan apa yang dia maksud, tapi dengan begitu sudah dipastikan bahwa sebuah tumpukan Lego yang kadang terlihat acak-acakan itu dihasilkan dari imajinasi seorang anak yang menggambarkan sesuatu wujud benda, makluk hidup dan sebagainya yang pernah dia lihat.

Melatih Ketepatan dan Ketelitian
Ukuran potongan Lego yang kecil menuntut anak untuk memposisikannya secara tepat agar bisa menyalurkan imajinasinya membentuk sebuah bangunan Lego. Selain itu anak juga harus teliti dalam mencari bentuk potongan yang diinginkannya di dalam banyaknya tumpukan potongan Lego lain yang kemudian akan digabungkan satu sama lain. 

Banyak juga kan manfaatnya. Walaupun harganya lumayan mahal, tapi jika bisa dimanfaatkan dengan baik maka hasil yang didapat akan sebanding dengan uang yang dikeluarkan. 

Selain itu Lego ini juga awet untuk dimainkan dalam jangka waktu lama, asalkan jangan membiarkan anak bermain berpindah-pindah tempat agar tidak ada potongan Lego yang hilang. Yang pasti, anak harus selalu diawasi selama bermain karena potongan Lego yang berukuran kecil beresiko tertelan dan ujungnya yang tajam juga bisa melukai bagian tubuh anak. 

Semoga bermanfaat :)


No comments