Header Ads

Tips Lulus Tes CPNS

Lulus tes CPNS bukanlah suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan. Walaupun kita tahu betapa banyaknya saingan yang harus disingkirkan, tapi percayalah, dengan perjuangan dan doa maksimal, hal yang dianggap mustahil bisa saja menjadi kenyataan.

Tips lulus tes CPNS

Ini pengalamanku beberapa tahun lalu saat mengikuti tes CPNS di beberapa instansi pemerintahan. Alhamdulillah aku bisa lulus di dua kementerian dan pada akhirnya memilih untuk bergabung di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Walaupun sekarang sudah memutuskan untuk resign, tapi berbagi pengalaman boleh lah ya. 

Baca juga :


Sebelum membahas tips, perlu sama-sama kita ketahui jenis tes CPNS yang akan dihadapi oleh peserta. Tes yang diberikan terbagi menjadi tiga, yaitu:

Tes Kemampuan Dasar (TKD)
TKD terdiri dari beberapa topik yaitu:
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kemampuan yang diuji adalah kemampuan peserta akan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Nasionalisme, Sejarah Indonesia dan semua hal yang berhubungan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU). Kemampuan yang diuji biasanya berbentuk soal deret angka, sinonim atau antonim kata, matematika dasar, simbol atau diagram. 
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kemampuan yang diuji adalah sikap atau tindakan kita dalam menghadapi suatu masalah. Banyak hal yang bisa dinilai seperti cara beradaptasi, kreatifitas, profesionalitas, kemandirian dan segala hal yang menyangkut kepribadian seseorang.
Tes Kemampuan Bidang (TKB)
TKB berisikan hampir keseluruhan soal yang memang benar-benar menguji kemampuan peserta terhadap formasi yang dilamar. Tapi terdapat juga soal yang menguji pengetahuan peserta akan instansi yang dilamar, walaupun hanya sekedar informasi umum seperti siapa menterinya, apa logonya atau tugas utama instansi tersebut.

Tes Wawancara
Tes terakhir dari tes CPNS ini adalah tes wawancara. Walaupun terkadang tidak semua instansi mengadakan tes wawancara ini, tapi banyak juga yang masih menjalankannya. Pada tes ini, peserta hanya ditanya hal keseharian dan informasi pribadi saja, layaknya wawancara kerja biasa. Aspek yang dinilai biasanya seberapa baik mental dan kepribadian seseorang untuk mengemban tugas negara agar bisa menjadi aparat negara yang kompeten dan profesional.

Oke, jadi apa saja tips yang bisa dilakukan agar bisa lulus dalam tes CPNS? Inilah beberpa tips yang menurutku bisa dilakukan.

Kelulusan Tergantung Perjuangan
Banyak yang beranggapan bahwa lulusnya seseorang sebagai CPNS hanyalah sebuah keberuntungan. Jangan pernah mengaanggap ini adalah sebuah kebenaran. Hampir semua teman-teman CPNS seangkatanku dulu benar-benar fokus belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Dan banyak juga teman sesama peserta tes yang gagal karena menyepelekan dan tidak mempersiapkan diri sama sekali.

Belilah Buku Kisi-Kisi Tes CPNS yang Dilengkapi Ringkasan Materi
Wajib hukumnya memiliki buku kisi-kisi tes CPNS untuk memperdalam pengetahuan dan melatih kemampuan peserta agar bisa menyelesaikan tes dengan baik. Buku yang sangat banyak jenisnya dan sangat gampang untuk ditemukan hampir disemua toko buku ini, sering membuat peserta tes kebingungan untuk memilih mana yang terbaik. Pilihlah buku yang dilengkapi dengan ringkasan materi, seperti UUD'45, butir Pancasila, Sejarah, Matematika Dasar, Deret Angka, dan semua materi yang diuji. Terkadang soal yang keluar saat tes berlangsung tidak terdapat di dalam kumpulan soal yang telah kita bahas. Jadi dengan menguasi materinya, apapun yang ditanyakan saat tes, kita sudah siap.

Hafal UUD'45 beserta Pasalnya
Inilah trik suksesku yang sangat mengangkat perolehan skor sehingga melampaui batas minimum (grade) disaat itu. Ketika kebanyakan peserta malas menghafal, aku memanfaatkan itu agar bisa mengeliminasi saingan. Tidak semua peserta mau menghafal materi sebanyak itu sehingga lemahnya mereka dalam hal ini bisa dimanfaatkan. Saat aku tes dulu, lumayan banyak soal yang menguji pemahaman peserta terhadap penguasaan NKRI . Semuanya ini sudah dijelaskan detail dalan UUD'45 dan pasal-pasalmya.

Perbanyak Latihan Soal untuk TIU
Soal yang diuji dalam bagian ini sangat terpengaruh dari seberapa sering otak kita membahas soal-soal. Seperti deret yang harus dicari polanya, sinonim-antonim yang menuntut kita untuk menguasai banyak kata dalam Bahasa Indonesia yang mungkin sangat jarang didengar, atau rumus matematika dasar yang sudah lama terlupakan karena jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi semakin banyak soal yang dibahas, maka semakin besar pula peluang untuk berhasil menjawab soal yang diberikan saat tes berlangsung.

Jawablah Soal TKP dengan jawaban yang "seharusnya dilakukan"
Soal TKP berbentuk contoh kasus yang harus dijawab dengan tanggapan atau solusi yang mungkin akan dilakukan peserta jika mengalaminya. Jangan sekali-kali menjawab terlalu jujur sesuai dengan keinginan kita, tapi jawablah dengan tanggapan atau solusi yang idealnya atau seharusnya dilakukan.

Lewati Dulu Soal yang Dirasa Sulit
Jika soal yang dibaca terasa sulit untuk dikerjakan atau lupa padahal pernah membacanya, lebih baik menekan tombol "next" untuk lanjut ke soal berikutnya. Berlama-lama bertahan di satu soal akan membuang waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk menjawab banyak soal yang dirasa mudah. Nah, setelah selesai menjawab semua soal yang mudah, baru lah kembali lagi memikirkan jawaban soal yang susah.

Cari Tahu Informasi Mengenai Instansi yang Dilamar
Jangan mentang-mentang belum diterima bekerja disana, kita cuek dan tidak peduli akan seluk beluk instansi tersebut. Walaupun hanya informasi umum, usahakan memiliki bekal pengetahuan mengenai instansi yang dilamar. Lumayan kan jika berhasil menjawab beberapa soal mengenai instansi incaran, bisa menaikkan perolehan skor.

Jawablah Apa Adanya saat Tes Wawancara
Karena dalam tes ini hanya ditanyakan pertanyaan seputaran kehidupan kita sehari-hari, tapi jangan sekali-kali berbohong agar telihat baik dan sempurna dihadapan pewawancara. Bahkan disaat aku tes wawancara di salah instansi pemerintah dulu, ada seorang psikolog yang duduk manis mendengarkan jawaban kita sambil terus menulis diatas secarik kertas. Pewawancara akan tahu jika kita berbohong meskipun masih lancar dalam berucap. So, be your self.

Percaya Diri
Memberikan sugesti positif kepada diri sendiri akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Karena tekanan yang dirasakan tidak terlalu besar, otak bisa berpikir dengan baik dan mengingat semua materi yang telah dipelajari dengan baik pula. Cemas dan khawatir boleh saja, tapi jangan berlebihan dan merusak konsentrasi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar berhasil lulus dalam tes CPNS. Ingat, usaha tidak akan pernah membohongi hasil, begitu juga sebaliknya.

Semoga bermanfaat :)


4 comments:

  1. Wahh saya udah lama ngikuti tes ini mbak, tapi dulu 1 rangakaian sih setelh lulus kuliah di stan dan sekrang udah kerja

    ReplyDelete
  2. izin repost yaa mba eka ke temen2 honorer di kantorku yg lg pada cobain test CPNS..izin share tulisannya ini ya mb eka

    ReplyDelete