Mudahnya Investasi Emas Bersama ANTAM Logam Mulia

Awal Februari lalu, aku dan suami sepakat untuk memulai investasi emas sebagai langkah awal kami mengelola keuangan keluarga agar lebih baik. Sadar akan banyaknya pengeluaran yang tidak penting dan terkesan menghambur-hamburkan uang padahal penghasilan pas-pasan, alangkah lebih baik menyisihkan sedikit penghasilan setiap bulannya untuk berinvestasi. Tidak perlu bernominal besar, kecil pun tidak masalah.

Emas ANTAM
Emas Murni Batangan ANTAM Logam Mulia (LM)

Kenapa emas? Ada beberapa alasan kenapa aku memilih untuk berinvestasi emas dari pada jenis investasi lainnya. Pertama, tidak butuh modal besar. Satu gram emas saja sudah bisa dibeli dan disimpan sebagai sebuah barang investasi. Kedua, mudah. Banyak toko emas buka setiap harinya yang siap menjual atau membeli emas kapanpun. Jadi tidak perlu melakukan proses administrasi yang panjang dan rumit untuk jual-beli emas. Yang penting ada bukti surat pembelian dan emas yang dibeli harus terjamin keasliannya. Ketiga, aman. Harga emas yang cenderung selalu meningkat walaupun lambat, menjadikan investasi emas sangat minim resiko.

Sebenarnya aku sudah mulai mencoba berinvestasi emas semenjak beberapa tahun lalu. Kebiasaan ini diturunkan dari nenek dan orang tua yang gemar berinvestasi emas. Selain sebagai salah satu cara untuk menabung, emas juga bisa membawa keuntungan berlipat jika disimpan dalam jangka waktu panjang. Selama proses penyimpanan baik, tidak rusak dan surat-suratnya jelas, maka emas bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Baca juga
5 Plus-Minus Tinggal Di Ibukota Jakarta
Imunisasi Ramah Kantong Di Rumah Vaksin
Mau Resign Tapi...
Wajibkan di Follow Back?
Stop Hoax Di Kamu!

Singkat cerita, disepanjang perjalanaanku menyusuri investasi emas murni, aku mulai jatuh hati kepada logam mulia ANTAM yang terkesan sangat elegan dengan kemasannya yang sangat baik. Dulu biasanya aku membeli emas murni hanya berbentuk bongkahan bulat kecil, ternyata ANTAM LM memberikan cetakan berbeda yang tentunya lebih bagus, rapi dan menarik untuk dijadikan barang simpanan.

Emas ANTAM
Perbedaan kemasan emas murni ANTAM LM dengan toko emas lain

Kebetulan beberapa waktu lalu aku mengunjungi booth pameran ANTAM LM di Carefoure Lebak Bulus tepat disaat merencanakan untuk membeli emas. Awalnya aku mengira ANTAM hanya mensosialisasikan produkn agar dikenal dan diterima lebih luas lagi oleh masyarakat. Ternyata disana juga bisa melakukan jual beli emas, loh. Wah, tanpa terlalu lama berpikir, aku dan suami langsung sepakat untuk segera menginvestasikan sisa tabungan sebelum ludes terpakai untuk hal lain yang tidak penting.

Emas ANTAM
Booth ANTAM di Carefour Lebak Bulus pada Februari lalu

Prosesnya pun cepat, petugas administrasi di bagian depan akan memberikan nominal harga emas per hari itu dan konsumen bebas memilih berapa gram emas yang akan dibeli. Semakin berat emasnya, maka akan semakin murah pula harganya. Petugas meminta KTP, nomor handphone dan NPWP sebagai sumber data yang akan direkam.

Emas ANTAM
Proses pembayaran di meja kasir

Setelah petugas menginputkan data pembeli, tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran dibagian kasir. Emas yang aku beli ternyata dikenakan pajak sebesar Rp. 35.000,-. Berhubung pembayarannya hanya bisa dilakukan menggunakan uang tunai atau virtual account (ATM, internet banking atau mobile banking), maka pengguna setia kartu debit seperti aku ini merasa agak kecewa. Untung saja suami menggunakan mobile banking BCA sehingga bisa langsung melakukan pembayaran.

Emas ANTAM
Bagian pengambilan emas

Terakhir, barulah pembeli diarahkan kepada meja pengambilan emas dengan menyertakan bukti pembayaran dari kasir. Petugas langsung mengambil emas murni sesuai pembelian beserta bukti kepemilikannya. Proses selesai dan emas murni pun sudah ditangan. Cepat dan mudah bukan?

Emas ANTAM
Proses yang cepat dan mudah dalam membeli emas ANTAM LM

Produk Investasi Apa Saja yang Diperjualbelikan ANTAM LM?
Emas ANTAM
Produk Investasi dari ANTAM LM

Sebenarnya ANTAM tidak hanya memperjualbelikan emas batangan murni sebagai logam mulia yang bernilai investasi, namun ada beberapa produk lain yang bisa dijadikan pilihan.
  1. Emas Batangan Murni : menggunakan bahan emas murni (FG 999,9) yang tersedia dalam berat pecahan 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Kemasan dan sertifikat emas dicetak menggunakan CertiCard dengan fitur keamanan canggih dan aman. Selain itu tersedia juga emas casted dengan berat 250 gram, 500 gram dan 1000 gram.
  2. Emas Batik Indonesia : merupakan emas batangan spesial berukiran batik asli Indonesia yang masih tetap menggunakan bahan emas murni (FG 999.9). Tersedia dalam berat pecahan 10 gram dan 20 gram dengan pilihan ukiran Batik Truntum, Batik Wahyu Tumurun, Batik Sekar Jagad, Batik Purbonegoro, Batik Parang Barong, Batik Kawung, Batik Sidomukti dan Batik Megamendung.
  3. Dinar dan Dirham : merupakan alat perdaganagn resmi yang paling stabil dan sesuai dengan syariah. Dapat juga digunakan untuk pembayaran zakat, investasi dan mahar pernikahan.
  4. Perak Murni 99,95% : alternatif investasi selain emas dan dapat dijadikan bahan baku pembuatan perhiasan. Tersedia dalam bentuk batangan dan butiran.

Kenapa Memilih Produk ANTAM LM?

Emas ANTAM
Emas ANTAM LM memiliki ciri khusus dan dijamin keasliannya

Ada beberapa alasan positif kenapa mempercayakan ANTAM LM sebagai penyedia produk logam mulia yang aman untuk diinvestasikan.
  1. Mudah dibeli dan dijual dimana saja. Tersedia di seluruh Butik Emas Antam LM atau membelinya secara online dan langsung dikirim ke alamat.
  2. Mudah dikenali dengan logonya yang khas.
  3. Terjamin kemurnian dan kadarnya.
  4. Cocok dijadikan investasi jangka panjang.
  5. Dapat memiliki emas tanpa harus menyimpannya sendiri dengan tersedianya layanan www.brankaslm.com.
  6. Berstandar internasional LBMA (London Bullion Market Assosiation) sehingga laku diperdagangkan di pasar nasional maupun internasional.
  7. Emas batangan minted memakai kemasan CertiCard yang memiliki fitur security canggih sehingga terjamin keamanannya.
  8. Melayani produk custom.

BRANKAS (Berencana Aman Kelola Emas)

Seperti yang telah disinggung sedikit sebelumnya, ANTAM LM menyediakan alternatif jual, beli dan simpan emas secara online yang sangat fleksible dengan memberikan banyak keuntungan. Tentunya investasi emas yang dilakukan akan semakin mudah, cepat, aman dan terjamin.

Emas ANTAM
Sumber : www.brankaslm.com

BRANKAS LM terdiri dari 3 jenis dengan fungsi yang berbeda, yaitu BRANKAS LM INDIVIDU, BRANKAS LM BERZAKAT dan BRANKAS LM CORPORATE. Syarat pendaftarannya juga mudah, hanya membutuhkan KTP dan NPWP, lalu melakukan transaksi pembelian. Proses transaksinya pun tak kalah mudah, setelah melakukan registrasi, pengguna dapat langsung melakukan pembelian online dan pengambilan fisik online. Jika sewaktu-waktu ingin mengambil emas tersebut secara fisik, maka ANTAM LM akan segera mengantarkan ke alamat. Namun jika masih ingin menyimpannya di BRANKAS LM maka emas tersebut akan tetap aman dan masih bisa digunakan kapan saja layaknya menyimpan secara pribadi.

Emas ANTAM
Proses Transaksi BRANKAS LM

Gift Series

Emas ANTAM LM mengeluarkan desain dengan konsep gift yang dikemas melekat dengan kartu bersertifikat. Tersedia dalam pecahan 0,5 gram dan 1 gram. Desain kartu disesuikan dengan tujuan pemberian hadiah serta dilengkapi dengan amplop dan kartu ucapan. Pokoknya cocok dan sangat elegan untuk dijadikan sebuah hadiah berkesan kepada orang yang spesial.

Emas ANTAM

Terdapat 5 variasi produk yaitu Gift Card Wedding Gold untuk hadiah dan kartu ucapan pernikahan, Gift Card With Love untuk hadiah dan kartu ucapan kepada orang-orang yang berharga, Gift Card Wedding Pink untuk hadiah dan kartu ucapan pernikahan dengan tema romantis, Gift Card Selamat untuk hadiah dan kartu ucapan dimomen bahagia keluarga, teman atau rekan kerja dengan desain yang lebih formal, serta Gift Card Congratulation untuk hadiah dan kartu ucapan kepada orang terdekat dengan konsep yang casual.


Pembayaran dengan Virtual Account

Bagi yang suka berbelanja secara online tentunya sudah tidak asing lagi dengan metode pembayaran dengan virtual account. Pelanggan tidak perlu dipusingkan lagi dengan mengirimkan bukti pembayaran, konfirmasi pembayaran dan printilan pembayaran lainnya. Keuntungan menggunakan virtual account ini tidak cukup sampai disitu, namun masih banyak yang lainnya.
  1. Cashless, pastinya pelanggan tidak perlu repot membawa uang tunai.
  2. Proses lebih cepat, karena otomatis akan terkonfirmasi oleh sistem.
  3. Tertera nama konsumen untuk menghindari kesalahan transaksi.
  4. Jumlah nominal uang yang akan dibayarkan langsung tertera sehingga dapat mengurangi resiko kesalahan transfer.
ANTAM LM telah bekerjasama dengan 4 bank besar di Indonesia yaitu Mandiri, Permata Bank, BCA dan Bank BRI. Pembayaran melalui virtual account ini bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking dan internet banking. Contohnya saat suami melakukan pembayaran kemarin, kebetulan sudah menggunakan virtual account melalui mobile banking BCA. Caranya lebih kurang seperti berikut.
  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Lakukan login dengan akun BCA Mobile.
  3. Pilih m-BCA, lalu masukkan kode akses m-BCA, kemudian pilih m-Transfer.
  4. Pilih BCA Virtual Account.
  5. Masukkan nomor BCA Virtual Account, lalu tekan OK.
  6. Masukkan jumlah nominal yang akan dibayarkan.
  7. Konfirmasi pembayaran, pastikan seluruh detail transaksi sudah benar.
  8. Masukkan PIN m-BCA.
  9. Pembayaran selesai.


Butik Emas LM - Pulo Gadung
PT. ANTAM Tbk
Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia
Gedung Graha Dipta Jalan Pemuda No. 1
Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta 13250
Telepon : 021-29980900
Email : infolm@antam.com
Website : logammulia.com
Facebook : lm.antam
Twitter : @LogamMuliaAntam
Instagram : antamlogammulia

Berinvestasi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan jika diniatkan dengan kuat dan mantap. Banyak cara untuk memulai investasi walaupun dengan modal yang kecil. Pilihlah cara berinvestasi yang tepat sesuai dengan kemampuan, jangan sekali-kali memaksakan diri. Memilih jenis investasi yang minim resiko jauh lebih menenangkan dan tentunya aman walaupun hasilnya tidak bisa dirasakan secara instan. 

Semoga bermanfaat.


4 comments:

  1. sangat bermanfaat sekal ulasannya kak, jadi pengen inventasi kak

    www.rajaunik.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dimulai saja investasinya. Lebih cepat lebih baik.

      Delete
  2. Pernah sekali beli logam mulia di teman suami. Waktu itu ada yang nawari. Kalau secara online belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum pernah beli online. Sepertinya lumayan membantu untuk orang-orang yang segalanya butuh kecepatan dan kemudahan.

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Pastikan ada namanya, biar kita bisa saling kenal :)