Ingin Rumah Lebih Rapi? 5 Furnitur Ini Bisa Jadi Solusi

Foto: freepik.com


Siapa yang tidak suka dengan rumah rapi? Kerapian tentu saja memberi kenyamanan bagi penghuninya. Rumah bukan hanya sebagai tempat beristirahat, namun juga sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga dan melakukan banyak hal. Jangan heran jika tidak sedikit pemilik rumah yang rela membayar jasa bersih-bersih ketika tidak sempat melakukannya sendiri.

Rumah rapi terbukti banyak memberikan manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Untuk manfaat kesehatan, seperti yang dilansir dari klikdokter.com, sudah jelas bahwa rumah yang rapi dan tentunya bersih, akan terbebas dari berbagai kuman, jamur, bekteri, serangga pembawa penyakit hingga debu yang mungkin membuat alergi atau pemicu asma.

Ditulis pada laman femina.com, Dekoruma (e-commerce interior dan desain) menyatakan bahwa ada empat manfaat psikologis bila rumah bersih dan rapi.

1 Mengurangi Stres
Menurut sebuah penelitian, rumah dengan keadaan yang berantakan dapat membuat seseorang menjadi stres karena barang-barang menumpuk, tidak tertata dengan rapi, dan terkadang dapat mengganggu aktivitas. Begitu juga sebaliknya, keadaan rumah yang bersih dan rapi dapat merilekskan pikiran sehingga kualitas hidup juga jadi lebih baik dan meningkat, serta aktivitas juga dapat berjalan dengan produktif. 


2 Menyenangkan Suasana Hati
Melihat segala sesuatu yang bersih dan rapi, termasuk rumah dapat membuat suasana hati jadi lebih senang. Hal ini dikarenakan rumah yang bersih dapat memberikan kenyamanan tanpa harus khawatir terhadap dampak buruk dari rumah kotor, seperti terkena serangan penyakit atau mengundang banyak hewan kecil dan serangga.


3 Melatih Keterampilan Pengambilan Keputusan
Apakah ada tumpukan barang yang sebenarnya tidak digunakan atau sudah tidak berfungsi, tapi merasa sayang untuk dibuang atau disumbangkan kepada orang lain? Saat hendak mengambil suatu tindakan terhadap barang-barang tersebut, tentu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Konsekuensi yang dimiliki oleh setiap pilihan juga memaksa pemilik barang untuk berpikir berulang kali dan membuat strategi agar tepat memilih. Inilah alasan kenapa rumah rapi membantu dalam melatih kemampuan mengambil keputusan.


4 Menenangkan Pikiran
Keadaan ruangan yang bersih dapat menenangkan pikiran, terutama pada bagian ruang kamar tidur. Jika kamar tidur berantakan, suasana akan menjadi tidak nyaman sehingga dapat mengganggu istirahat, bahkan berisiko mengalami masalah tidur. Sebaliknya, dengan kamar tidur yang bersih dan rapi, maka istirahat pun menjadi berkualitas, sehingga pikiran jadi lebih tenang.


Dulu, saat masih tinggal di indekos hingga sebelum berstatus sebagai ibu, membersihkan rumah bukanlah suatu hal yang menyulitkan, cukup sekali dalam beberapa hari saja. Tidak banyak aktifitas yang mengotori rumah, paling hanya dari debu. Disapu sekilas sudah bersih kembali. Apalagi aku dan suami bekerja, di rumah hanya akhir pekan saja, itupun kalau tidak jalan-jalan. 


Baca juga: Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Juga Ada Ilmunya, lo! Yuk, Simak 8 Tips Berikut


Tapi setelah punya anak, dan aku sudah menjadi full time mom, sangat merasakan bagaimana lelahnya membereskan rumah. Seperti sebuah siklus tanpa akhir, semenit setelah beres-beres, semua mainan bertebaran kembali memenuhi lantai. 


Masalah kerapian rumah ini bisa disiasati dengan memilih furnitur yang tepat. 


Apalagi untuk rumah minimalis dengan luas bangunan terbatas, berantakan sedikit saja, rumah bisa terlihat semakin sempit, hingga berpotensi membuat stres. Pintar-pintar memilih furnitur sangat diperlukan agar kerapian rumah tetap terjaga dan tidak membutuhkan usaha keras membersihkannya, baik itu rumah minimalis atau besar sekalipun.




Furnitur Apa Saja yang Dapat Membuat Rumah Terlihat Lebih Rapi?


Tidak semua furnitur yang terlihat bagus dapat memastikan suasana rumah menjadi lebih rapi. Apalagi bagi keluarga dengan anak kecil, mungkin beberapa pertimbangan tambahan harus diperhatikan saat mendekorasi interior. Sebagai saran dan masukan, berikut beberapa furnitur yang bisa menjadi solusi untuk mempertahankan kerapian rumah.



1 Kabinet, Rak atau Lemari Tertutup

Foto: dekoruma.com

Memilih media penyimpanan terbuka bukanlah pilihan yang tepat jika rumah ingin tampak lebih rapi, bahkan dengan penutup kaca transparan. Sesuatu yang ada didalamnya, jika tidak tertata rapi, kesan berantakan pasti sangat kentara terlihat. Terlebih ada balita yang gemar bereksplorasi, mengambil dan menebar barang-barang yang disimpan akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan kabinet, rak atau lemari tertutup. 



2 Rak Sepatu

Foto: ikea.co.id

Meski hanya tinggal di rumah sendirian, bukan berarti koleksi alas kaki cuma satu atau dua saja. Dalam satu hari bisa berganti berkali-kali, sepatu kerja, sepatu olahraga, dan sendal biasa sehari-hari. Belum lagi koleksi lainnya yang mungkin bisa berjumlah puluhan. Jika ditebarkan di depan pintu atau dibiarkan menumpuk di sudut ruangan, tentu akan memakan space yang lumayan besar. Makanya penting memiliki rak sepatu agar rumah terlihat lebih rapi. Memilih rak sepatu tertutup juga lebih direkomendasikan.  



3 Rak atau Lemari Dinding

Foto: dekoruma.com
Dinding juga bisa dimanfaatkan sebagai area penyimpanan, lo. Sekarang ini sudah banyak toko furnitur yang menjual berbagai rak atau lemari gantung, sebagai jawaban untuk memaksimalkan ruang. Rak gantung bisa difungsikan sebagai pengganti lemari buku, menaruh pajangan, atau beberapa kotak kecil obat-obatan. Sedangkan lemari gantung dengan ukuran yang kapasitas lebih besar, paling sering digunakan sebagai pelengkap kitchen set. Sebaiknya tetap pilih lemari gantung yang tertutup sempurna dan tidak terlalu banyak motif agar tampak lebih rapi.



4 Furnitur Multifungsi

Foto: dekoruma.com dan ikea.coid
Kreatifitas banyak tertuang dalam desain furnitur, salah satunya adalah kehadiran furnitur multifungsi untuk menghemat ruang. Misalnya dipan tempat tidur dengan beberapa laci besar di bagian bawahnya, atau meja tamu yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Fungai ganda ini tentu semakin digemari oleh pemilik rumah yang tidak terlalu luas. 


Baca juga: Mengurus Dua Anak Sendiri tanpa Pengasuh dan Asisten Rumah Tangga? Bisa Kok!



5 Kotak Penyimpanan

Foto: ruparupa.com|Ace Hardware
Kotak penyimpanan ini lebih dimaksudkan untuk mengkoordinir barang-barang yang jarang dipakai, namun masih diperlukan dan sayang untuk dibuang. Misalnya baju-baju dan peralatan bayi yang tidak mungkin disumbangkan saat berencana memiliki anak lagi, atau pakaian sebelum hamil yang tidak muat dikenakan saat ini namun ada rencana untuk menurunkan berat badan kembali. Lebih baik memisahkan barang-barang sejenis ini dengan barang-barang yang rutin digunakan, agar tidak berantakan dan berserakan. 


Nantinya kotak penyimpanan ini bisa ditumpuk tinggi di gudang, atau sudut ruang yang dirasa tidak mengganggu. Pilihlah yang berbahan ringan, kuat dan tertutup rapat agar mudah dipindahkan serta awet dalam waktu yang lama tanpa membutuhkan perawatan khusus.


___________


Itulah 5 furnitur yang bisa membantu rumah terlihat lebih rapi. Memilih furnitur yang tepat, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan adalah kunci kerapian rumah. Tidak mungkin memaksa membeli rak los tanpa penutup, sedangkan ada Si Kecil yang hobi mengeluarkan barang apa saja dari tempat penyimpanannya. Atau ketika pemilik rumah yang hobi mengoleksi mainan, memilih rak gantung sebagai tempat memajang bisa mempertahankan kerapian rumah dari pada meletakkannya begitu saja di meja yang seharusnya bisa difungsikan untuk sesuatu yang lebih produktif. 


Semoga bermanfaat.


Referensi:

Pengalaman pribadi.

"Manfaat Rumah Bersih dan Rapi untuk Kesehatan". Tautan: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3442207/manfaat-rumah-bersih-dan-rapi-untuk-kesehatan

"4 Manfaat Psikologis yang Bisa Dirasakan Bila Rumah Anda Bersih". Tautan: https://www.femina.co.id/home-interior/4-manfaat-psikologis-yang-bisa-dirasakan-bila-rumah-anda-bersih



No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)