Aturan Mudik Lebaran 2022 dengan Pesawat untuk Dewasa dan Anak Di Bawah 6 Tahun

2 comments

Tanggal 19 April 2022 kemarin, saya dan anak-anak mudik lebaran lebih dulu. Walau pemerintah sudah memperbolehkan mudik untuk pertama kalinya setelah pandemi, bukan berarti tidak ada aturan yang mengikat. Terutama untuk saya yang sudah berusia dewasa dan anak-anak yang berusia 5 tahun dan 3 tahun.


Aturan mudik lebaran 2022
Foto: freepik.com

Untuk jaga-jaga, dua hari sebelumnya, saya menelpon call center Citilink sebagai maskapai yang akan mengantarkan kami dari Jakarta ke Padang. Karena call center ini aktif 24 jam, saya menelepon pas sahur. Ada Customer Service yang menjawab semua pertanyaan saya terkait aturan keberangkatan.


Note: ini berlaku untuk perjalanan dalam negeri.


Pertama, orang dewasa yang sudah di vaksin booster dosis ketiga, TIDAK PERLU dilengkapi dengan hasil tes negatif antigen atau PCR. Wah, untung saya sudah booster, jadi tidak perlu lagi tes-tesan.

  • Bagi yang sudah vaksis dosis kedua, tapi belum booster, maka wajib membawa hasil tes negatif antigen yang berlaku 1 x 24 jam.
  • Bagi yang baru vaksin dosis pertama, wajib membawa hasil tes negatif PCR yang berlaku 3 x 24 jam.
  • Bagi yang memiliki kondisi penyakit khusus sehingga tidak bisa divaksin, maka harus menyertakan surat keterangan dokter dan hasil tes negatif PCR yang berlaku 3 x 24 jam.

Bukti vaksinasi ditunjukkan melalui aplikasi PeduliLindungi.


Kedua, anak-anak usia di bawah 6 tahun, TIDAK PERLU menunjukkan hasil tes negatif  antigen atau PCR. Ini dikarenakan anak usia di bawah 6 tahun belum menjadi target vaksinasi. 

Anak-anak wajib didampingi oleh orang dewasa dengan membawa KK (Kartu Keluarga) dan Akte Kelahiran sebagai bukti tanggal kelahiran anak. Apakah boleh fotocopy? Customer Service bilang boleh, asal dijamin dapat terbaca dengan jelas. Namun, lebih direkomendasikan untuk membawa yang asli saja demi menghindari permasalahan.


Sebagai warga yang taat aturan dan tentunya tidak ingin batal terbang hanya karena masalah adninistrasi, saya mempersiapkan semuanya dengan lengkap tanpa terkecuali. Namun bagaimana pengaplikasiannya? Kembali lagi ke bandara masing-masing, ya. Hehe.


Yang penting, kalau lengkap, hati tenang. Dicek atau enggak, urusan belakangan.


Baca juga: Tips Mudik Lebaran Hanya Bersama Anak Kecil dengan Pesawat


Itulah aturan mudik lebaran 2022 dengan pesawat yang langsung saya dengar dari Customer Service Citilink, yang pastinya juga mengacu pada aturan terbaru pemerintah. 


Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Aku tuh tadinya kuatir yg anak2 di atas 6 THN, tapi blm booster. Cuma kemarin dpt info asalkan udh 2 dosis, mereka juga ga perlu antigen/pcr asalkan ortunya udh booster. Jadi sepertinya anak2ku masih aman nih. Semoga aja Juni ntr pas mudik ga berubah lagi 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat banget nih Mbak sharingnya. Soalnya aku kemarin nggak nanya juga yang untuk anak di atas 6 tahun karena anakku yang gede baru 5 tahun. Thanks, Mbak. Lancar-lancar mudiknya 🤗

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)