Wajib Tahu! Keuntungan dan Risiko Investasi ORI

No comments

Obligasi pemerintah merupakan salah satu jenis investasi yang banyak menguntungkan. Namun walaupun demikian, investasi yang banyak digunakan serta diketahui keuntungan dan risikonya oleh masyarakat luas yaitu investasi emas ataupun deposito.


Investasi ORI

Sedangkan obligasi pemerintah atau seringkali disebut dengan ORI (obligasi negara ritel) memiliki penawaran return yang lebih signifikan daripada investasi populer lainnya. Tidak hanya itu, tingkat risiko dari instrumen investasi yang satu ini juga relatif rendah dan dapat membuat dana investasi Anda lebih aman.


Investasi yang aman sangat cocok digunakan oleh Anda yang khawatir mengalami kerugian besar. Karena dengan begitu, investasi yang Anda jalani bisa lebih aman dan menjadikan kondisi keuangan lebih kokoh dan stabil.


Selain itu, pemilihan instrumen investasi yang tepat akan membuat investasi yang dilakukan dapat memberikan dampak positif pada keuangan Anda. Seperti halnya menghasilkan keuntungan yang optimal ataupun membuat keuangan Anda menjadi lebih aman untuk mengatasi besaran inflasi yang terjadi setiap tahunnya.


Baca juga: Promosikan Online, Ini 6 Cara Lebarkan Bisnis Home Care


Hal tersebut juga terjadi pada instrumen investasi obligasi pemerintah (ORI) yang menawarkan bunga di atas angka inflasi. Jenis investasi yang satu ini menggunakan surat utang sebagai instrumen investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mendapatkan dana investasi dari masyarakat.


Dana tersebut akan mendapatkan kupon (bunga) dengan besaran tertentu yang akan diberikan pada pihak investor. Sehingga kupon (bunga) tersebut dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan karena diberikan secara berkala dalam kurun waktu tertentu.



Keuntungan dan Risiko Investasi ORI (Obligasi Pemerintah)

Obligasi pemerintah (ORI)

Bagi para investor, mengetahui informasi terkait instrumen investasi yang akan dipilih merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang keuntungan, risiko dan cara membeli investasi obligasi pemerintah (ORI) dengan tepat.

1. Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah

Hal pertama yang perlu Anda ketahui terkait instrumen investasi obligasi yaitu terkait besar return ataupun keuntungan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi obligasi oleh para investor.

Kupon

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari investasi obligasi yaitu dengan mendapatkan kupon (bunga) secara berkala dengan besaran nilai yang tetap. Sehingga besar kupon yang diberikan tetap tanpa dipengaruhi fluktuasi harga pasar.

Capital Gain

Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain jika melakukan penjualan kembali produk obligasi. Terutama jika obligasi yang dimiliki belum sampai pada masa jatuh tempo.


2. Risiko Investasi Obligasi

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui risiko investasi yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa risiko dari investasi obligasi yang perlu dihindari dan meminimalisirnya agar bisa diwaspadai.

Risiko Likuiditas

Hal yang perlu diminimalisir pertama dari investasi obligasi yaitu risiko likuiditas. Hal tersebut terjadi karena penjualan kembali obligasi sebelum masa jatuh tempo dengan harga yang layak cukup sulit dilakukan.

Risiko Pasar

Selain itu, risiko lain yang juga dapat terjadi pada investasi obligasi yaitu adanya risiko pasar. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian jika Anda melakukan penjualan kembali obligasi dengan harga yang lebih rendah daripada harga beli.


Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui cara membeli obligasi pemerintah dengan baik dan benar. Sehingga investasi yang dilakukan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.


Beberapa cara membeli obligasi pemerintah yang tepat mulai dari proses registrasi, pemesanan, pembayaran dan konfirmasi. Sehingga Anda bisa mendapatkan instrumen investasi obligasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.



Rekomendasi dan Keunggulan Investasi Obligasi Di Digibank By DBS

Setelah mengetahui informasi di atas, Anda juga perlu mengetahui rekomendasi produk obligasi yang menguntungkan. Berikut ini fitur dan keunggulan yang bisa didapatkan dengan investasi obligasi pemerintah di digibank by DBS.


1. Investasi yang Dijamin Oleh Pemerintah

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan investasi ORI di digibank by DBS yaitu mendapatkan jaminan langsung dari pemerintah. Sehingga saat produk obligasi mencapai masa jatuh tempo, dana atau nilai pokok yang diinvestasikan akan dijamin dengan pengembalian 100% oleh pemerintah.


2. Mendapatkan Kupon secara Berkala

Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan kupon (bunga) secara berkala dengan besaran atau jumlah yang tetap. Sehingga kupon tersebut dapat digunakan sebagai penghasilan tambahan ataupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya.


Kupon pada investasi obligasi merupakan salah satu keuntungan yang cukup menggiurkan bagi bagi para investor. Karena hal tersebut diberikan pada investor sebagai bentuk imbal hasil dari kegiatan investasi yang dilakukan.


3. Dapat Melakukan Registrasi dan Transaksi Kapan Saja dan Dimana Saja

Terakhir, Anda juga bisa melakukan registrasi ataupun transaksi jual-beli obligasi pemerintah dari digibank by DBS kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut terjadi karena produk investasi dapat diakses selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS.


Tidak hanya itu, jual-beli yang dilakukan di Aplikasi digibank by DBS juga tergolong lebih mudah karena bisa dilakukan dari rumah. Bahkan, Anda bisa melakukan registrasi untuk mendapatkan SID (Single Investor Identification) yang diterbitkan khusus oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui aplikasi yang sama.


Baca juga: Perbedaan Investasi Obligasi dan Reksadana Pendapatan Tetap


Bagaimana menarik bukan beberapa informasi terkait investasi obligasi pada ulasan di atas? Anda bisa mulai melakukan investasi setelah mengetahui keuntungan yang ditawarkan dan tingkat risiko yang dimiliki. Demikian ulasan singkat mengenai keuntungan dan risiko investasi obligasi pemerintah (ORI), semoga bermanfaat.


No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)