Cara Membuat Perencanaan Keuangan Bagi Pemilik Mobil

2 comments

Memiliki mobil baru tentu impian banyak orang. Apalagi produk kendaraan anyar saat ini makin beragam variasi, maupun harga yang bisa dibeli, sesuai kemampuan finansial. Namun, perlu digaris bawahi bahwa mobil merupakan aset yang nilainya akan tergerus seiring berjalannya waktu. Karena itu, kepemilikan sebuah mobil tentu mengharuskan seseorang memiliki pengelolaan keuangan yang baik.


Punya mobil, rencanakan keuangan

Tentu saja, mobil akan menambah kekayaan bersih. Mobil bisa dikategorikan sebagai aset guna atau investasi. Saat mobil digunakan untuk keperluan pribadi atau mobilitas sehari-hari, statusnya akan jadi aset guna. Lain halnya jika mobil digunakan untuk mencari uang seperti mengantar penumpang, mengangkut barang dagangan, serta diperjual-belikan ke showroom atau pelanggan, maka mobil menjadi aset investasi.


Baca juga: Pengalaman Perpanjang SIM Online dan Biayanya Melalui Aplikasi Digital Korlantas POLRI (SINAR)


Seperti diketahui, akan ada biaya yang harus dikeluarkan para pemilik mobil terhadap mobilnya. Berikut cara perencanaan keuangan dari Garda Oto untuk para pemilik mobil.



Perencanaan Keuangan Terkait Biaya Kepemilikan Mobil

Tak dapat dipungkiri berkendara menggunakan mobil memang rentan terhadap risiko. Oleh karena itulah, di diperlukan perencanaan terkait mobil guna melindungi dan menjaga mobil kita dari semua risiko dan juga kerugian.


  • Siapkan Dana Perawatan dan Darurat Mobil

Idealnya, seseorang harus menyediakan dana darurat setara minimal 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Sebab dana darurat akan berguna untuk menalangi biaya hidup di saat orang yang bersangkutan kehilangan penghasilan. Semakin tua usia mobil, maka semakin sering pula pergantian suku cadangnya. Pergantian suku cadang saat servis berkala, jelas memunculkan biaya tidak terduga yang harus dibayarkan. Misalnya saja aki mobil yang habis masa pakainya, kampas kopling, rem, busi, oli, dan filter-filter yang harus diganti dalam hitungan kilometer.


Belum lagi, pemilik mobil rentan terkena risiko ban kempes di tengah perjalanan, baik karena tekanan anginnya yang kurang atau karena musibah lain seperti mobil menyerempet. Karena itu, cukup penting untuk mengalokasikan dana guna kebutuhan ini. Tidak ada salahnya menabung setidaknya 1% hingga 5% dari pemasukan per bulan untuk dana darurat mobil. Simpan saja dana tersebut di tabungan supaya lebih mudah diambil.


  • Pastikan Mengambil Cicilan Sesuai dengan Penghasilan

Bagi yang tengah mencicil mobil, mungkin tidak mengetahui apakah besaran cicilan mobil per bulan tersebut terlalu besar atau tidak. Dengan menghitung debt service ratio (DSR) yang menunjukkan total cicilan utang berbanding pemasukan bulanan, tidak hanya cicilan mobil, melainkan juga cicilan kartu kredit, dan kredit lainnya jika ada, bisa jadi acuan.


Untuk menghitung nilai DSR, kita bisa melakukan perbandingan dari jumlah total cicilan dengan pemasukan bulanan. Bila besaran cicilan mobil dan utang-utang lainnya masih di bawah 35% dari penghasilan, maka jumlah cicilan itu masih wajar. Namun, jika berlebih, tandanya sudah terlalu besar. Itu artinya kita harus mengatur ulang pembayaran utang. Bisa dengan melakukan perpanjangan tenor pinjaman atau dengan melunasi utang-utang lain di luar kredit mobil yang berbunga besar.


  • Lindungi Mobil Bersama Garda Oto

Asuransi adalah bentuk perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu Tertanggung dan Penanggung, di mana Tertanggung membayar sebuah iuran kepada Penanggung demi mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial yang dapat terjadi secara tak terduga. Satu-satunya yang bisa melindungi kita dari risiko finansial atas rusak atau hilangnya mobil adalah asuransi mobil.


Asuransi mobil Garda Oto adalah produk asuransi dari Garda Oto yang telah menjadi perusahaan asuransi paling populer dan terbaik di Indonesia. Bahkan eksistensi dari perusahaan tersebut bermula ketika awal tahun 1990-an. Secara garis besar, asuransi mobil terdiri dari all risk dan total loss only (TLO). All risk akan menanggung apa pun risiko yang terjadi, termasuk lecet di bagian body, akan tetapi sesuai dengan aturan yang berlaku.


Sedangkan TLO, menanggung risiko ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan total hingga mencapai 75% dari harga mobil sebenarnya. Dengan menggunakan asuransi Garda Oto, perbaikan mobil di seluruh jaringan bengkel, termasuk bengkel agen resmi untuk pertanggungan asuransi all risk. Selain itu, pihak customer service di Garda Oto bisa dihubungi hingga 24 jam penuh.



Cara Pembelian Asuransi Mobil Garda Oto

Perencanaan keuangan pemilik mobil

Dengan banyaknya kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan tersebut, mungkin ada yang tertarik membeli produk asuransi dari Garda Oto. Untuk mengetahui bagaimana cara pembelian polis asuransi Garda Oto, harus mengetahui langkah-langkah berikut.


1. Melakukan Pendaftaran

Langkah pertama yang bisa dilakukan guna membeli polis asuransi dari Garda Oto adalah melakukan pendaftaran. Nantinya akan diminta mengisi data diri seperti Kartu Tanda Penduduk dan STNK serta melengkapi semua dokumen yang diperlukan di situs resmi Garda Oto.

2. Melakukan Proses Pembayaran

Bagi pemilik mobil yang berniat untuk membeli asuransi mobil, disini Garda Oto memilki beberapa cara untuk melakukan pembayaran antara lain:

  • BCA KlikPay.
  • Virtual Account Permata Bank.
  • Kartu kredit berlogo Visa/Mastercard/JCB yang dikeluarkan bank di Indonesia.

3. Survei

Pemilik mobil yang berminat untuk melakukan pembelian asuransi mobil dari Garda Oto, bisa mengaktifkan polis dengan cara melakukan kegiatan survei kendaraan di lokasi pilihan.

4. Polis Terbit

Selanjutnya, polis elektronik akan langsung dikirim melalui surat elektronik maksimal 1x24 jam setelah persetujuan survei dilakukan.


Itulah informasi mengenai perencanaan keuangan bagi pemilik mobil. Khusus bagi teman-teman yang membeli mobil secara kredit, yang pastinya akan diberikan asuransi mobil dari lembaga kredit atau multifinance yang terpercaya.


Baca juga:  Berapa Lama Masa Pakai Busi Mobil


Nah, untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai perlindungan kendaraan terbaik, dapat langsung menghubungi Asuransi Garda Oto. Melakukan pembelian polis Garda Oto memang cukup simpel dilakukan selama mengetahui cara-caranya. Karena itu, supaya memudahkan kita dalam melakukan pembelian, sebaiknya ikuti semua tahapan yang sudah dijelaskan di atas.


Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Salah satu yg aku dan suami sepakati saat ganti mobil, harus ada asuransi yg mencover all risks. Krn memang penting sih. Biar gimana itu proteksi aja, kalo amit2 ada apa2, setidaknya ga menguras uang tabungan 😁.

    Mau ternyata ga dipake, aku ttp ga merasa rugi. Krn setidaknya ada ketenangan hati aja kalo tahu barang2 berharga diasuransikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Aku merasakan banget manfaat asuransi ini pas mobil nabrak tiang. Penyok parah. Kalau dibenerin sendiri, mungkin biayanya puluhan juta. Untung sudah dicover asuransi. Jadi tabungan aman.

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)