Tips Rombak Kamar Jadi Studio Musik di Rumah

No comments

Bagi pecinta musik atau pehobi eksplorasi nada, anak band misalnya, memiliki studio musik sendiri di rumah pasti jadi impian. Tapi, dalam bayangan, biaya yang besar akan menjadi pertimbangan utama yang membuat impian itu sulit terwujud.


Membuat studio musik di rumah

Sebenarnya, peluang mewujudkan mimpi itu ada lo, yaitu dengan melakukan renovasi salah satu ruangan di rumah. Biayanya? Bisa kita dapatkan dari pinjaman uang di bank. Lagian ruangan yang diperlukan tidak perlu terlalu besar. Asalkan telah memiliki kamar, atau ruangan yang bisa dirombak menjadi tempat bermusik, itu sudah cukup. 


Baca juga: Hitung Biaya Pembuatan Kanopi dan Tips Siapkan Dananya


Kemudian penting juga untuk menyediakan waktu selama beberapa hari atau bahkan berminggu untuk mulai melakukan renovasi ini. Jadi, tidak perlu lagi deh menyewa studio musik di luar jika pengerjaan sudah selesai.



Alat untuk Membuat Studio Musik dengan Pinjaman Uang di Bank

Sebelum membuat studio musik di rumah dari renovasi ruangan, yang pertama mesti disiapkan adalah menyusun alat apa apa saja yang dibutuhkan untuk isiannya nanti. Nah, berikut ini beberapa keperluan untuk mengisi studio musik yang totalnya bisa mencapai Rp 180 Juta.


  • Seperangkat Alat Band

Pastinya, kita butuh seperangkat peralatan band. Mulai dari gitar, drum, piano, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk melengkapi dengan amplifier, stand gitar hingga efek distortion.  

Harga untuk perlengkapan ini bisa mencapai Rp 100 juta. Berikut rincian lengkapnya:

1 Set drum: Rp 20 juta;

Gitar rhythm, bass, melody: masing-masing Rp 20 juta;

4 Amplifier untuk gitar, bass dan vocal: masing-masing Rp 3 juta;

2 distortion effect: masing-masing Rp 1 juta;

2 Stand gitar dan 2 mic: masing-masing Rp 500 ribu;

Jack dan juga perlengkapan audio: Rp 500 ribu.


  • Seperangkat Komputer

Supaya bisa sekalian editing audio record, kita perlu memiliki seperangkat komputer editing. Harganya mulai dari Rp 15 juta. Dengan harga segini, kita sudah mendapatkan seperangkat PC recording musik tanpa merakitnya sendiri.


  • Sound System

Peralatan sebelumnya yang sudah dibahas, sudah merupakan fasilitas yang sangat baik untuk studio musik di rumah. Maka dari itu saat memilih sound system, sebaiknya tidak sembarang. Belihlah seperangkat sound system dengan kualitas suara terbaik. Harganya mulai Rp30 juta dengan kemampuan audio yang mumpuni. Kemudian letakkan masing-masing sound system di sekitar ruangan agar suara dapat didengar dengan menyeluruh.


  • Pendingin Ruangan

Berikutnya, jangan lupakan pendingin ruangan agar tidak merasa gerah di ruangan tertutup dan dapat juga menjaga peralatan agar lebih awet. Harga pendingin ruangan pilih yang murah saja, sekitar Rp10 juta sudah cukup untuk mendapatkan satu yang terbaik.


  • Kursi 

Terakhir adalah kursi untuk drummer atau personel lain yang ingin bermain band sambil duduk. Pilih yang nyaman dengan harga masing-masing Rp5 juta. Sediakan pula meja untuk proses editing, dan juga sofa santai. Harganya masing-masing Rp2 juta dan juga Rp10 juta.



Rombak Kamar Jadi Studio Musik Sendiri

Studio musik pribadi

Setelah mengetahui ragam perlengkapan untuk studio musik. Yuk, mulai rombak kamar atau ruangan jadi studio musik pribadi! Bagaimana langkah-langkahnya? Simak artikel sampai selesai, ya.


  • Siapkan Kamar

Kita harus sudah memiliki kamar sendiri di rumah, yang memang sudah tidak terpakai. Agar bisa merombaknya menjadi studio musik di rumah. Tidak perlu terlalu luas, minimal berukuran 5 x 6 meter. Kalau misalkan lebih besar juga tidak jadi masalah.


  • Pasang Peredam Suara

Agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah yang lain, pasanglah peredam suara pada studio musik. Peredam ini dipasang memutar di seluruh ruangan. Sehingga suara tidak akan bocor ke luar. Untuk satu lembar peredam dengan ukuran 400 milimeter, biayanya sekitar Rp 500.000. Nah apabila ukuran kamar sekitar 6 meter, sediakan budget sekitar Rp 50 juta untuk peredam agar pemasangannya merata.


  • Lapisi dengan Karpet

Kemudian pada bagian bawah jangan lupa untuk melapisi dengan karpet. Fungsinya untuk membantu meredam suara yang timbul saat sedang bermain musik. Anda bisa menyediakan budget sekitar Rp10 juta, untuk membeli karpet terbaik peredam suara. Lapisi seluruh ruangan dengan karpet ini. 


  • Pasang Lampu

Penerangan untuk studio mini juga harus terlihat baik dan estetik, agar bisa mendapatkan kenyamanan saat bermain musik. Harga untuk pemasangan penerangan studio mulai dari Rp10 juta. Kita sudah bisa mendapatkan lampu sorot hingga lampu untuk membuat video. 


  • Panggil Teknisi

Serahkan seluruh pemasangan ini kepada teknisi. Mulai dari pemasangan alat, hingga peredam suara. Kita hanya butuh mengawasinya secara langsung. Supaya pekerjaan dari para teknisi ini segera rampung.  Perkiraan biayanya sekitar Rp 35 juta untuk membayar para teknisi ini. Supaya pengerjaannya juga cepat dan rapi.


Dari total harga alat band Rp180 juta dan renovasi kamar Rp95 juta, dapat diasumsikan jika kota membutuhkan dana keseluruhan sebesar Rp275 juta. Wah, apakah Anda sudah menyiapkan dana ini?



Buat Studio Musik dengan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Membuat studio musik sendiri bukanlah hal yang susah untuk diwujudkan. Tapi memang butuh persiapan dana yang tidak sedikit. Eits, jangan buru-buru pesimis, ya. Kita bisa meminjamnya melalui pinjaman uang DBS KTA. Syaratnya cukup mudah, dan proses approval juga sangat cepat. Cocok untuk bagi kita-kuta yang ingin mendapatkan pinjaman secara cepat.


Beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah:

  1. Jumlah pinjaman Rp300 juta yang bisa untuk membangun studio musik sendiri.
  2. Bunga untuk pinjaman juga flat dan sangat tingan, mulai 0,88 persen per bulan.
  3. Jangka waktu pinjaman adalah 36 bulan atau tiga tahun dengan tenor bisa diatur sesuka hati.
  4. Tidak perlu ribet dengan menyiapkan dokumen fisik.
  5. Proses approval hanya 3-5 hari kerja saja. 
  6. Syarat mudah, cukup berdomisili di Jabodetabek, mempunyai KTP & NPWP, berpenghasilan minimal Rp5 juta, memiliki limit kredit di bank lain minimal Rp10 juta.


Bila berminat, untuk mengetahui informasi lebih lanjut, sangat disarankan melihat laman https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Apabila memiliki pertanyaan, bisa melihat terlebih dahulu FAQ soal DBS KTA. Jika tidak menemukan jawaban, cukup kirimkan pernyataan tersebut.


Baca juga: Tips Renovasi Kamar Mandi Mewah di Rumah


Itu lah referensi cara untuk membangun studio musik sendiri di rumah. Yuk, ajukan pinjaman uang di bank sekarang supaya studio musik impian segera terwujud!

Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)