Kuliner Enak di Sekitar Alun-alun Blitar, Satu Lokasi Banyak Opsi!

No comments

Libur telah tiba, hore!

Bagi yang masih bingung mau apa dan ke mana menghabiskan liburan akhir tahun yang sudah di depan mata ini, yuk ke Blitar menikmati kulinernya yang memanjakan lidah. Ada apa saja sih?


Alun-Alun Blitar

Bila dilihat dari segi objek wisata, Blitar selama ini terkenal dengan Makam Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia. Setiap musim liburan, orang-orang ramai berdatangan untuk ziarah atau sekadar menghabiskan waktu ke sini. Apalagi, transportasi di Blitar sudah semakin berkembang. Ada kereta api, bus, travel, dan lain sebagainya. Semakin mempermudah wisatawan menjangkau berbagai lokasi yang diinginkan.


Nah, sedikit tips bagi yang ingin menikmati liburan dengan nyaman, bisa lo mencoba naik kereta ke Blitar. Supaya praktis, pesan tiket kereta di Traveloka saja. Karena sepengalamanku, harganya pasti serta prosesnya pemesanannya mudah dan cepat. 


Baca juga: Destinasi Wisata di Solo Bernuansa Luar Negeri, Ada Apa Saja?


Oiya, sebenarnya jika ditelusuri lebih lanjut lagi, Blitar tidak hanya punya Makam Bung Karno saja, Alun-alunnya juga pantas dijelajahi. Hanya beberapa menit saja jalan kaki dari stasiun. Kalau memang jadi naik kereta, "ngesot" sedikit sudah sampai.


Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Alun-alun Blitar. Mulai dari olahraga, berfoto, menghadiri event bila kebetulan sedang berlangsung, sampai dengan kulineran. Saya yang suka makan, bisa betah nih lama-lama berkeliling di sini. Biar enggak penasaran, ini lah rekomendasi kuliner enak di sekitar Alun-alun Blitar yang bisa dicoba jika berencana untuk jelajah ke Kota Patria.


Bakso Rejeki

Lokasi: sebelah utara Alun-alun Kota Blitar, berada di bawah pohon beringin besar.

Salah satu spot kuliner yang tak boleh dilewatkan saat berada di sekitar Alun-alun Blitar adalah Bakso Rejeki. Tempat ini mudah ditemukan karena bisa dibilang selalu ramai pengunjung. Apalagi saat makan siang, pengunjungnya membludak sampai padat merayap. Padahal lokasinya berada di pinggir jalan, di tenda semi permanen. Sudah kebayang kan rasanya yang yummy sampai pada ngantri?


Ada banyak menu yang bisa dipesan, mulai dari bakso kikil, bakso campur, bakso biasa, dan aneka minuman. Ada juga lontong yang membuat makan makin kenyang. Satu lagi, jangan lewatkan gorengannya supaya cita rasa tambah nendang. Bagi yang suka daun bawang, boleh kok minta dibanyakin, hehe.


Es Pleret Alun-alun Blitar

Lokasi: sebelah utara Alun-alun Blitar, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Capek jalan-jalan dan panas-panasan, silakan melepas dahaga dengan es yang nikmat, Es Pleret Alun-alun Blitar. Satu porsi es pleret ini berisi campuran santan, pleret, cendol, gula jawa cair, dan tidak lupa es. Rasanya gurih manis yang bikin ingin tambah porsi.


Bagi yang belum pernah mencoba sama sekali, pleret sendiri merupakan bola-bola warna warni yang terbuat dari tepung beras. Saat digigit, rasanya akan kenyal manis yang membuat perut jadi lebih kenyang setelah menghabiskan satu porsi.


Soto Daging Bok Ireng

Lokasi: Jl. Kelud, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Kuliner selanjutnya yang sayang kalau dilewatkan adalah Soto Daging Bok Ireng. Tempat makan legendaris yang lagi-lagi sangat ramai di jam makan. Ada banyak sekali daya tarik yang membuat pengunjung datang ke sini. Terutama adalah cita rasanya yang otentik karena masih menggunakan anglo atau tungku kayu bakar saat mengolah sajiannya.


Soto dihidangkan di mangkok kecil dengan harga yang cukup ramah di kantong. Tapi meski kecil, nasinya penuh dengan racikan yang mantap. Tempatnya juga tidak terlalu besar dan terkesan panas saat matahari terik. Meski begitu, tidak mengurangi antusias pelanggan untuk makan seporsi atau dua porsi soto di sini. Karena rasa legendarisnya itu.


Lontong Ayu Kota Patria

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Yang gemar makan tahu bumbu khas Blitar, jangan terlupa untuk mencicipi Lontong Ayu Kota Patria. Rasanya medok dan porsinya cukup banyak, ditambah lagi harganya yang cukup terjangkau. Pengunjung yang datang pernah ke sini banyak yang akan kembali karena rasanya yang menggoyang lidah.


Bahkan saat cabai mahal, pelanggan tetap dapat menikmati tahu bumbu dengan rasa yang pedas. Meski tempatnya di pinggir jalan dan buka di malam hari, banyak sekali orang yang datang ke sini hanya untuk menikmati berbagai menu yang ditawarkannya. Coba dan nikmati ya jika jalan-jalan ke Blitar.


Warung Sate Cak Amik

Lokasi: Jl. Masjid No. 23, Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

Dari Alun-alun Blitar, hanya perlu jalan kaki selama 2 menit saja untuk bisa berkunjung ke warung sate yang populer ini. Satenya jelas enak, dengan proporsi antara daging dan lemak yang pas. Bumbunya juga medok, jadi satu porsi akan membuat kita puas.


Pilihan satenya beragam, ada kambing daging, kambing ati, kambing biasa, dan juga ayam. Selain sate, ada juga beberapa menu lain yang boleh dicoba. Misalnya gule atau rawon. Pilihan minumannya pun banyak, mulai dari soda gembira, es teh, susu, sampai jeruk hangat.


Warung Sri Rejeki

Lokasi: Jl. Mawar No. 45, Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Bagi yang lagi rindu rumah dan ingin makan masakan khas tangan Ibu, silakan mampir ke Warung Sri Rejeki. Banyak sekali menu enak rumahan yang bisa dicoba. Contohnya sop ayam, nasi campur, lontong cap gomeh, soto, kare, dan berbagai kuliner tradisional lainnya. Tempat makan ini legendaris karena sudah ada sejak tahun 1963. Tidak hanya makanan berat saja, banyak juga camilan lain yang bisa jadi kudapan. Misalnya sosis solo, wingko, kue lumpur, dan masih banyak lagi lainnya.


Baca juga: Parents, Punya Rencana Melakukan Perjalanan Jauh? Ini Dia 10 Tips Ampuh Agar Anak Tidak Rewel Di Mobil


Itulah rekomendasi tempat makan di sekitaran Alun-alun Blitar. Banyak, 'kan? Biar makin ngiler, saya ulang lagi. Ada bakso, soto, sate, tahu bumbu, sampai dengan makanan rumahan. Eits, jangan nikmati sendiri, bawakan juga oleh-oleh dari Blitar untuk keluarga di rumah yang belum sempat ikutan.Seperti es drop, peyek uceng, dan masih banyak lagi lainnya.


Dan yang tak kalah penting, jika ingin pesan transportasi, baik tiket kereta api, travel, bus atau bahkan sewa mobil, Traveloka bisa sangat diandalkan. Satu aplikasi, penuhi semua kebutuhan liburan kita!

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)