Lancar Beraktivitas Digital Di Rumah Berkat Dukungan Internet Cepat

No comments

"Enak banget ya di rumah, bisa santai-santai." Bagi saya, ungkapan familiar ini tidak bisa diseragamkan untuk semua ibu rumah tangga. Karena sejak full di rumah, saya tidak sesantai itu. Banyak hal yang bisa saya lakukan, dan sungguh membuat waktu saya terisi padat.


Aktivitas digital dengan internet cepat

Bukannya sok-sokan, tapi dengan menjadi seproduktif mungkin, stres yang identik dengan pekerjaan monoton dan jarang bersosialisasi, bisa dikurangi. Itulah istimewanya era digital, di mana banyak hal bisa dilakukan tanpa perlu meninggalkan rumah. Urusan anak aman, urusan rumah oke, urusan diri sendiri pun tak perlu lagi menjadi korban.


Baca juga: Manfaat Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif


Bukankah ibu yang bahagia dan pikirannya terjaga adalah kunci kenyamanan keluarga? 

Saya bisa menstabilkan diri seperti ini adalah karena dukungan internet cepat yang selalu siap sedia membantu kapan pun dibutuhkan.



Ibu Rumah Tangga Bisa Apa-Apa

ibu rumah tangga produktif

Sudah saatnya kita hapus rasa insecure dan anggapan diri hanya berkutat di urusan dapur, cuci, kasur, terutama bagi sesama ibu rumah tangga. Bukankah kita semua telah belajar banyak dari pandemi kemarin? Di mana banyak aktivitas "dirumahkan". Ternyata, bisa-bisa saja kok banyak perusahaan tetap berjalan. Meski terseok-seok, akhirnya terbiasa atau malah merasa lebih efektif bila bekerja dari rumah.


Nah, ajaibnya, jauh sebelum pandemi, ibu rumah tangga sudah beraktivitas penuh di rumah. Di saat orang-orang banyak mengeluhkan mental illness karenanya, kami sudah lebih dulu merasakan itu. Jujur, saya pernah menjalani hari berat saat menyesuaikan diri dengan hidup yang lebih terkungkung. Terlihat miris sekali, ya? Sayangnya, memang semiris itu keadaan saya ketika belum terbiasa dan masih meraba-raba mau melakukan produktivitas apa selama di rumah.


Namanya juga proses. Setelah mencoba ini-itu, saya dipertemukan dengan dunia menulis yang berhasil menjadi pegangan penyeimbang sampai detik ini. Menyenangkan dan tentu saja membuat diri lebih berkembang. Setidaknya otak saya masih terus dibuat bekerja.


Yang paling membantu dalam proses tersebut adalah internet cepat dari IndiHome. Mana ada waktu saya untuk melanglang buana ke berbagai tempat, belajar langsung bertatap muka dengan para profesional. Walau sebenarnya saya sangat mengidamkan itu. Belajar cara saya ya otodidak dari rumah, terus berlatih dan mengikuti kelas atau webinar yang online saja. Hasilnya tidak saya sangka, jauh di atas ekspektasi. Oh, ternyata belajar dengan cara digital juga tidak kalah baik dengan belajar secara langsung. Malah ini jauh lebih baik bagi orang-orang yang butuh kefleksibelan seperti saya.


Menulis dan blogging hanyalah salah satu aktivitas digital yang saya lakukan. Selain itu, banyak sekali. Bahkan untuk yang kecil, seperti cara agar cabai tidak cepat busuk saat disimpan di kulkas, saya kerap mengandalkan searching di internet. Masak iya, kemajuan digital dianggurin saja? Bikin praktis dan cepat, selama yang digunakan adalah internet cepat.


Memangnya apa saja sih aktivitas digital yang sangat bisa dilakukan ibu rumah tangga dari rumah? Semoga beberapa aktivitas yang saya lakukan ini bisa menjadi referensi bagi ibu-ibu lainnya, ya.


  • Searching

Ada juga enggak, yang suka mencari informasi di internet kayak saya? Pokoknya, kalau ada yang membingungkan, langsung buka hape, ketik kata kunci. Dalam sekejap, berderet artikel tampil di layar dan siap untuk dibaca. Malah sekarang bukan hanya berformat tulisan saja, banyak video atau gambar yang juga bisa memberi solusi.  Saya saja, sampai kagok kalau gadget tidak terkoneksi ke internet. Karena saya butuh dan merasakan betul manfaat dari searching ini.


  • Learning

Paling banyak memberi dampak positif dalam kehidupan saya yang sekarang. Dulu, pesimis sekali. Termakan omongan orang-orang kalau ibu rumah tangga itu cuma sibuk mengurus anak, suami dan rumah. Tapi alhamdulillah, saya diberi jalan yang mendobrak anggapan itu. Berkat internet cepat dari IndiHome, saya bisa belajar segala yang saya inginkan tanpa ke mana-mana. 


Mulai dari mengisi cangkir yang nyaris kosong terkait kepenulisan, mencoba belajar public speaking dengan membangun channel YouTube yang masih kecil dan sesekali berbicara di video reels, serta yang tak kalah penting adalah belajar tentang ilmu parenting. Semua ini pasti akan berlanjut hingga nanti-nanti karena sudah menjadi bagian dari hidup saya. Atau bisa jadi apa yang saya pelajari akan bertambah. Fotografi dan ilustrasi misalnya. Sudah mulai ikut beberapa kelas daringnya. 


Ibu-itu tidak mesti mempelajari hal yang sama dengan saya. Ini hanya beberapa contoh saja. Masih ada berjuta bidang menarik lagi yang bisa dipelajari dari internet, yang pastinya sesuai dengan kenyamanan dan passion masing-masing. Seperti teman saya yang belajar membuat macrame bermodal video YouTube, dan sekarang sukses membuka kelas. Atau ada juga teman lain yang sukses dengan usaha kulinernya, menjadi dropshipper, atau reseller. Belajarnya? Ya dari rumah saja dengan bantuan internet.


  • Watching

Kegemaran ibu-ibu zaman now, termasuk saya juga dong pastinya. Ada yang menjadikan menonton sebagai hiburan, dan ada juga yang sekaligus belajar atau mencari inspirasi. Tidak masalah, toh keduanya sama-sama bermanfaat. Beberapa tulisan saya pernah mengangkat pelajaran yang diambil dari drama Korea. Malah kata salah satu mentor menulis saya, menonton film ini penting dilakukan para penulis untuk membangun "rasa". 


Sadar bahwa saya belum punya kesempatan untuk nonton film di bioskop seperti dulu, saya sangat terbantu berkat kemudahan saat ini yang memungkinkan kita untuk menonton film dari rumah saja. Tapi pastikan sekali lagi, memilih layanan internet lancar dan stabil. Kalau enggak, bukannya mendapat hiburan, yang ada jadi kesal karena loading-nya lama. 


  • Membangun Relasi

Percaya enggak, kalau saat ini, teman-teman dunia maya saya jauh lebih banyak dari di dunia nyata. Berkat aktivitas digital yang saya jalani, khususnya dalam dunia blogging dan menulis, menerbangkan saja sangat jauh hingga pelosok nusantara. Saya bisa punya teman dari Sabang sampai Merauke, meski tidak semuanya pernah berjumpa. Bergabung dengan komunitas, berkomunikasi melalui WAG dan event, atau kebetulan mengikuti kelas dan webinar bareng. Bersama mereka, terlebih sama-sama memiliki ketertarikan yang sebidang, saya menemukan rumah kedua yang bikin nyaman.


Itulah empat aktivitas digital tersering dan paling banyak memberi manfaat bagi saya. Bukankah sangat memungkinkan untuk dilakukan? Ketika ibu menemukan kegiatan yang bukan hanya dipenuhi oleh sederet tugas mengurusi rumah, ibu akan merasa lebih percaya diri dan jauh dari rasa insecure. Pastinya, berdampak baik juga untuk keluarga. 



Ini Alasan Saya Memilih Paket Internet Cepat IndiHome 

internet cepat IndiHome

Mengulas aktivitas digital, rasanya kurang lengkap bila saya tidak merekomendasikan Paket Internet Cepat yang masih setia menemani hingga detik ini. Tulisan ini pun bisa selesai, juga berkat internetnya IndiHome


Lalu, apa sih alasan saya masih berlangganan IndiHome?

  1. Lancar dan Stabil. Mau hujan badai di luar sana, internet masih bisa dipakai semua anggota keluarga di saat bersamaan tanpa masalah. Ini sih yang menjadi alasan utamanya. Soalnya, kalau jaringan internet tidak lancar, semua ambyar. 
  2. Penanganan Cepat. Namanya juga jaringan yang dibangun manusia, pasti sesekali ada gangguan. Tinggal telepon saja ke 147, nanti petugas IndiHome akan langsung merespon dan memperbaiki.
  3. Harga Sesuai. IndiHome menyediakan berbagai pilihan Paket Internet Cepat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Budget-nya segini, yang pakai segini, tinggal pilih saja. Menurut saya, layanan internet yang saya dapatkan, sangat sebanding dengan harga yang saya bayarkan.


Satu lagi yang dinantikan. Telkom Indonesia dan IndiHome sedang berkoordinasi untuk merger dengan Telkomsel. Semoga dalam waktu dekat, menikmati internet cepat bisa terintegrasi dengan jaringan mobile. Menarik banget, kan!


***


Baca juga: Ibu Kehilangan Jati Diri, Bisakah Diatasi?


Rasanya rugi bila percepatan digitalisasi saat ini tidak kita manfaatkan dengan berbagai aktivitas di dalamnya. Tidak hanya membantu dalam mendapatkan solusi cepat, tapi juga bisa menjadi wadah belajar dan menambah relasi.


Raga kita saja yang di rumah, tapi aktivitas yang dilakukan bisa tak berbatas. 

Terkhusus bagi teman-teman sesama ibu rumah tangga, yuk, kita manfaatkan internet cepat untuk aktivitas digital yang dapat membuat potensi berkembang pesat. Sudah banyak sekali fasilitas yang menanti untuk segera kita jelajahi.


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)