Kamu Seorang Blogger? Ini 6 Komunitas Blogger Aktif Di Indonesia

No comments

Saat awal-awal nulis blog, saya sempat ragu ingin bergabung di komunitas. Meski suami sudah menyuruh berulang kali. Alasannya hanya karena saya takut tidak bisa berkontribusi apa-apa di dalamnya. Tapi akhirnya saya paksakan juga diri untuk bergabung, dengan dasar keinginan untuk memasang logonya di blog. Biar sama dengan blog teman-teman yang lain. Kok kelihatannya keren. Waktu itu Kumpulan Emak Blogger (KEB) jadi komunitas pertama yang saya ikuti.


6 Komunitas Blogger Aktif Di Indonesia

Ternyata, setelah menjalani, saya ketagihan bergabung dengan lebih banyak komunitas blogger. Bisa saya simpulkan, blogger pemula sangat membutuhkan komunitas untuk dapat berkembang. Sangat berlimpah fasilitasnya di sini. Ibaratnya kita berkumpul dengan teman-teman sefrekuensi, satu jalan, dan memiliki ketertarikan yang sama. Jadi, akan lebih nyambung dan bisa saling berbagi.


Baca juga: SEO Dasar untuk Menaikkan Domain Authority (DA) Blog


Banyak sekali komunitas blogger aktif di Indonesia. Ada yang cakupannya nasional dengan koordinasi di beberapa wilayah, ada juga yang mencakup wilayah tertentu saja, seperti blogger provinsi. Walau tidak menutup kemungkinan juga blogger di provinsi lain turut bergabung ke dalam komunitas blogger yang bukan dari provinsi domisilinya. Misalnya saya yang berdomisili di Jakarta, bergabung dengan komunitas blogger Semarang.


Oke langsung saja, berikut beberapa rekomendasi komunitas blogger yang perlu ketahui dan sebisa mungkin diikuti, terutama oleh blogger pemula. Saya pun sampai saat ini masih aktif mengikuti komunitas-komunitas ini dengan manfaat yang terus mengalir. Tidak semuanya khusus blogger, ada juga komunitas yang mencakup dunia menulis secara keseluruhan. Tentu saja ini tidak terlepas dari poin utama menulis dalam blogging, sehingga banyak acara atau kelas yang dibuka khusus untuk membahas kepenulisan blog.


 1. Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Familiar dengan singkatan KEB dan memiliki tagline “Kami Ada untuk Berbagi”. Identik dengan sapaan Mak, membuat komunitas ini semakin lekat dengan ibu-ibu. Ya, ini salah satu komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia. Banyak program, kegiatan dan job bertebaran di sini. Di grup Facebook-nya ada program sharing blogpost yang masih menjadi idola untuk membagi artikel terbaru. Beda hari, beda tema. Misal hari Selasa untuk share artikel kesehatan dan kecantikan, hari Rabu untuk artikel khusus parenting dan lifestyle.

Website: emak2blogger.com

Instagram: @emak2blogger

Facebook: Kumpulan Emak2 Blogger

Twitter: @Emak2Blogger


2. Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)

Memiliki tagline “Aktif. Kreatif. Produkif”. Merupakan komunitas menulis untuk ibu-ibu yang suka nulis. Walau memiliki konteks yang lebih luas, Ibu-Ibu Doyan Nulis atau disingkat dengan IIDN ini tetap aktif mengadakan event dan kelas blogger , serta membagikan job untuk blogger. IIDN juga punya program harian yang mengispirasi, seperti Selasa Blog dengan konten yang membahas seputar blogging atau Sabtu PUEBI yang tentu juga dibutuhkan untuk blogger agar dapat menulis artikel yang menarik dan nyaman di baca.

Website: ibuibudoyannulis.com

Instagram: @ibuibudoyannulis

Facebook: Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif


3. Bloggercrony Community (BCC)

Tagline Blogging-Networking-Empowering” yang digaungkan Bloggercrony Community sarat sekali dengan kebersamaan dan pemberdayaan. Di sini seluruh anggota yang dipanggil BCC Squad, akan dibekali dengan skill blogging, diberdayakan dalam berbagai kesempatan dan dilibatkan dalam berbagai kerja sama, serta kebersamaan dengan saling peduli dan merangkul sesama blogger. Semua ini tertuang dalam program BloggerHangout, BloggerCare, BloggerPreneur dan BloggerView. Program hariannya pun ada, seperti #BWTuesday untuk saling berkunjung blog dan #InspirasiKamis untuk mengapresiasi artikel terpilih per minggunya yang dibagikan oleh anggota di Facebook group.

Website: bloggercrony.com

Instagram: @bloggercrony

Facebook: Bloggercrony Community

Twitter: @bloggercrony


4. Indonesian Social Blogpreneur (ISB)

Komunitas blogger yang satu ini memiliki visi untuk mengedukasi anggotanya agar dapat membawa perubahan bagi lingkungan sekitar serta memperoleh benefit secara moral dan materi. Memiliki tagline Sharing, Networking, Opportunities” dengan program pelatihan, menggali peluang dan tentunya networking. Banyak sekali kegiatan sharing yang menghadirkan narasumber berpengalaman agar blogger dapat mengasah kemampuan dan menemukan peluang dari blogging.

Website: komunitasisb.com

Instagram: @komunitasisb

Facebook: Indonesian Social Blogpreneur

Twitter: @KomunitasISB


5. BloggerHub

Sukses dengan konten-kontennya yang dikemas kekinian, BloggerHub juga menjadi komunitas yang tak kalah memberi informasi dan edukasi seputar blogging. Memiliki tagline Blogging, Sharing, Networking” untuk menghubungkan blogger di seluruh Indonesia. Bahkan blogger juga bisa menulis di website BloggerHub dengan reward yang menarik.

Website: bloggerhub.id

Instagram: @bloggerhub.id

Facebook: Bloggerhub

Twitter: @BloggerHubid


6. Mom Blogger Community (MBC)

Satu lagi komunitas yang khusus untuk perempuan dan ibu-ibu. Memiliki motto “Belajar, Berbagi dan Berkarya”, Mom Blogger Community (MBC) mewadahi para ibu yang tertarik dalam dunia digital marketing, baik itu tulisan, visual dan auditori. Anggotanya tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan dalam dunia blogging, namun juga menulis dan bisnis.

Website: momsbloggercommunity.com

Instagram: @mombloggercommunity

Facebook: MBC (Mom Blogger Community)

Twitter: @mombloggercomm1


Sebagai tambahan, ada lagi Blogger Perempuan Network (BPN) yang merupakan sebuah social network khusus bagi blogger perempuan di Indonesia. Banyak yang salah kaprah dan menganggap BPN sebagai sebuah komunitas, padahal bukan. Memiliki sebuah platform yang memungkinkan anggotanya untuk membagikan tautan artikel blog yang dikelompokkan dalam beberapa kategori. Pembedanya dengan komunitas adalah BPN merupakan startup local bisnis yang berorientasi pada profit, plus menjadi partner HIIP Indonesia sebagai platform influencer terkemuka di Asia Tenggara.

Website: bloggerperempuan.com

Instagram: @bloggerperempuan

Facebook: Blogger Perempuan

Twitter: @BPerempuan


Itulah komunitas blogger aktif yang sampai saya menulis artikel ini masih aktif menjalankan program-programnya dan sangat saya rekomendasikan untuk bergabung di dalamnya. Jujur, berkat komunitas saya bisa lebih cepat mempelajari banyak hal baru mengenai blogging dan juga menulis, atau pun pengalaman berelasi lain yang mungkin tidak akan saya dapatkan bila bersikeras tidak mau bergabung.


Baca juga: 5 Tahung Ngeblog, Dapat Apa?


Walau sepertinya kaum perempuan lebih diuntungkan karena ada komunitas khususnya, tapi terkadang program-programnya juga bisa diikuti oleh bapak-bapak juga. Jadi, tetap saja ikuti informasi terkini dari komunitas-komunitas ini ya, Bloggers


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)