Review Protabumin, Percepat Pemulihan Pasca Caesar

No comments

"Nanti banyak-banyak makan ikan gabus, biar lukanya cepat kering."

Siapa yang juga mendengar saran ini sesaat setelah melahirkan? Sebagai ibu yang sudah dua kali caesar, tentu saran makan ikan gabus ini juga saya dengar. Saya kira, ini hanya kebiasaan turun menurun yang sudah membudaya di masyarakat. Maklum, waktu itu saya masih ibu baru. Jadi tidak banyak tahu. Lagi pula memang wajar, mengingat ikan gabus juga sumber protein dan baik untuk tubuh. Banyak yang jual dan mudah di dapat. Apa salahnya dilakukan?


Protabumin Percepat Pemulihan Pasca Caesar

Ternyata, ini benar-benar terbukti secara ilmiah, lo. Ikan gabus bukan ikan biasa. Kandungan proteinnya lebih tinggi dari ikan lain, bahkan melebihi ikan salmon! Asam amino dan asam lemaknya juga mempercepat penyembuhan luka. Makanya sangat cocok untuk ibu melahirkan yang mengalami luka, terutama ibu yang melahirkan secara caesar dengan luka yang lebih besar.


Baca juga: Ibu Rumah Tangga atau Ibu Bekerja, Adakah yang Lebih Baik?


Pernah saya baca (tempo.co) kalau ada penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit University Sains Malaysia dan Rumah Sakit Raja Perempuan Zainab II, yang melibatkan reseponden para ibu yang melahirkan caesar di rentang usia 18-40 tahun. Mereka diminta untuk mengonsumsi kapsul ekstrak ikan gabus dengan dosis 250 mg sekali sehari.


Pada hari ketiga setelah operasi caesar, 76 ibu merasa bahwa rasa nyeri di area luka menurun drastis. Penampakan luka juga semakin samar. Diduga kuat karena kandungan asam amino seperti glisin dan asam lemak seperti arakhidonat yang dapat membentuk kolagen baru sehingga luka pulih lebih cepat.


Ini salah satu penelitian saja. Nyatanya, penelitian lain pun juga ada yang membuktikan bahwa ikan gabus dapat membuat ASI ibu berkualitas dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Wah, ternyata ikan gabus seluar biasa itu manfaatnya! 



Kebutuhan Ibu untuk Segera Pulih

Kebutuhan Ibu untuk Segera Pulih

Bagi saya yang merawat anak sendiri, kepulihan pasca melahirkan yang cepat adalah hal yang saya upayakan semaksimal mungkin. Pokoknya semakin cepat, semakin baik. Kalau luka terasa sakit saat anak menangis, tentu tidak mungkin memaksa dia mengerti dan bersedia menunggu. Mana mudeng. Sedangkan saya hanya sendiri, tidak ada yang membantu. Kalau sudah begini, mau tidak mau harus dipaksakan. Kan ngeri juga kalau nanti tiba-tiba lukanya terbuka atau infeksi. 


Apalagi pas melahirkan anak kedua, saat itu kakaknya masih berusia 2 tahun. Saya lebih ekstra lagi memaksa tubuh dan memberi sugesti ke diri sendiri bahwa saya jauh lebih kuat dari rasa sakit belahan caesar. Bayangkan, di hari pertama kepulangan dari rumah sakit, saya sudah beraktivitas normal. Sangat normal. Menggendong anak pertama saya, memasak makanannya, menyuapinya, memandikannya, dan juga untuk urusan rumah, tentu mesti dibereskan juga sesekali agar dia yang masih butuh ruang gerak bisa bermain dengan leluasa. Pokoknya luar biasa. Meski ngeri akan mengganggu luka caesar yang masih basah, tapi mau gimana kalau keadaan memaksa. Untung saja Allah masih sayang.


Saya yakin, setiap ibu yang baru melahirkan, pasti menjalani hari-hari yang tidak mudah. Jauh dari kata leha-leha dan santai-santai. Pulih lebih cepat dari luka lahiran, akan sangat membantu agar tanggung jawab sebagai ibu dari bayi mungil yang baru saja dilahirkan dapat dijalankan dengan maksimal. Intinya, pulih adalah sesuatu yang penting untuk disegerakan.



100% Ekstrak Ikan Gabus Di Protabumin Keringkan Luka Melahirkan Lebih Cepat

Protabumin mengandung 100 persen ekstrak ikan gabus

Ketika mama saya belum kembali ke Padang, masih ada yang membantu memasak di rumah. Tapi ketika saya sudah sendiri, semuanya mesti dituntaskan mulai dari anak sampai pekerjaan rumah. Kepraktisan otomatis menjadi kunci kewarasan. Saya lebih memilih mencari segala yang praktis, ketimbang berjibaku menyelesaikan segalanya dengan tenaga yang terbatas. Salah satunya soal nutrisi, saya mengandalkan multivitamin yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh saya yang butuh pemulihan cepat.


Ikan gabus yang saya butuhkan untuk mengeringkan luka, sulit sekali mewujudkanya dalam hidangan harian. Soalnya mesti belanja ke pasar dulu, dan mesti berkendara ke sana. Jelas kondisi saya belum memungkinkan melakukan itu ketika luka caesar masih di bawah pengawasan dokter. Untung saja teknologi semakin maju, Protabumin hadir menawarkan solusi terbaik dengan kandungan ekstrak ikan gabusnya.


Protabumin terbuat dari bahan alami 100% ekstrak albumin ikan gabus (channa striata) yang bisa dijadikan solusi penyembuhan luka pasca melahirkan, terutama luka jahit pasca persalinan caesar.


Mengingat bahwa kehidupan menjadi ibu tidaklah mudah, suplemen yang dapat membantu mempercepat pemulihan luka lahiran rasanya seperti angin segar yang sangat saya idamkan. Ringkasnya, Protabumin ini dapat mengurangi beban ibu untuk mengolah ikan gabus, ketika belum pulih benar dan tenaga juga mesti disiapkan untuk mengasuh bayi yang baru lahir. Setidaknya ini berlaku bagi saya yang sangat sulit memasak pasca melahirkan, terlebih setelah melahirkan anak kedua. Boro-boro mau membeli ikan gabus ke pasar, membersihkannya, lalu memasaknya, masak sayur bening saja tidak terkejar. Ya, begitulah riwehnya setiap hari.


Oiya, selain bahannya yang 100% alami dari ikan gabus pilihan, setiap kapsul Protabumin juga mengandalkan ikan gabus dari tambak-tambak lokal untuk mendukung perkembangan usaha para peternak Indonesia. Cangkang kapsulnya juga gluten free dan sangat aman untuk dikonsumsi. Jadi, ketika memilih Protabumin sebagai suplemen, secara tidak langsung ibu juga turut menyejahterakan peternak lokal.


Protabumin aman dan berkualitas

Kandungan alami dan berkualitas Protabumin tentu dihasilkan dari proses produksi yang pastinya mendukung keterjagaan kualitas tersebut. Kemasan Protabumin sangat higienis dan terjaga sampai ke tangan konsumen. Tutup botol bersegel, dan setiap kapsulnya dibuat transparan sehingga jelas isi di dalamnya. Apakah bubuk dari ekstrak ikan gabus masih dalam kondisi baik atau tidak, tampak nyata di depan mata.


Setiap kemasan botolnya berisi 60 kapsul, dengan aturan minum 3 kali sehari. Dengan teratur meminum Protabumin, luka pasca melahirkan akan kering lebih kurang dalam 5 hari. Bukan mustahil karena setiap kapsulnya mengandung 500 ml ekstrak ikan gabus. 


Protabumin tidak ada aroma dan rasa amis sama sekali

Tidak ada aroma atau rasa amis saat meminum Protabumin. Meski merupakan ekstrak ikan gabus, tetap nyaman dikonsumsi harian.


Soal keamanannya juga dibuktikan oleh logo Jamu pada kemasan. Jenis produk berlogo ranting hijau ini merupakan obat tradisional yang telah diolah secara higienis. Yang tradisional tentunya menggunakan bahan alami. Protabumin pun sudah mengantongi sertifikasi BPOM dan Halal dari MUI. Ibu yang mesti menjaga makanan karena masih dalam proses menyusui, tidak perlu khawatir soal keamanan Protabumin.


Segel dan tanggal expired pada tutup Protabumin
Segel dan expired date pada tutup Protabumin

Kemasan Protabumin kan ada 60 kapsul. Kalau luka pasca melahirkan sudah kering, gimana?

Lanjutkan saja, malah sangat baik untuk proses menyususi. Seperti yang saya singgung di awal, ikan gabus bukan hanya dapat mempercepat penyembuhan luka, namun juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan tubuh ibu selama menyusui. Studi membuktikan bahwa kandungan protein yang tinggi serta asam lemak DHA dan EPA dalam ikan gabus, terbukti dapat meningkatkan volume produksi ASI dan berpengaruh juga pada kecerdasan serta daya tahan tubuh anak (theasianparent.com). Sayang banget kan kalau konsumsi Protabuminnya tidak dilanjutkan?


Ikan gabus juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu, baik selama menyusui, maupun setelah menyusui. Jadi Protabumin ini tidak terbatas hanya untuk ibu melahirkan, ibu menyussui, atau terikat pada jenis kelamin tertentu saja. Menurut saya, semua orang baik mengonsumsi Protabumin untuk mendapatkan khasiat dari ikan gabus. Saya juga pernah baca bahwa ikan gabus pun sangat disarankan bagi penderita jantung, stroke, dan diabetes karena ikan gabus rendah kolesterol, tapi tinggi protein.


Bila teman-teman berminat mencoba Protabumin, bisa membelinya secara online melalui e-commerce Tokopedia dan Shopee. Tapi kalau ingin mencari informasi yang lebih banyak lagi, silakan membuka website resminya di protabumin.co.id Semua informasinya lengkap di sini.


Pastikan tidak ada alergi ikan sebelum mengonsumsi Protabumin.


Kalau saya sih, selagi ada produk yang praktis dan berkualitas, apalagi sangat dibutuhkan selama proses pemulihan luka pasca melahirkan, atau ingin mendapatkan manfaat terbaik dari ikan gabus tanpa harus pusing mengolahnya karena tidak mungkin juga setiap hari makan menu yang sama, pasti sangat terbantu berkat adanya produk yang aman seperti Protabumin ini.



Pengalaman Merawat Luka Caesar 

Pengalaman merawat luka caesar

Bukan hanya meningkatkan pemenuhan nutrisi dari dalam, perawatan dari luar sangat penting dilakukan agar luka caesar bisa pulih dan minim risiko. Sekadar sharing, ini beberapa cara yang saya lakukan pasca caesar dan alhamdulillah lukanya tertutup dengan baik dan nyerinya tidak berlebihan.

1. Tetap Jaga Kebersihan

Walau luka caesar ini besar dan berlapis-lapis, tetap pastikan mandi setiap hari, ya. Kebetulan dokter saya menutupinya dengan plester anti air, jadi aman dibawa mandi. Selama masa nifas, pastikan pula menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Ganti pembalutnya jangan tunggu penuh-penuh banget dulu. Berkala saja, jangan kelamaan. Itu kan darah kotor, nanti bisa memengaruhi luka caesar-nya.

2. Tetap Bergerak

Cekat-cekitnya ditahan saja. Saya bersyukur obat anti nyeri yang diberi bisa mengurangi rasa sakit meski tidak sepenuhnya. Memang akan ada perih waktu berganti posisi atau menggerakkan badan, tapi ini sangat disarankan untuk melancarkan sirkulasi darah dan juga mengembalikan elastisitas otot demi mempercepat pulihnya luka. Pastikan aktivitasnya bukan yang berat-berat.

3. Pakai Korset

Perut bergelambir setelah melahirkan membuat luka mudah terguncang bila bergerak. Inilah yang dibantu dengan korset. Perut akan lebih kokoh dan tidak berguncang terlalu ekstra. Luka pun jadi lebih aman. Tapi pastikan korset bersih dengan rajin mencucinya dan tidak terlalu menyesakkan saat dipakai. Kalau bisa pilih korset yang sirkulasi udaranya oke. 

4. Penuhi Nutrisi

Selama tidak alergi, baik ibu maupun anak, saya memakan apa saja yang dirasa sehat. Pokoknya setiap kali makan mesti ada karbohidrat, protein, dan sayurnya. Kalau lapar, makan saja. Urusan diet, jangan dipikirkan terlalu cepat. Pokoknya fokus dulu bagaimana menjaga kesehatan tubuh agar dapat pulih sesegara mungkin. Lengkapi dengan mengonsumsi suplemen yang aman dan pastikan meminum obat yang diresepkan dokter.

5. Cukupkan Istrahat

Ini berat ya, Buibu. Punya bayi, apalagi kalau sudah ada kakak-kakaknya, tentu jam istirahat nyaris terkuras habis. Namun bagaimanapun, kita tetap harus mengupayakan beristirahat kapan pun ada kesempatan. Misal ikut tidur siang bareng anak, atau pas suami libur, jangan segan untuk bergantian menjaga anak. Jangan pula memaksakan beres-beres rumah atau memasak kalau badan rasanya sudah lelah. Karena istirahat dapat menjaga kondisi tubuh dan pastinya akan berpengaruh baik pada pemulihan luka caesar.


Baca juga: Sekarang Baru Terasa, Ini Enaknya Punya Anak dengan Jarak Usia yang Dekat


Dengan kondisi tubuh yang terjaga, karena inti dari perawatan luka caesar adalah bagaimana ibu menjaga kesehatannya, insyaAllah luka akan kering dengan cepat dan risiko-risiko seperti infeksi atau keluhan seperti jahitan lepas dan sebagainya, bisa dikurangi. Tentu butuh tekad dan konsistensi. Semua ibu itu hebat dan pasti bisa melakukan apa pun yang terbaik kalau sudah demi anak. Betul?


Semoga bermanfaat.


Referensi:

Ikan Gabus Bantu Pemulihan Setelah Melahirkan, Mitos atau Fakta?. Tautan: https://cantik.tempo.co/read/1254722/ikan-gabus-bantu-pemulihan-setelah-melahirkan-mitos-atau-fakta

8 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui, Sumber Lemak Baik. Tautan: https://id.theasianparent.com/aa000129-manfaat-ikan-gabus-untuk-ibu-menyusui

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)