Header Ads

Mainan Anak yang Terlihat Aman tetapi Berbahaya (Berdasarkan Pengalaman)

Anak-anak pasti identik dengan mainan. Nggak afdhol rasanya kalo kita sebagai orang tua nggak beliin mainan buat buah hati tercinta, tega banget. Tapiiii nggak semua mainan anak itu aman lho moms. Ini beberapa mainan yang sering berada di sekitar sikecil yang penggunaannya harus selalu dalam pengawasan kita.

Tangan bayi

Menginjak usia 3 bulan, bayi mulai sering memasukkan tangan ke mulut. Sebagai ibu baru aku sempat khawatir dengan kebiasaan yang satu ini. Takut tanggannya nggak bersih nanti malah masuk kuman-kuman nakal ke perut si dedek. Ternyata ada hal lain yang lebih sering membuatku was-was saat Byan mulai emut-emut tangan, yaitu muntah.

Awalnya aku sering melarang Byan melakukan kegiatan ngemut tangan ini, tapi teman bahkan kerabat malah ngasih wejangan kalau bayi dalam masa oral itu jangan dilarang-larang, nanti giginya nggak numbuh-numbuh lho..soalnya dia kayak gitu kan karena gusinya gatel. Alhasil aku turutin lah nasehat itu. memang sih itu bikin Byan seneng karena dikasih kebebasan, tapi saking bebasnya dia malah masukin tangan terlalu dalam dan mungkin menyentuh kerongkongannya. Jadinya ya hoek hoek, muntah. Kan kasian juga ngeliatnya. Abis nen muntah, nggak abis nen juga muntah. Soalnya ya moms, bayi ini keseringan muntah juga nggak baik. Mulut atau kerongkongan akan sering terkena asam lambung dan memungkinkan terjadinya hal yang lebih buruk, atau jika muntahnya memasuki paru-paru kan lebih bahaya lagi, duuh amit-amit.
Makanya mulai sekarang aku selalu mengawasi Byan dengan mata jeli walaupun sesekali masih kecolongan. Apalagi sekarang Byan sudah mulai MPASI, kan sayang banget udah makan dengan susah payah sampai bundanya keringetan jungkir balik biar mau buka mulut, eh malah muntah hanya karena ngemut tangan.

Bantal bayi

Mommy-mommy pasti punya dong yang satu ini, dan pasti naroknya nggak jauh-jauh dari si dedek. Semakin bertambahnya usia bayi, maka semakin kuat tenaganya dan semakin aktif gerakannya. Saat Byan memasuki usia 5 bulan, apa aja dia coba angkat termasuk bantal mungil ini. Sekilas terlihat tidak ada yang menakutkan bukan? Tapi gimana keadaanya jika bantal yang diangkat jatuh pas dimuka bayi? Jadi bahaya banget! Bayi bakalan nggak bisa nafas dan akan berakibat fatal. Jadi sikecil selau diawasi ya bundaa..

Mainan gantung berkaki

Mmmm lupa mainan ini namanya apa. Tapi gambar yang  ditampilkan sudah menjelaskan dan bikin mommy bergumam dalam hati “Ooooo iniii..”. Yups, mainan yang satu ini memang andalan bunda Byan untuk membuat anaknya anteng selama ditinggal melakukan aktifitas lain. Pas masih 3 bulan Byan hanya bisa menyentuh mainan yang digantung disamping kiri dan kanan dan masih aman. Makin kesini mainannya udah ditendang-tendang, ditarik-tarik, kebalik-kebalik sampe nggak bisa bunyi lagi dan yang terakhir udah diangkat-angkat. Kadang kaki mainan udah kena kepala sampe merah, sambungannya lepas, dan kemaren yang paling ekstrim dan bikin aku cemas seharian adalah kaki mainannya nyolok mata Byan! Dia sampai nangis-nangis kenceng. aku langsung super duper panik takut mata Byan kenapa-napa. Untuuung saja Allah masih sayang Byan. Mata Byan terselamatkan dan cuma merah aja. Nggak nyangka kan moms bisa seberbahaya ini? Makanya jaga anak kita baik-baik ya.

Sementara hanya itu beberapa mainan bayi yang dirasa berbahaya berdasarkan pengalamanku. Nanti kalau ada kejadian lain baik pengalaman pribadi ataupun pengalaman bunda-bunda yang lain akan ditambahkan. Yang paling penting jaga kebersihan mainan anak-anak kita ya moms biar si kecil selalu sehat dan bundanya pun senang.
Semoga bermanfaat.

No comments