Header Ads

Tips dan Tata Cara Memandikan Bayi

Cara Memandikan Bayi

Ritual memandikan bayi terasa sangat menegangkan bagi ibu baru yang masih awam dan belum berpengalaman sama sekali. Dulu aku juga begitu, jangankan memandikan, menggendong saja sudah deg-degan. Apalagi anak pertamaku, Abyan, lahir dengan berat 2,5 kg. Kecil banget rasanya.

Nah belajar dari pengalaman yang telah lalu, di saat memandikan anak kedua, aku lebih santai dan tidak terlalu grogi karena sudah mendapatkan cara yang simple dan tidak mempersulit diri sendiri seperti waktu pertama dulu. Apalagi setelah memiliki anak kedua, managemen waktu sangat perlu dilakukan supaya tidak keteteran.

Baca juga

Cara Menyendawakan bayi - Disertai Foto dan Video
Cara Memijat Bayi - Disertai Foto dan video
Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir
Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan Primaku
Perlengkapan yang harus Dibawa saat Melahirkan

Langsung saja kita bahas ke intinya, inilah beberapa tips yang bisa diterapkan agar memandikan bayi terasa lebih mudah.

Mandikan bayi di kamar mandi. Dulu saat memandikan Byan, aku mengangkat bak mandi bayi ke ruangan yang lebih luas dan kering. Padahal ini hanya akan mempersulit kita loh. Sudah berat-berat mengangkat bak berisi air dan lantai juga basah terkena percikan air. Kita juga kurang berkonsentrasi saat memandikan karena berusaha semaksimal mungkin agar air tidak tumpah ke lantai supaya tidak menyisakan pekerjaan lain setelahnya. Nah kalau di kamar mandi kan bebas, mau airnya tumpah-tumpah juga tidak masalah. Apalagi kalau bayinya sudah bisa menghentakkan kaki dan menggerakkan tangan, air yang tumpah pasti lebih banyak. Tinggal ambil bangku kecil dan taruh disamping bak mandi bayi, duduk nyaman deh.

Pilihlah sabun mandi dengan kepala pompa, bukan yang buka-tutup. Ini dimaksudkan agar kita tidak kesusahan membuka penutup botol sabun karena tangan yang satu memegang bayi. Kalau yang pompa kan tinggal ditekan saja.

Cara Memandikan Bayi

Agar lebih simple, belilah sabun bayi yang sekaligus bisa digunakan sebagai shampo. 

Cara Memandikan Bayi

Kalungkan atau lilitkan handuk ke leher. Dengan cara seperti ini, handuk tidak akan mengganggu pergerakan selama memandikan bayi, dan setelah mandi kita tidak perlu mengambil handuk yang digantung atau diletakkan disuatu tempat kering.

Cara Memandikan Bayi

Setelah mandi, sandarkan bayi diatas handuk yang diselempangkan dibahu. Hanya dengan melepaskan satu sisi handuk yang diputarkan ke leher, maka handuk sudah dalam posisi terselempang. Nah tinggal angkat bayi lalu gendong dengan posisi tegak tersandar ke bahu, lalu ditahan dengan tangan di bagian kepala dan leher. Dulu saat pertama kali memandikan Byan, handuk aku gelar di atas kursi besar dan bayi diangkat kesana. Ternyata ini sangat mempersulit dan air juga akan berceceran kemana-mana. Baju kita juga akan ikutan basah selama menggendong bayi.

Cara Memandikan Bayi

Jika bayi sudah lumayan besar, kira-kira usia 4 bulan, memandikan bayi bisa menggunakan baby bather. Dijamin lebih mudah, apalagi bayi yang mulai berat dan banyak gerak akan mempersulit kita saat memandikannya dengan bak mandi bayi.

Cara Memandikan Bayi
Sumber : www.google.com

Oke selanjutnya kita masuk ke tata cara memandikan bayi ala saya yang selalu ingin cepat beres tapi hasilnya oke, hehe.
  1. Siapkan bak mandi bayi, isi dengan air dingin secukupnya. Kemudian masak air hingga panas dan campurkan sampai suhu air dirasa nyaman untuk bayi.
  2. Taruh kursi kecil disebelahnya.
  3. Letakkan sabun di tempat yang mudah dijangkau tangan saat memandikan bayi.
  4. Carilah tempat yang luas dan datar seperti kasur atau lantai yang dialasi karpet agak tebal untuk membaringkan bayi selama membuka dan memasang baju bayi. Supaya lebih aman, alas dengan perlak. 
  5. Taruh semua perlengkapan yang dibutuhkan seperti handuk, baju, diapers, bedong (jika menggunakan), minyak telon, krim ruam, lotion rambut, sisir dan yang lainnya.
  6. Buka baju bayi. Jika ada pup, maka bersihkan dulu dengan kapas basah atau tisu basah agar tidak mengotori air mandi nantinya.
  7. Kalungkan atau lilitkan handuk ke leher.
  8. Gendong bayi ke kamar mandi.
  9. Masukkan tangan ke punggung bayi, lalu genggam ketiak bayi dengan telapak tangan dan jari-jari. Pegangan seperti ini sangat kuat sehingga bayi tidak akan terlepas selama dimandikan.
    Cara Memandikan Bayi
  10. Masukkan bayi ke dalam bak mandi lalu mulailah dengan mencuci mukanya terlebih dahulu. Pastikan semua kotoran atau sisa susu bersih.
    Cara Memandikan Bayi
  11. Lanjut lagi mencuci kepala bayi. Basahi dulu, baru diberi shampo. Kemudian bilas sampai bersih.
    Cara Memandikan Bayi
  12. Lanjut lagi ke bagian badan, tangan, kaki dan semua lipatan-lipatan tubuh bagian depan. Basahi, beri sabun dan bilas sampai bersih.
    Cara Memandikan Bayi
  13. Balik badan bayi, posisi tangan masih memegangi ketiak bayi dan bagian dada tertahan. Sebenarnya sama dengan posisi sebelumnya, hanya saja kali ini posisi bayi tengkurap.
  14. Basahi punggung, tangan sampai kaki serta lipatan-lipatan tubuh bagian belakang yang lain. Kemudian beri sabun dan bilas sampai bersih.
    Cara Memandikan Bayi
  15. Jika ingin lebih bersih lagi, bisa dengan menyisihkan satu gayung air mandi bersih untuk bilasan terakhir.
  16. Tanpa melepas bayi, lepas salah satu sisi handuk yang dililitkan ke leher dengan tangan yang satunya sehingga akan terselempang di satu sisi bahu.
  17. Angkat bayi dan senderkan ke bahu yang ada handuknya. Tanpa melepaskan pegangan, ambil bagian handuk yang panjang dengan satu tangan lainnya dan balutkan ke tubuh bayi.
    Cara Memandikan Bayi
  18. Bayi telah selelsai mandi dan tinggal dipasangkan baju.

Baca juga

Ternyata Memijat Bayi Sendiri Banyak Manfaatnya, Loh
Review Sodocrem, Atasi Ruam Popok pada Bayi
Kenapa Sih Memilih Melahirkan secara Sesar? Inilah Beberapa Alasannya
Tips Mengatasi Kecemburuan Si Kakak setelah Mempunyai Adik
Estimasi Biaya Persalinan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring

Gimana buibu? Pusing ya? Kepanjangan ya? Terlihat ribet ya? Ah tidak juga kok. Ini karena aku menceritakannya terlalu detail agar jelas dan bisa dilakukan step by step bahkan oleh ibu baru sekali pun. Nanti kalau sudah terbiasa, ritual memandikan bayi akan terasa mudah kok.

Semoga bermanfaat :)



6 comments:

  1. Aku nih belum berani balikin badan bayi waktu belum puput pusar hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih belum berani balik, punggungnya disiram-siram dari bawah aja Mbak. Aku dulu juga begitu, hahahaha.

      Delete
  2. baca tutorial sama praktiknya memang beda. tapi iya bener sih, bawa bak mandinya ke kamar itu bikin sengsara, hahahaha. untung uda gede2 sekarang. ceburin kamar mandi semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku juga sering beda sama tutorial yang jadi acuan. Senyamannya kita aja, yang penting hasil akhirnya sama, bersih keset hehe.

      Huaaaa kalo udah bisa berdiri mah tinggal siram byar byur, beres 👍

      Delete