Hi, Blogger! Begini Cara Mendapatkan Dollar Dari IntelIifluence

Cara mendapat dollar dari Intellifluence

Blogger Indonesia tapi dibayar dollar? Bisa banget!


Setelah bertahun-tahun ngeblog, penghasilan yang saya dapatkan bisa dibilang "lumayan". Paling tidak mencukupi untuk jajan cemilan. Nah, baru-baru ini, ada pintu penghasilan baru yang lagi heboh di kalangan para blogger, yaitu mendapat dollar melalui Intellifluence. Tidak tanggung-tanggung, menulis satu artikel review saja bisa dibayar $100. Kalau dirupiahkan, sekitar 1,4 juta!


Teman-teman baru tahu, sudah tahu tapi belum nyoba, atau malah sudah dapat dollar juga nih?                                  


$100 Pertama Saya dari Intellifluence

100 dollar pertama dari Intellifluence

Melihat satu atau dua teman blogger yang membagi cerita mengenai Intellifluence di IG Story mereka, awalnya tidak menarik perhatian saya. Memang sih nominalnya menggiurkan, bahkan ada yang sudah mendapatkan $100 untuk yang ke-4 kalinya. Saya pikir Intellifluence ini hanya menerima blog-blog yang ber-DA tinggi. Apalah saya yang DA-nya mentok di situ-situ saja. Untuk ikutan campaign lokal saja tidak memenuhi syarat, apalagi menarik brand internasional?

Namun semakin lama, semakin banyak teman-teman yang mencoba dan juga berhasil mendapatkan dollar dari sini. Kalau sudah seramai ini, rugi dong kalau saya juga tidak mencoba? Walau agak insecure dan setengah pasrah bila nanti tidak mendapat sesuai apa yang diperoleh teman-teman lain, paling tidak saya sudah mencoba dan tidak ketinggalan sesuatu yang sedang hits.


Intellifluence merupakan sebuah platform tepercaya yang mempertemukan brand dengan para influencer di seluruh dunia. Sama dengan sebuah marketplace.


Intellifluence menyediakan marketpalce yang memastikan brand dan influencer melakukan kewajiban serta menerima hak sesuai kesepakatan. Mudahnya begini, konsepnya sama dengan Shopee atau Tokopedia yang mempertemukan penjual dan pembeli, Intellifluence mempertemukan brand yang akan menjalankan campaign dengan influencer. Intellifluence menjadi pihak ketiga sebagai perantara dan memastikan influencer menjalankan semua ketentuan campaign. Bila dinyatakan complete, maka fee baru dibayarkan. Makanya aman bagi kedua belah pihak.


Oiya, Intellifluence ini sebenarnya bukan hanya untuk blog, tapi juga media sosial lain seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube dan masih banyak lagi. Berhubung saya baru mencoba media blog, maka saya akan membahas pengalaman menghasilkan dollar melalui melalui kerja sama penulisan blog.


Bermodal tanya-tanya, akhirnya saya berhasil mendaftar di Intellifluence. Tidak sulit, hanya sekadar isi data seperti form pendaftaran pada umumnya. Setelahnya bisa langsung mengajukan diri untuk mengikuti berbagai campaign yang ada di marketplace. Untungnya, saat itu ada satu campaign yang bisa saya ikuti, yaitu review website game online Plays.org. Tanpa babibu, langsung apply. Eh, dua hari setelahnya langsung dapat Pitch (bila brand menyetujui untuk bekerja sama). 


100 dollar pertama dari Intellifluence
Tulisan pertama saya untuk 100 dollar pertama dari Intellifluence


Menurut saya, brand tidak terlalu ribet menetapkan ketentuan review. Bisa menggunakaan bahasa Indonesia adalah hal yang paling menguntungkan bagi saya dengan kemampuan Bahasa Inggris pas-pasan. Lagi pula, hal yang diminta tidak neko-neko, hanya membuat artikel review seorganik mungkin agar tidak terlihat seperti iklan. Masukkan satu backlink dan beberapa foto real. Panjang artikel pun bisa minimal 500 kata saja. Namun melebihkannya hingga lebih dari 1000 kata akan terlihat lebih baik dan lebih leluasa dalam bercerita.


Setelah menulis artikel, cukup mengirimkan link artikel blog. Tunggu saja balasan dari pihak brand yang menyatakan bahwa kerja sama bersatatus complete dan pembayaran fee akan diproses lebih lanjut. Sesederhana itu, guys! Akhirnya saya bisa meraskaan berpenghasilan dollar setelah proses pembayaran berhasil 15 hari kemudian.


Ini $100 pertama di sepanjang hidup saya! Untuk pertama kalinya saya dibayar dengan dollar dan itu melalui blog, hobi yang paling mengasyikkan.


Bagi yang ingin baca-baca artikel yang saya tulis untuk campaign brand dari Intellifluence, klik link di bawah ya 👇🏻


Nostalgia Sambil Mengasah Otak dengan Solitaire, Sekarang Mainnya Bisa Online dan Gratis!

Ribuan Video Game Gratis Di Plays.org Bisa Jadi Sarana Belajar Seru untuk Anak



Bagaimana Cara Daftar di Intellifluence?

Cara mendaftar di Intellifluence

Pertama, teman-teman harus instal aplikasi Intellifluence atau membuka website-nya dulu di intellifluence.com. Link ini adalah link afiliasi saya, jadi bisa otomatis mendaftar sebagai influencer. Isi semua data pada form yang tampil. Usahakan terisi sempurna sampai profil kita berkekuatan 100%. Berikut data-data yang akan kita isi. 

🌸 Isi nama lengkap, email dan password. Pastikan email aktif karena pemberitahuan aktifitas pada Intellifluence juga akan dikirimkan melalui email. Jadi saat kita tidak membuka aplikasi  atau website, email tetap mengabari.


🌸 Selanjutnya adalah menambahkan foto profil, memilih bidang ketertarikan kita dan data diri yang lebih lengkap, seperti alamat, tanggal lahir, status, pendidikan, pekerjaan hingga penghasilan. Perhatikan sekali saat mengisi negara, karena ini menentukan campaign mana saja yang bisa kita ikuti. Beberapa campaign hanya berlaku untuk negara tertentu saja. 


🌸 Ada pula kolom yang harus diisi tentang profil singkat kita. Ceritakan saja tentang diri kita dan aktivitas blog kita. Pakai Bahasa Inggris, ya. Biar bisa dimengerti oleh seluruh brand di berbagai belahan dunia. 


🌸 Isi juga alamat blog dan media sosial lain selengkap-lengkapnya. Mana tahu ingin mengikuti campaign untuk Instagram atau Youtube. Bayarannya tak kalah menggiurkan, lo! 


🌸 Intellifluence menyediakan tiga jenis pembayaran, yaitu cash, product dan keduanya. Kalau saya mengisi cash saja, karena kalau product rasanya terlalu jauh untuk dikirim ke sini. Dan saya mengisi bayaran minimum yang diterima untuk satu campaign adalah $50. Pastikan pula sudah memiliki PayPal sebagai transaksi pembayarannya dan isi alamat email PayPal dengan benar.


🌸 Jangan sampai melewatkan unggahan foto. Bagaimanapun foto ini akan memperkuat profil kita dan sangat membantu brand untuk menilai. Saya memasukkan beberapa foto blog dan buku-buku antologi. Paling tidak ini memperlihatkan bahwa saya memang suka menulis dan mengelola blog dengan baik. 


DONE! Pendaftaran selesai. Bila ingin mengubah data profil atau ingin melengkapi yang belum terisi, bisa langsung membuka menu Profile yang gambarnya icon orang. Kalau ada yang belum lengkap, pasti akan ada pemberitahuan. Jadi lengkapi sampai 100%, ya.



Cara Mengikuti Campaign dari Intellifluence

Cara apply campaign di Intellifluence

Klik menu Marketplace atau bisa juga klik di kolom Marketplace pada dashboard. Nanti akan muncul campaign mana saja yang sedang membutuhkan influencer. Agar lebih spesifik, klik Advance Filter pada bagian kanan atas, lalu pilih network blog. Maka otomatis campaign yang diperuntukkan bagi blogger langsung tampil. 


Baca detail campaign satu per satu. Kalau kita tidak termasuk dalam kualifikasi influencer yang diinginkan brand, maka akan muncul kolom kuning yang menjelaskan alasannya, misalnya negara Indonesia bukan menjadi target pasar atau nilai Reach kita yang masih di bawah permintaan. Tidak apa, lanjut saja mencari campaign lain yang sesuai. Kalau kita memenuhi syarat, maka tombol Apply pada bagian bawah akan aktif. Langsung klik saja dan ajukan permintaan kerja sama. 


Setelah itu muncul kolom untuk meminta penjelasan kenapa brand harus bekerja sama dengan kita. Tidak perlu diisi terlalu serius, cukip dengan kalimat sederhana saja, yang penting sudah menunjukkan bahwa kita bisa menjalankan goal campaign. Sebagai contoh, ini yang saya isi saat mengajukan diri untuk campaign blog review Plays.org.

"Hello. I'm blogger from Indonesia. My blog concern to parenting, family and lifestyle. I think my blog can promote your brand, because my husband and my children love to play games. In my opinion, game is good for children's growth and can be solution to reduce stress in pandemic.

My blog readers lives in Indonesia, so I will write in Indonesian.

I hope, I can be one of your partners to promote your brand. Thank you."


Nah, teman-teman bisa menulis sesuai keinginan. Ada juga beberapa teman yang menyertakan pageview blog atau media sosial lengkap dengan jumlah follower. Yang penting jangan lupa menyertakan pernyataan bahwa akan menulis review dalam Bahasa Indonesia agar lebih jelas. Kecuali memang tidak keberatan bila diminta menulisnya dalam Bahasa Inggris. 


SIP! Tinggal tunggu saja Pitch dari brand. Simpel banget, 'kan? 


Perkembangan prosesnya bisa dilihat pada menu Massage. Kalau ada info selanjutnya pasti akan diberitahu juga melalui email. Informasi tentang campaign terbaru pun juga dikirimkan melalui email, jadi jangan khawatir akan ketinggalan. 



Bagaimana Proses Pengerjaannya?

Setelah teman-teman mendapat kiriman Pitch dari brand, yang menandakan bahwa brand tertarik untuk bekerja sama, maka di saat itu pula lah penulisan artikel atau review bisa dilakukan. Baca dengan teliti work description yang dijelaskan dalam Pitch ini, plus batas waktunya. Jangan sampai dollar melayang karena tidak mengirimkan artikel tepat waktu. Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada menu Massage dan klik pesan (icon amplop) pada campaign yang diikuti. Pada bagian kanan ada beberapa menu yang bisa dijadikan panduan pengerjaan.

Proses campaign Intellifluence

Dari dua campaign yang sudah saya ikuti dan dinyatakan complete oleh brand, artikel yang ditulis bebas sesuai gaya masing-masing. Sama seperti kita review produk biasa. Cuma karena brand meminta untuk membuat artikel yang tidak terkesan seperti iklan, maka kita mesti mencati ide yang menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Misalnya free game online Plays.org bisa menjadi sarana belajar seru untuk anak, lalu dimasukkan juga informasi mengenai keefektifan belajar dari game. Atau menceritakan alasan kenapa Solitaire tepat bagi saya yang tidak ingin berlama-lama atau ketergantungan dengan game berlevel ratusan yang suka bikin penasaran. Pokoknya ini sekreatif kita saja. 


Setelah proses penulisan selesai. Tinggal post work dengan memencet tombol kuning yang tersedia. Hanya diminta mengisi link artikel blog dan pesan singkat. Saya hanya menuliskan "Tell me if article needed correction. Thank you." Pesan ini tentu bebas diisi sesuai keinginan masing-masing, ya. 


Setelah itu tinggal tunggu deh respon dari brand. Kalau saya, untuk Plays.org, brand meminta dengan sangat halus untuk menambahkan detail pada judul karena pembaca suka mencari hal yang lebih spesifik. Makanya saya tambahkan Plays.org di judul yang sebelumnya memang tidak ada. Tapi tetap statusnya langsung bergati menjadi complete 100% dan fee akan segera diproses pihak Intellifluence. Walau saya tidak mengubah pun, brand sudah mencetang approve work pada progres pengerjaan campaign. Namun karena masih bertanggung jawab, saya tetap mengubah judulnya. Toh, cuma ganti judul doang.


Berbeda dengan review Solitaire, setelah post work, langsung di-approve tanpa permintaan revisi apa pun. Dalam pengalaman menulis dua artikel ini, menunggu artikel kita di-approve  tidak lama, paling butuh beberapa hari saja. 



Proses Pembayaran

Proses pembayaran Intellifluence

Tepat saat brand menyatakan bahwa pekerjaan kita sudah selesai 100%, maka di Earning Summary,  bisa dilihat pada menu berupa icon dollar atau langsung pada dashboard, otomastis muncul keterangan Upcoming senilai kesepakatan fee, misalnya $100. Sekali lagi, pastikan akun PayPal sudah terisi dan email yang ada di profil valid


Proses pembayaran ini sedikit lama. Butuh waktu 15 hari bagi pihak Intellifluence untuk melakukan verifikasi dan pembayaran akan dilakukan setiap hari Jumat setelah melewati waktu 15 hari tersebut. Tapi jangan khawatir, fee dijamin masuk sesuai jadwal. 

Proses pembayaran Intellifluence

Terdapat empat laporan pada Earning Summary, yaitu Total yang menyatakan total keseluruhan pendapatan kita di Intellifluence, Upcoming untuk fee yang sedang dalam masa verifikasi, Eligible saat masa verifikasi yang 15 hari selesai dan Processed yang menyatakan fee sudah ditransfer ke akun PayPal. 


Sama seperti sebelumnya, seluruh progres dalam pembayaran ini akan diinformasikan melalui email. Jadi influencer bisa terus memantau dan tidak ketinggalan informasi.


Hoalaaa, dollar sudah berhasil diterima sebagai bayaran penulisan satu artikel. Bagi saya yang masih menetapkan rate card jauh di bawah fee yang diberikan Intellifluence, tentunya sangat bahagia dan merasa diapresiasi sekali.


__________


Oiya, meski campaign untuk negara Indonesia sangat terbatas dan kadang butuh nilai Reach yang tinggi, ini akan tergantikan dengan fee-nya yang lumayan besar. Bayangkan, bisa mengikuti campaign satu kali sebulan saja kita sudah digaji 1,4 juta, lo! Apalagi kalau sampai empat campaign, wah, bisa melebihi UMR DKI Jakarta! Cuma bisa berharap campaign untuk negara kita semakin banyak.


Selain itu, Intellifluence ini user friendly banget. Mudah digunakan dan ketentuan campaign-nya tidak memusingkan. Tidak pula menuntut kualitas blog dengan DA/PA tinggi atau spam score paling rendah. Kalau goal-nya review blog, yang kita lakukan cukup menulis di blog saja. Meski pada bagian akhir work description dicantumkan bahwa pihak brand akan berterima kasih sekali bila membagikan tulisan kita di akun sosial media. Tapi tetap saja, ini bukan kewajiban dan tidak ada form laporan khusus juga untuk postingan sosial media. 


Ayo blogger, kita cari kesempatan mendapatkan dollar dari Intellifluence! 

Rugi kalau sampai dilewatkan. Kapan lagi dibayar jutaan untuk satu artikel?


Semoga bermanfaat.



20 comments:

  1. Aku baru banget ngerasain bisa cair dari intelfluence ini. Rasanya bangga plus bahagia jadinya. Pengen ngerasain cuan lagi. Semoga aja bisa gacor di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan lagi dibayar segede ini kan, Mbak? Nggak ribet pula. Semoga campaign buat Indonesia makin banyak ya. Aaamiiinn

      Delete
  2. Halo mba salam kenal, aku juga pakai intellinfluence mba, masih pelajari aplikasinya hahha, semoga dpt job juga ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga, Mbak. Aamiiin semoga bisa dapat dollar juga ya. Semangat 💪🏼

      Delete
  3. Barusan coba buka dan registrasi. Tapi untuk pilihan bahasa, ga ada bahasa indonesia ya? Apakah selain alamat, ini akan ngaruh ke tawaran champaign?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang nggak ada Bahasa Indonesia, Mbak. Harus pakai Bahasa Inggris semua. Begitu pun kalau nanti pas ngikutin campaign.

      Delete
  4. alhamdulilah sudah dapet job dari sini.. taunya juga dari mbak putri, blogger banjar
    ternyata banyak juga temen-temen blogger yang nyantol disini
    harapannya, semoga makin banyak advertiser yang masang iklan di intell

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamduillah..
      Memang udah banyak yang dapat dollar dari sini, Mbak. Bahkan ada yang sudah 4 kali.
      Semoga makin banyak campaign buat Indonesia ya

      Delete
  5. Wah nice info nih kak. Mau nyoba juga tapi masih pemula :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa, Mbak. Coba daftar aja dulu. Mana tau ada rezekinya :)

      Delete
  6. halo mbak, aku dah coba juga, cuma list job yang bisa kulihat hanya 3. Apa karena baru aja daftar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah aku jawab di DM Ig tadi ya Mbaaakk..semoga segera menemukan campaign 🤗

      Delete
  7. Aku mau coba ah mbakk, tenkyu sharingnya

    ReplyDelete
  8. Sebagai blog pemula baru tahu informasi ini. Terimakasih mbak atas infonya Saya mau coba juga.

    ReplyDelete
  9. Mbak, berarti untuk daftar Intellifluence ini mesti bikin akun di Paypal dulu ya? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul Mbak. Soalnya pembayarannya lewat PayPal.

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)