Ketahui Jenis Cryptocurrency Di Indonesia, Siap Berinvestasi?

No comments

Digitalisasi yang kian masif dalam kehidupan masa kini, juga tak kalah memengaruhi dunia investasi. Seperti kehadiran kripto yang belakangan makin digemari. Investasi digital yang segalanya serba virtual ini, terus menarik investor baru karena kemudahan akses dan transaksi yang ditawarkannya.


jenis cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto sederhananya adalah aset digital yang tidak ada bentuk fisiknya, hanya berlaku dalam sistem komputer saja. Menggunakan kriptografi agar menjaganya tetap aman. Meski secara keseluruhan berkonsep virtual, mata uang kripto memiliki nilai yang cukup tinggi.


Pergerakan aset kripto yang bak roller coaster, naik-turunnya bisa sangat cepat, menjadikan cryptocurrency masuk dalam investasi high risk. Bisa saja mendapatkan untung besar, namun risiko untuk mengalami kerugian besar juga ada. Makanya, penting sekali mempelajari dan mengenali dunia investasi ini, agar risikonya bisa diminimalisir semampu yang kita bisa. Setidaknya, kita memiliki bekal untuk "nyemplung", bukan yang tanpa persiapan apa-apa.


Baca juga: Perbandingan Triv dan Indodax, Mana yang Cocok untuk Pemula Investasi Kripto?


Di Indonesia sendiri, belum mengizinkan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto bukanlah sesuatu yang ilegal di negara ini, sudah banyak jenis cryptocurrency yang resmi mendapat izin untuk diperdagangkan. Nah, apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya yang bisa dijadikan referensi pilihan.


  • Bitcoin (BTC)

Yang paling tenar di antara jenis lainnya. Jelas, karena Bitcoin adalah mata uang kripto yang pertama. Dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto yang keberadaanya digadang-gadang masih misterius. Wah, ternyata Bitcoin sudah lama tercipta sebelum investasi kripto naik daun, ya. 


Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC), Zigi, dan Sisi+ pada September 2021 lalu,  Bitcoin menjadi mata uang kripto yang paling banyak diincar oleh para investor. Berada di angka 63,8% dari total responden yang membeli Bitcoin ini. 

Market cap Bitcoin per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 393 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga 20 ribuan Dollar. coinmarketcap.com


  • Ethereum (ETH)

Ethereum sebenarnya sebuah platform yang menyediakan mata uang Ether. Banyak yang salah sangka bahwa Ethereum adalah mata uang kripto, padahal merupakan platform-nya. Jadi di dalam Ethereum ini juga ada mata uang digital lainnya. Masih dari survei yang sama, Ethereum menempati posisi selanjutnya sebagai jenis kripto yang paling banyak dibeli, yaitu 50,6%.

Market cap Ethereum per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 187 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 1500-an Dollar. coinmarketcap.com


  • Binance Coin (BNB)

Aset kripto ini dibuat oleh Binance, salah satu platform pertukaran kripto terbesar di dunia. Data dari Coinmarketcap, BNB merupakan aset kripto terbesar ke-4 di dunia.  Awalnya, BNB digunakan sebagai utility token untuk mendapat potongan harga di Binance. Namun, kini semakin berkembang sebagai aset kripto yang banyak diminati dan dimiliki. BNB pun bisa ditukar dengan mata uang kripto populer lain seperti Bitcoin dan Ether.

Market cap Binance Coin per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 47 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 290-an Dollar. coinmarketcap.com


  • Solana (SOL)

Mengutip dari thenewsminute.com, Solana merupakan platform komputasi berbasis blockchain terdesentralisasi yang menggunakan SOL (token aslinya) untuk membayar transaksi. Spesialnya, Solana menggunakan algoritma gabungan proof-of-history (PoH) dengan proof-of-stake (PoS), yang menjadikannya salah satu yang tercepat, yaitu mampu melakukan maksimal 50.000 transaksi per detik.

Market cap Solana per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 11 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 30-an Dollar. coinmarketcap.com

 

  • Tether (USDT)

Tether merupakan mata uang kripto yang resmi dikeluarkan oleh Tether Limited, Hong Kong, dan dikendalikan oleh pemiliknya Bitfinex. Berbeda dengan cryptocurrency lainnya, Tether disebut sebagai stablecoin, yang berarti memiliki kestabilan tinggi karena mengacu kepada USD.  Ini tentu menjadi daya tarik untuk sebuah investasi kripto yang lebih minim risiko. Sudah dari awal Tether dirancang untuk selalu bernilai 1 Dollar.

Market cap Tether per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 68 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 1 Dollar. coinmarketcap.com


  • Litecoin (LTC)

Litecoin merupakan mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2011. Sebenarnya Litecoin ini merupakan salah satu turunan dari mata uang Bitcoin. Jadi, basic Litecoin tidak akan jauh berbeda dengan dengan Bitcoin. Namun, Litecoin tentu memiliki perbedaan, yaitu tawaran harga yang lebih murah, cepat dan praktis. Litecoin cuma membutuhkan waktu 2,5 menit untuk menghasilkan satu block transaksi, sedangkan Bitcoin membutuhkan 10 menit. Artinya, 4 kali lebih cepat!

Market cap Litecoin per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 3 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 54-an Dollar. coinmarketcap.com

 

  • Terra (LUNA)

Terra didirikan oleh Do Kwon dan Daniel Shin pada tahun 2017. Masih merupakan mata uang kripto stablecoin, yaitu memiliki tingkat kestabilan yang baik. Tapi bedanya, Terra tidak didukung oleh USD atau Won dari Korea, negara asal pendirinya, melainkan dengan algorithmic stablecoin. Seperti yang paling populer adalah TerraUSD (UST). Aset kripto dari jaringan Terra adalah LUNA atau disebut juga dengan Luna Coin.

Market cap Terra (LUNA) per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 309 Juta Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 2,5 Dollar. coinmarketcap.com


  • Cardano (ADA)

Charles Hoskinson, salah satu co-founder Ethereum, memulai Cardano pada tahin 2015. Cardano memiliki salah satu jaringan blockchain yang dinilai paling ramah lingkungan dan juga lebih aman. Kelebihan lain dari Cardano ini adalah pendekatan peer-review dalam mengembangkan produknya, yaitu setiap ada perubahan dan fitur baru yang dikembangkan, maka harus melalui proses review oleh para akademisi dan ahli, sebelum perubahan dan fitur tersebut diimplementasikan. Jadi ada pendekatan ilmiahnya. 


Market cap Cardano per tanggal 28 Oktober 2022, bergerak di angka 13 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 0.4 Dollar. coinmarketcap.com


  • XRP

Merupakan mata uang digital tersentralisasi. XRP sering kali disebut dengan Ripple. Ini dikarenakan XRP menjadi fasilitas pembayaran dalam jaringan Ripple, yaitu penyedia layanan untuk pembayaran lintas batas di industri keuangan. Teknisnya, Ripple adalah platform pembayaran dan XRP adalah aset digital yang bekerja di dalamnya, namun tetap berdiri sendiri. Singkatnya XRP bertindak sebagai sumber likuiditas untuk Ripple. XRP termasuk ke dalam aset kripto yang cukup populer di dunia, termasuk juga di Indonesia. 

Market cap XRP per tanggal artikel ini ditulis, bergerak di angka 23 Milyar Dollar. Dapat dibeli dengan harga antara 0.4 Dollar. coinmarketcap.com


Baca juga: Tips Memulai Usaha Jual Minyak Goreng Murah Skala Home Industri



Investasi Kripto Di Indodax, Platform Jual Beli Kripto Legal dan Tepercaya

Setelah mengetahui beberapa jenis cryptocurrency yang ada di Indonesia, tahap selanjutnya tentu memilih dengan bijak platform jual-belinya. Tidak bisa asal, karena keamanan di era digital ini harus selalu menjadi yang utama.


Bagi teman-teman yang tertarik memulai investasi Kripto, Indodax, sebagai platform jual beli aset kripto legal, aman dan tepercaya di Indonesia, bisa menjadi rekomendasi. Di Indodax, teman-teman akan mendapatkan keunggulan berikut. 

  1. Beli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan.
  2. Biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%.
  3. Transaksi 24 Jam.


Kabar gembiranya lagi, terutama bagi yang pemula, di Indodax kita juga bisa belajar tentang uang digital. Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Seperti paket lengkap, setelah paham dan mendapat bekal untuk berinvestasi, bisa langsung melakukan pembelian dan penjualan aset kripto tetap di Indodax. Baik di website resmi  www.indodax.com, atau di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange pertama buatan Indonesia yang mendapatkan tiga sertifikasi internasional, yakni ISO 9001 : 2015, 27001 : 2013, dan 27017 ; 2015. Memiliki 5,5 juta user member dan terverifikasi BAPPEBTI.


Jadi, sudah siap berinvestasi kripto?

Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)