Kenali 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Pemasangan CCTV Outdoor

No comments

CCTV outdoor merupakan kamera pengawas yang sengaja diletakkan di luar ruangan, seperti taman, tempat parkir, bagian luar kantor, dan lainnya. Tentu kita sering melihatnya, bukan? Tak hanya sebagai alat keamanan, kamera pemantau outdoor ini memiliki fungsi lain yang sangat penting. Fungsi tersebut antara lain mengamankan properti, sebagai alat bukti serta mencegah terjadinya tindak kejahatan.


Kesalahan Pemasangan CCTV Outdoor

Sebagai alat keamanan yang pemasangannya berada di luar ruangan, kamera pemantau ini tentu sangat rentan dan mudah rusak. Satu kesalahan saja yang dilakukan saat pemasangan, maka alat ini tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal. Pasti pemasangan dan maintenance-nya akan berbeda dengan CCTV dalam ruangan.


Baca juga: Tips Memulai Usaha Jual Minyak Goreng Murah Skala Home Industri


Lalu apa saja kesalahan yang kerap terjadi pada proses pemasangan CCTV luar ruangan tersebut? Simak ulasannya berikut ini hingga selesai, ya.


5 Kesalahan Yang Kerap Terjadi Saat Pemasangan CCTV Outdor

Pemasangan kamera pemantau outdoor sebenarnya bukanlah hal yang terlalu rumit. Kita bisa melakukannya tanpa bantuan teknisi. Namun, tentu saja harus berhati-hati. Pasalnya, jika tak berhati-hati, akan tanpa sengaja melakukan kesalahan yang tidak seharusnya terjadi. Beberapa contoh kesalahan yang umumnya terjadi saat memasang CCTV outdoor adalah sebagai berikut.


  • Meletakkan kamera di posisi yang tidak tepat

Peletakan kamera pada tempat yang salah atau tidak tepat, akan membuat kamera kurang maksimal untuk mengawasi area sekitarnya. Ini berarti pengawasan keamanan jadi berkurang dan bisa menjadi celah bagi orang yang berniat jahat untuk melakukan aksinya. Satu yang harus diingat adalah letakkan kamera outdoor pada tempat strategis dan tidak mengarah ke area tetangga. Supaya tidak melanggar privacy orang lain.

  • Memasang kamera berkualitas rendah

Kita tak boleh tergiur dengan harga kamera CCTV yang murah meriah. Ini dikarenakan harga kamera murah tersebut cederung memiliki kualitas yang rendah. Biasanya produk CCTV berkualitas rendah ini akan mudah rusak, tidak awet, serta mengalami kendala lainnya.

  • Jarang melakukan maintenance pada sistem CCTV

Merupakan kesalahan umum yang paling sering terjadi pada sistem CCTV. Padahal sistem ini harus sering dirawat walaupun tidak dalam keadaan rusak. Pengecekan rutin utamanya pada bagian lensa kamera karena bagian ini gampang terkena debu. Kita juga harus memeriksa apakah fokus kamera sudah benar atau terpasang dengan baik.

  • Lalai memeriksa rekaman CCTV secara rutin

Memeriksa rekaman CCTV outdoor harus dilakukan secara rutin, agar bisa mendeteksi gerakan yang mencurigakan lebih awal. Dengan begitu, kita bisa menghindari tindak kejahatan. Jangan menunggu terjadi insiden dulu, baru mengecek rekaman CCTV.

  • Sistem CCTV memiliki keamanan yang tidak memadai

Kesalahan terakhir yang umum terjadi adalah CCTV terpasang memiliki sistem yang tidak aman, sehingga memudahkan hacker menyerang. Saat kita menyadari hal ini, sebaiknya lakukan tindakan preventif yakni dengan mengganti password secara periodik. Dengan begitu hacker akan sulit menjebol keamanan dan sistem kamera CCTV milik kita.



Hikvision AcuSense, Camera CCTV Outdoor Dengan Teknologi Terbaik

Hikvision AcuSense

Mencari kamera CCTV luar ruangan yang terbaik memerlukan ketelitian. Kita tidak bisa serta merta memilih dengan melihat model dan jenisnya saja. Yang perlu dipertimbangkan adalah teknologi serta keunggulannya.


Salah satu rekomendasi CCTV outdoor wifi yang layak untuk digunakan adalah kamera pemantau luar ruangan dari Hikvision. Kamera pengawas outdoor Hikvision ini telah memiliki teknologi yang berbasis AcuSense. Hadirnya teknologi terbaru ini terbukti dengan adanya penambahan intelegensi atau pengindraan yang kuat pada kamera pemantau.


Lebih jelasnya, Hikvision AcuSense memanfaatkan algoritma pembelajaran yang lebih mendalam sehingga kamera bisa membedakan orang, kendaraan dan target lainnya. Tak cuma itu saja, teknologi yang brilliant ini juga memberikan keuntungan pada penggunanya. Sebut saja, kita bisa menonton kejadian secara langsung, memperoleh data kunci dari lokasi kejadian serta memiliki bukti yang kuat. Sehingga bisa jadi petunjuk yang berguna bagi pihak berwenang.


Selain keuntungan tadi, masih ada beberapa keunggulan dari Hikvision berteknologi AcuSense ini. Keunggulan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sistem peringatan berupa alarm yang lebih akurat

Kita sudah tahu kalau CCTV mudah sekali membunyikan alarm jika gerakan terdeteksi. Misalnya jika kamera menangkap gerakan hewan kecil atau benda lainnya. Gerakan ini memicu kamera pemantau mengeluarkan peringatan yang berupa alarm palsu. Namun tidak demikian jika menggunakan CCTV outdoor Hikvision AcuSense, yang memiliki fungsi pintar lebih fokus terhadap gerakan berasal dari manusia serta kendaraan. Oleh karena itu, kamera ini akan memberikan sinyal alarm peringatan tanpa kesalahan dan tentunya lebih akurat.

  • Teknologi AcuSense mampu memberikan peringatan dengan auditori dan visual

Kamera pemantau Hikvision AcuSense mampu memberikan peringatan secara auditori dan visual. Artinya teknologi AcuSense pada kamera ini memanfaatkan sistem respon dan pencegahan yang menggunakan peringatan secara auditori dan visual. Fungsi ganda yang akan meningkatkan penjagaan keamanan secara lebih baik.

  • Proses mencari target sangat cepat

Teknologi AcuSense pada CCTV luar ruangan Hikvision juga punya keunggulan yang mampu mencari target secara lebih cepat dan efektif. Hal ini terbukti dengan adanya label rekaman yang berbeda berdasarkan kategori. Jadi, kita bisa dengan mudah mencari target tanpa harus membuka satu persatu secara acak.


Baca juga: 5 Alasan Perlunya Memasang CCTV di Stadion Olahraga


Nah, berdasarkan beberapa keunggulan di atas, dapat sama-sama kita lihat bahwa Hikvision AcuSense menghadirkan sebuah pencapaian terbaru pada sebuah kamera pemantau. Pencapaian ini tak lepas dari dua cara yang Hikvision terapkan pada sistem kerja CCTV berteknologi AcuSense. Kedua cara tersebut adalah membunyikan alarm saat mendeteksi gerakan serta penyusunan video secara urut berdasarkan kategori yang memudahkan pencarian target.


Dengan kedua hal inilah, Hikvision AcuSense memberikan jaminan bahwa sistem keamanan akan meningkat jauh lebih baik. Kita tak akan menyesal memilih CCTV outdoor Hikvison AcuSense untuk sistem keamanan di lingkungan sekitar.


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)