Hitung Biaya Pembuatan Kanopi dan Tips Siapkan Dananya

No comments

Bila teman-teman sedang menyiapkan dana untuk kebutuhan yang ingin diwujudkan dalam waktu dekat, misalnya untuk pembuatan kanopi di rumah, investasi reksadana pasar uang bisa menjadi alternatif pilihan. Investasi jenis ini tidak memerlukan jangka waktu panjang, bahkan kurang dari 1 tahun untuk mendapatkan hasilnya.


Biaya pembuatan kanopi

Instrumen investasi ini juga mudah dan menjadi alasan mengapa cocok digunakan untuk investor pemula dengan tujuan pengumpulan dana dalam waktu singkat, seperti untuk pembuatan kanopi di rumah idaman.



Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

FYI, tentu kanopi sangat sering kita lihat, yaitu atap tambahan yang ditempatkan di luar bangunan utama seperti garasi atau teras. Fungsi dasar kanopi ini untuk melindungi area luar rumah dari panas terik, angin, atau hujan. Selain itu, kanopi juga dibutuhkan untuk menguatkan tampilan desain rumah, bahkan kanopi jenis tertentu bisa dimanfaatkan sebagai panel surya. Keren!


Baca juga: Kiat Memulai Bisnis Meski Masih Berstatus Karyawan


Pembuatan kanopi memerlukan dana yang tidak sedikit, ada baiknya jika kita membuat perencanaan dan menyiapkan anggarannya terlebih dahulu. Berikut ini cara menghitung biaya pembuatan kanopi.


  • Buat desain kanopi lebih dulu

Sebelum membuat anggaran biaya yang mesti disiapkan, bisa dimulai dari perencanaan dengan gambar sketsa atau mencari inspirasinya di internet. Pastikan memilih desain kanopi yang sesuai dengan desain bangunan utama untuk menguatkan kesan tampilan rumah.

Secara estetika, desain kanopi juga dipengaruhi oleh fungsi area peletakannya. Bentuk kanopi untuk garasi akan berbeda dengan kanopi untuk teras atau untuk rooftop. Agar lebih klop, meminta bantuan dari perencana profesional, arsitek atau desainer untuk mendapatkan desain terbaik bisa jadi pilihan.

  • Tentukan material dan sesuaikan dengan budget yang disediakan

Beragam jenis pilihan material yang bisa digunakan untuk pembuatan atap kanopi, akan ditawarkan oleh produsen bahan bangunan. Nah, pilihan material dan kualitasnya, pasti menentukan harga bahan bangunan tersebut. Jenis atap spandek, galvalume, kaca tempered, multiroof, atau bahan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan, serta harga yang bervariasi. Sesuaikan pilihan material dengan budget yang disediakan, ya!

  • Hitung kebutuhan berdasarkan luasan area

Luasan area untuk penempatan kanopi adalah perhitungan utama dari rencana anggaran biaya (RAB) pembuatan kanopi. Konversikan luasan area dengan harga material yang sudah dipilih pada langkah sebelumnya, untuk mendapatkan total biaya material.

  • Hitung upah tenaga kerja

Kita bisa memilih tenaga kerja yang menawarkan upah harian atau upah borongan. Kalau upah harian, berarti harus mengkonversikannya dengan jumlah hari pembuatan dan luasan area. Sedangkan untuk upah borongan, biasanya tenaga kerja yang membuat perhitungannya sendiri dan kita bisa bernegosiasi. Kedua sistem upah ini punya kelebihan dan kekurangan, sebaiknya kita tetap memiliki acuan dasar agar tidak mengalami kerugian waktu dan material.

  • Hitung biaya tambahan lainnya

Biaya tambahan ini tidak bisa dihilangkan dan bersifat sangat relatif. Termasuk di dalamnya kebutuhan bahan bangunan lain seperti paku, bor, gergaji besi, cat ongkos kirim material ke rumah, dan sebagainya. Dana tambahan tak terduga ini juga termasuk dana darurat jika material yang dipilih mengalami kenaikan harga.


Baca juga: Promosikan Online, Ini 6 Cara Lebarkan Bisnis Home Care


Tips Mempersiapkan Dana Pembuatan Kanopi

Untuk menentukan anggaran biaya keseluruhan, jumlahkan nilai yang kita dapatkan dari poin 3 sampai poin 5 di atas. Selanjutnya, bisa memulai menyiapkan dananya, berikut ini tips yang bisa dijadikan referensi.

  • Sisihkan sebagian pendapatan bulanan

Keinginan hanya akan menjadi keinginan jika tidak mulai berusaha mewujudkannya. Betul?

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mulai menyisihkan sebagian pendapatan bulanan untuk pos khusus pembuatan kanopi rumah. Tentukan besarannya agar tidak mengganggu kebutuhan harian dan tabungan utama. Manfaatkan pula bonus atau pendapatan tambahan yang bisa membantu mempercepat terwujudnya pembuatan kanopi rumah ini.

  • Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Gaya hidup masa kini sering kali menempatkan kita ke dalam kebiasaan konsumtif, impulsif, dan hedonisme. Perilaku semacam ini tentu bertentangan dengan tujuan dan menjauhkan impian. Pangkas pengeluaran berlebih yang sebenarnya tidak penting dan tidak dibutuhkan untuk saat ini, serta mulailah menabung.

  • Mulai menabung dengan cara berinvestasi

Alokasikan dana yang sudah disisihkan dari pendapatan bulanan ke dalam bentuk investasi. Menabung dengan cara investasi jenis reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan terbaik. Kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati hasil investasinya. Kini telah tersedia aplikasi reksadana pasar uang yang bisa dimanfaatkan dengan mudah dan kita bisa segera mewujudkan pembuatan kanopi di rumah.



Manfaat Berinvestasi Reksadana Melalui Digibank by DBS

tips mempersiapkan dana

Reksadana pasar uang memiliki potensi keuntungan lebih tinggi dari pada deposito bank. Kemudahan berinvestasi di instrumen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor pemula.

Penggunaan teknologi yang terus berkembang menghadirkan aplikasi reksadana pasar uang sebagai solusi kebutuhan pelaku investasi masa kini, seperti Aplikasi digibank by DBS. Layanan investasi melalui digibank by DBS hadir dengan keuntungan yang dapat dimanfaatkan sebagai berikut ini.


Kemudahan pembelian secara berkala yang fleksibel

Tersedia fitur pembelian berkala yang dapat diatur otomatis. Proses investasi menjadi lebih mudah dan fleksibel karena bisa mengatur nominal investasi reksadana pasar uang dan reksadana lainnya sesuai kebutuhan kapan saja. Kita juga bebas menentukan berapa lama waktu berinvestasi. Cukup klik langsung melalui satu aplikasi dalam ponsel.

Lakukan pendaftaran SID, Jual, Beli, dan Switch dengan satu aplikasi

Bila masih menjadi seorang pemula dalam dunia investasi, maka harus melakukan pendaftaran nomor SID atau Single Investor Identification yang dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Setelah memperoleh nomor SID, bisa langusng melakukan proses jual, beli, atau switch hanya dengan satu aplikasi saja.

Rekomendasi produk dengan 3 kategori

Sebelum membeli produk reksadana pasar uang, kita dapat melakukan riset mengenai bermacam jenis produk reksadana secara lengkap dan menyeluruh. Aplikasi digibank by DBS menyediakan fitur yang memudahkan dalam memilih produk tepat melalui rekomendasi 3 kategori produk, yaitu kategori kinerja terbaik selama satu tahun terakhir, kategori kinerja terpopuler yang dilihat berdasarkan hasil pembelian terbanyak dalam satu bulan terakhir, dan kategori scoring terbaik berdasarkan hasil penilaian selama satu tahun yang prosesnya dilakukan berkala setiap bulan.

Investasi mulai dari Rp 100 ribu

Bagi investor pemula yang masih belajar, tidak perlu khawatir harus mengeluarkan dana besar untuk mulai berinvestasi. Mulailah berinvestasi reksadana pasar uang dengan modal Rp 100 ribu saja melalui Aplikasi digibank by DBS.

Tersedia lebih dari 50 produk reksadana

Aplikasi digibank by DBS menawarkan lebih dari 50 produk pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan berdasarkan portofolio investasi, dan tentunya dana yang disediakan.


Baca juga: Perbedaan Investasi Obligasi dan Reksadana Pendapatan Tetap


Investasi reksadana pasar uang kini semakin mudah dengan layanan 100% digital, sehingga memungkinkan kita dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu repot-repot datang ke bank. Segera manfaatkan layanan Aplikasi digibank by DBS dan wujudkan impian membuat kanopi di rumah!


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)