5 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

No comments

Belakangan ini, bisnis rumahan semakin diminati oleh para ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, penghasilan yang didapat bisa digunakan untuk uang tambahan jajan anak, hingga menjadi pintu pemasukan utama dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. 


ide bisnis untuk ibu rumah tangga

Namun kendalanya, modal terkadang masih menjadi penghambat. Padahal, untuk urusan modal usaha ini sudah tidak sulit lagi. Karena banyak pinjaman usaha tanpa jaminan dari lembaga keuangan yang bisa dimanfaatkan. Ketemu yang tepat, pasti akan sangat membantu.


Baca juga: Manfaat Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif


Ya, zaman sudah mengalami perubahan. Kini lebih banyak perempuan memilih menjadi ibu rumah tangga dengan alasan agar lebih mudah menjaga anak-anak mereka dan mengurus rumah. Saya pun termasuk salah satunya. Tapi jangan salah, ibu rumah tangga pun juga bisa berdaya, aneka bisnis yang bisa dilakukan di rumah pun bisa mendatangkan keuntungan besar. Sudah banyak buktinya, bukan?



Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi ibu rumah tangga, selain urusan anak dan rumah, perekonomian keluarga juga merupakan hal utama. Itu sebabnya, bisnis rumahan menjadi tren yang bisa mendatangkan penghasilan besar tanpa harus meninggalkan rumah. Sebagai referensi, berikut ide bisnis rumahan menarik yang bisa menjadi pilihan ibu rumah tangga.


  • Asisten Virtual

Di era serba digital, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote, alias pekerjaan dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Salah satunya adalah asisten virtual. Secara umum, seorang asisten virtual membantu klien mengurus pekerjaan administrasi seperti menyusun jadwal kegiatan, mengirim atau membalas email, melakukan pembukuan, mengelola data perusahaan, dan lain sebagainya.


Modal utama tentu saja perangkat gadget dengan koneksi internet stabil, laptop atau komputer, serta tablet atau smartphone. Modal lainnya adalah kemampuan administrasi, komunikasi dalam bahasa asing, dan pemanfaatan internet serta media sosial.


Eits, jangan buru-buru pesimis bila belum punya pengalaman. Keterampilan ini bisa didapatkan melalui berbagai kursus dari lembaga bimbingan keterampilan kerja. Jika belum memiliki perangkat kerja, mengajukan pinjaman usaha tanpa jaminan di lembaga keuangan terpercaya perlu dipertimbangkan.


  • Reseller

Reseller atau penjual tangan kedua juga merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan keuntungan besar. Teman-teman saya sesama ibu rumah tangga pun banyak yang meraup pundi-pundi rupiah dari sini. Dengan bermodalkan smartphone saja, ibu bisa melakukan transaksi jual beli tanpa perlu repot memproduksi barang atau mengurus packaging hingga pengirimannya nanti. Semua proses ini sudah diatur oleh produsen atau distributor. Yang perlu dilakukan hanya mendaftar sebagai reseller dan mulai mempromosikan barang melalui media sosial.


Pilihan barang atau produknya pun beragam, bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari kosmetik atau skincare, buku bacaan anak, pakaian, barang branded, kebutuhan bayi dan balita, dan masih banyak lagi. Bisnis ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga karena memungkinkan dilakukan sambil menemani anak belajar dan bermain.


  • Tutor atau Guru Les Privat

Menjadi tutor atau guru les privat memungkinkan seorang ibu rumah tangga mengaplikasikan latar belakang pendidikannya. Ibu bisa memulainya di rumah dengan menggunakan ruang garasi atau ruang dalam yang dialihfungsikan.


Tutor online pun sangat bisa dijadikan pilihan lain yang menjajikan sejak digitalisasi semakin berkembang. Apalagi saat pandemi lalu, anak-anak usia sekolah sudah terbiasa belajar melalui ruang kelas virtual dengan bantuan internet. Ibu bisa mulai mem-branding diri sebagai tutor melalui media sosial atau menawarkan secara langsung di lingkungan perumahan. Setelah mendapat satu atau dua murid, biasanya akan mengajak teman mereka untuk belajar bersama.


  • Bisnis Makanan Beku

Makanan beku sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran bertahun-tahun lalu. Tapi bisnis frozen food rumahan menjadi booming sejak pandemi. Bisnis ini terbilang "gurih", karena banyak pembeli yang membutuhkannya. Tentu saja berkat alasan kepraktisan. 


Di awal bisnis, ibu cukup bermodalkan bagian freezer kulkas yang sudah ada di rumah. Namun saat usaha semakin besar, maka wajib membeli freezer dengan kapasitas lebih besar untuk menampung stok makanan beku yang pasti lebih banyak. Nah, untuk ini, ibu bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa jaminan untuk keperluan pengadaan freezer dan stok makanan beku dari produsen.


  • Content Creator

Ini yang paling kekinian. Mengunggah sesuatu di media sosial sudah bisa mendatangkan cuan. Berbekal kepercayaan diri, membuat konten-konten sesuai bidang yang diminati dan dipahami, skill pengambilan foto atau video, editing serta perangkat seperti smartphone.


Memanfaatkan berbagai media sosial untuk mengunggah konten yang dibuat tentu menjadi jalan utama. Pada awalnya, memang belum mendapatkan hasil berupa materi. Namun, seiring bertambahnya pendukung dan pengikut, tentunya dengan konten konsisten yang berkualitas, ibu bisa mendapatkan penghasilan atau barang dari berbagai perusahaan atau brand yang hendak dipromosikan.



Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa berpenghasilan sama sekali. Tidak perlu yang langsung besar, masih banyak pilihan bisnis modal kecil dengan keuntungan besar yang bisa ibu lakukan di rumah. Yes, saya setuju! 


Baca juga: Ketika Perempuan Bertoga Memilih Menjadi Ibu Rumah Tangga


Jika membutuhkan modal usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnis rumahan yang sudah dijalani, sangat bisa memanfaatkan fitur loan untuk pinjaman usaha tanpa jaminan dari Fazz Business. FYI, Fazz Business ini memberikan fasilitas modal usaha sampai dengan Rp 2 miliar! Proses pengajuan aplikasi pinjamannya cepat, mudah, dan sederhana. Hanya membutuhkan sedikit dokumen saja agar ibu bisa fokus menjalankan bisnis rumahan dan tidak membuang waktu lebih banyak. 


Yuk, Bu, mari berdaya dan terus berkarya dari rumah. Karena era ini, digitalisasi ini, sangat mendukung kita untuk tetap eksis dari rumah.

Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)