9 Urutan Pemakaian Body Care yang Efetif, Wajib Kamu Ikuti!

2 comments

Selain kulit wajah yang membutuhkan perawatan rutin dan khusus, kulit bagian tubuh juga penting lo untuk dijaga. Merawat bagian tubuh tidak cukup hanya dengan memakai sabun dan body lotion saja. Tetapi juga ada produk lain yang tetap harus diaplikasikan. Setuju?


9 Urutan Pemakaian Body Care

Setiap produk perawatan tubuh atau biasa disebut dengan body care ini, tentu memiliki kandungan yang berbeda sesuai fungsinya. Nah, agar hasil yang teman-teman dapatkan bisa maksimal, ada baiknya menggunakan dalam urutan yang tepat supaya kandungan produk berfungsi dengan baik.


Baca juga: Tidak Lagi Insecure, Atasi Jerawat dengan 3 Langkah Ini


Untuk mendapatkan kulit yang cerah, sehat, dan lembab, ini beberapa tips dan urutan body care. Tidak perlu langsung mencoba semua tahapannya, namun sesuaikan dengan kebutuhan kulit sendiri, ya.


1. Gunakan Body Scrub untuk Mengeksfoliasi

Sebelum mandi, ada baiknya melakukan eksfoliasi kulit terlebih dahulu dengan menggunakan body scrub atau lulur. Body scrub memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah. Body scrub juga bermanfaat untuk membantu body lotion agar dapat menyerap secara maksimal nantinya dan membuat kulit lebih halus. Gunakan produk eksfoliasi 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

2. Bersihkan Tubuh dengan Sabun Mandi

Supaya sisa eksfoliasi tidak menempel, tahap selanjutnya adalah membersihkan tubuh dengan body wash atau sabun mandi. Gunakan sabun mandi yang lembut, tidak menimbulkan iritasi, serta bermanfaat untuk menenangkan dan menghidrasi kulit.

Perhatikan juga komposisi bahan yang terkandung di dalamnya. Hindari produk yang mengandung pewarna, parfum, dan sodium lauryl sulphate karena akan membuat kulit menjadi lebih kering. Jika ingin mencerahkan kulit, pilihlah sabun mandi yang mengandung susu kambing dan bahan-bahan alami lainnya.

3. Gunakan Body Serum

Body serum memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit mati agar terlihat lebih sehat, kencang, dan terhindar dari penuaan dini. Produk body serum dengan vitamin C sudah banyak berbedar di pasaran, yang ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang kusam. Jika dibandingkan dengan lotion, body serum punya manfaat yang jauh lebih banyak dan bekerja lebih cepat dari produk perawatan kulit lainnya. Apalagi jika mengaplikasinya di malam hari sebelum tidur.

4. Mencukur Rambut Halus

Mencukur rambut halus sebaiknya dilakukan setelah mandi. Karena setelah mandi, kulit menjadi lebih lembap dan hangat, sehingga rambut halus lebih mudah dicukur karena pori-pori tubuh terbuka lebar. Ditambah lagi kandungan minyak yang akan berkurang setelah mandi, jadi tidak akan menyumbat kinerja pisau cukur. Bisa juga sih mencukur sebelum mandi, tapi jangan lupa untuk membasahi kulit tubuh dulu supaya tidak luka.

5. Lembabkan Kulit dengan Lotion

Sebenarnya setelah mandi, kelembapan kulit berkurang karena memakai sabun mandi. Agar kulit tetap terhidrasi, jangan lupa memilih produk lotion yang tepat. Gunakan produk lotion yang mengandung asam hyaluronat dan ceramides karena keduanya dipercaya ampuh untuk mencerahkan dan melembapkan.

6. Gunakan Sunblock

Sebelum keluar rumah, gunakan sunscreen pada wajah dan sunblock pada kulit tubuh. Sunblock berfungsi untuk mencegah timbulnya flek hitam pada kulit dan juga melindungi dari paparan sinar UV, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko terkena kanker kulit. Caranya, aplikasikan sunblock SFP 15 setidaknya 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah agar khasiatnya bekerja dengan maksimal.

7. Semprotkan Body Mist

Sebaiknya gunakan body mist untuk tubuh dari pada menggunakan parfum. Dalam urutan body care rutin, bisa langsung menyemprotkan body mist setelah menggunakan lotion supaya wanginya tahan lama.

8. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Hal ini jangan sampai terlewat, soalnya penting diperhatikan sebelum menggunakan body care. Coba seusaikan dengan jenis kulit teman-teman. Contohnya, jika memiliki kulit kering, tapi menggunakan body care untuk kulit berminyak, tentu hasil yang didapat tidak maksimal.

9. Perhatikan Komposisi Bahan

Produk yang memiliki izin edar BPOM, belum tentu aman untuk teman-teman gunakan. Karena tidak semua kulit akan cocok dengan bahan yang terkandung pada produk perawatan tersebut. Misalnya jika punya kulit sensitif, lebih baik menghindari produk body care yang mengandung alkohol. Selain itu. ada juga komposisi produk yang tidak cocok untuk semua umur.

Tapi tenang, kini sudah ada body care aman untuk teman-teman gunakan seperti Naturally Speaking Joy Mangosteen Refreshing Body LotionProduk ini tidak lengket di kulit saat digunakan dan memiliki ciri khas aroma yang bikin penggunanya serasa memakai parfum.


Baca juga: Rekomendasi Celana Jeans Pria, Modis dan Stylish!


Itulah tahapan memakai rangkaian perawatan tubuh yang dapat menjadi referensi. Jadi tidak kebalik-kebalik agar hasil yang didapat bisa sesuai harapan. Pastikan juga mengaplikasikannya dengan rutin.


Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Iyeees beneeer. Aku juga ga hanya pakai lotion buat perawatan badan. Tapi hrs komplit mulai dari scrub, sabun, lulur, body serum, body lotion atau sunscreen mist. Walopun beberapa produk tidak dipakai setiap hari, tp tetep aja selalu tersedia di kamar mandi.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)