Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024, Ikut Bimbel di Brain Academy!

No comments
Sepengetahuan dan sepengalaman saya, yang lulus SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), bahkan dari bernama SPMB di zaman saya dulu, yang lolos, pasti yang mempersiapkan dirinya dengan matang. Bijak memilih jurusan dan universitas, menggali informasi apa pun mengenai pelaksanaan seleksi, hingga memilih bimbel persiapan UTBK SNBT 2024 dengan fasilitas persiapan jitu dan profesional.

Bimbel persiapan UTBK SNBT 2024

Tahun ini, UTBK SNBT 2024 sudah semakin dekat. Bersyukur bila sukses menembus jalur prestasi di SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dengan nilai rapor, portofolio, dan ukiran prestasi. Tapi jangan sampai hanya mengandalkan peluang tersebut. Mulai dari sekarang, persiapkan juga diri untuk menghadapi SNBT. 


Persiapan diri ini tidak bisa hanya seminggu atau dua minggu mendekati jadwal tes, namun butuh waktu lebih panjang agar materi yang diujikan dapat dibahas menyeluruh dan dipahami tuntas. Apalagi tesnya kini bukan lagi berdasarkan mata pelajaran, namun dikelompokkan dalam 2 tes, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Sebelumnya mari ketahui dulu informasi pelaksanaan UTBK SNBT 2024 yang telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) 


Informasi Penting UTBK SNBT 2024

Informasi Penting UTBK SNBT 2024

Dari laman resmi Kemdikbudristek, SNBT tahun 2024 memiliki beberapa ketentuan yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa baru. Berikut poin-poinnya.

  • Bagi yang sudah lolos SNBP, tidak bisa lagi mendaftar UTBK SNBT atau Jalur Mandiri di universitas mana pun.
  • Begitu pula bagi yang lolos SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN (Perguruan Tinggi Negeri)  yang dituju, tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN mana pun
  • Hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja.
  • Kuota minimum jalur SNBT masing-masing PTN adalah 40 persen, kecuali PTN Badan Hukum (PTNBH), minimum 30 persen.
  • Peserta yang dapat mengikuti UTBK adalah siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 pada tahun 2024 atau peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). Selain itu, siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). 
  • Peserta Jalur SNBT boleh memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 pilihan program akademik (sarjana) dan 2 pilihan program vokasi (diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan).

Untuk tes yang diujikan adalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu Potensi Skolastik dan Tes Literasi. 

Tes Potensi Skolastik (TPS) menguji kemampuan berpikir, khususnya kemampuan memahami dan bernalar. Tes ini terdiri dari empat subtes, yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. 

Tes Literasi mengukur kemampuan memahami, mengolah, dan menggunakan sebuah informasi untuk kecakapan hidup. Terdiri dari 3 subtest, yaitu Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.


Tes-tes tersebut akan dikemas dalam tiga model soal.
  1. Soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E).
  2. Soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban.
  3. Soal melengkapi rumpang (soal isian).

Catat tanggal-tanggalnya!
26 Maret 2024, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.
30 April 2024 dan 02-07 Mei 2024, pelaksanaan UTBK gelombang satu.
14-20 Mei 2024, pelaksanaan UTBK gelombang dua.
13 Juni 2024, pengumuman hasil seleksi jalur SNBT.
17 Juni-31 Juli 2024, masa unduh sertifikat UTBK.
Sumber: kemdikbud.go.id

Untuk memberikan hasil terbaik, di mana tujuannya adalah lolos di jurusan dan universitas pilihan, tidak mungkin tanpa persiapan dan strategi apa-apa. Dengan mengetahui informasi penting mengenai pelaksanaan  UTBK SNBT 2024 ini, setidaknya dapat menjadi landasan untuk memetakannya dari sekarang.


Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024 dengan Ikut Bimbel Brain Academy

Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024 dengan Ikut Bimbel Brain Academy

Bila mengetikkan kata kunci "tips menghadapi UTBK SNBT' di mesin pencari, banyak sekali artikel yang membahasnya. Semua tentu baik dan pasti menjadi jalan yang memang dibutuhkan agar siap menjawab soal-soal dan lolos. 

Beberapa tips yang saya highlight adalah sebagai berikut. Rasanya harus dilakukan oleh calon peserta UTBK SNBT supaya jelas langkah-langkah yang akan dilakukan. Sekali lagi, prosesnya tidak instan ya, Bestie.

🌸 Riset Jurusan dan Perguruan Tinggi

Tidak bisa cap cip cup, pilih jurusan dan universitas mesti diawali dengan survei terlebih dahulu. Tidak mesti juga harus cepat, mumpung masih tersedia waktu untuk memutuskan. Sebaiknya sesuaikan dengan minat dan kondisi masing-masing mengacu pada referensi yang telah dikumpulkan. Makin banyak referensi, semakin mudah pula memetakan.

🌸 Ikuti Perkembangan Informasi UTBK SNBT 2024
Harus terus memantau informasi di sumber tepercaya agar tidak ketinggalan. Setiap tahapnya pasti ada jadwal, jadi kalau terlewat bisa berbahaya. Kan sayang sekali. Pelajari juga mekanisme dan syarat pelaksanaan, jenis tes dan model soal, serta apa pun yang terkait tes. 

🌸 Berlatih dan Ikut Try Out

Konsisten berlatih dengan membaca materi, kisi-kisi soal, contoh soal tahun lalu, dan jangan lupa mengikuti try out agar dapat mengukur kemampuan. Kira-kira mana yang masih kurang, inilah yang difokuskan untuk ditingkatkan. Apakah nilainya sudah memenuhi batas lulus program studi yang dipilih atau belum, atau evaluasi lain agar semakin siap menghadapi tes yang sebenarnya nanti.


Ketiga tips utama ini sangat bisa dipraktikkan dengan baik bila didampingi oleh tenaga profesional dan kompeten di bidangnya dengan mengikuti bimbel atau bimbingan belajar khusus untuk UTBK SNBT. Program bimbel ini biasanya sudah dikonsepkan sedemikian rupa agar dapat menghadapi UTBK SNBT dengan maksimal. Jadi calom mahasiswa yang akan mengikuti tes tidak perlu pusing-pusing memikirkan harus mulai dari mana, kira-kira soalnya seperti apa, bagaimana trik menjawab soal-soal, serta update informasi pelaksanaan tesnya. 

Rekomendasi bimbel persiapan UTBK SNBT 2024 yang bisa menjadi pilihan adalah Brain Academy by Ruangguru. Bukan asal merekomendasikan, karena banyak nilai plus yang diberi dengan fitur-fitur unggulan sebagai strategi suksesnya. 

Testimoni Brain Academy by Ruangguru
Sumber: https://www.brainacademy.id/sma/utbk-snbt

✅ Atur Target - Menemukan program studi impian sesuai dengan potensi dengan tes minat bakat, informasi kampus dan program studi, serta membuat strategi dengan konselor.
✅ Belajar Intensif Soal SNBT - Menguasai materi dengan mengikuti kelas dan menonton video. Tersedia 10 sesi live teaching per minggu membahas soal SNBT terbaru, konsultasi soal atau materi sulit bersama guru lewat Sesi Tutor, serta ada 78.000+ video ADAPTO yang bisa menyesuaikan kecepatan belajar.
✅ Latihan Soal - Mengasah pemahaman dengan mengerjakan latihan. Dilaksanakan try out hingga 30 kali per tahun, soalnya sesuai dengan ketentuan seleksi terbaru, serta tanya jawab soal sulit dengan teman dan guru di forum Sharing Soal.
✅ Pantau Progres - Mengevaluasi target dan strategi dari perkembangan belajar dengan diberikannya  laporan belajar bulanan, riwayat dan grafik try out, hingga analisis peluang lolos UTBK-SNBT.

Dengan bimbingan sedetail dan selengkap ini, tentu sangat ampuh menyokong keberhasilan tes yang pelaksanaannya hanya tinggal beberapa bulan lagi. Benar-benar oke kan persiapan yang diberikan selama bimbel UTBK-SNBT di Brain Academy?

Istimewanya lagi, cabang Brain Academy sudah tersebar di berbagai kota dengan total 235 cabang!  Mulai dari Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku dan Papua.

So, teman-teman bisa mencari lokasi Brain Academy terdekat untuk segera mempersiapkan diri menghadapi UTBK-SNBT 2024.  Jangan ditunda-tunda dan manfaatkan kesempatan yang tersisa ini, karena semakin matang persiapannya, tentu semakin baik pula hasilnya. Betul, kan?


Spill harganya, untuk kelas online dimulai dari Rp 311.000/bulan, dan untuk kelas offline Rp 394.000/bulan.

Ya, bimbel di Brain Academy memang memberi kebebasan untuk memilih online atau offline. Tentunya dengan rancangan yang sama-sama fokus dan memberi hasil maksimal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website resminya di https://www.brainacademy.id/branch dan https://www.brainacademy.id


Semoga bermanfaat dan lolos UTBK SNBT 2024. Semangat!

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)