Header Ads

Tips agar Tetap Fit Bekerja saat Hamil


Tetap fit saat bekerja walaupun dalam kondisi hamil sangat diperlukan agar pekerjaan yang dilakukan dapat selesai dengan baik. Hamil memang sangat menyita energi dan mengganggu konsentrasi, apalagi saat trissmester awal yang dihadapkan dengan mual muntah, dan trisemester akhir yang sering dilanda rasa pegal, begah dan rasa kurang nyaman lainnya. 

Saat hamil anak pertama, aku masih bekerja di salah satu instansi pemerintahan. Memang kondisi tubuh saat hamil tidak sekuat biasanya. Pekerjaan yang biasanya bisa diselesaikan dengan mudah, berbeda jauh pada saat hamil, pekerjaan yang sama terasa lebih berat dan bahkan tidak terselesaikan tepat pada waktunya. 
Akhirnya aku menjalankan beberapa tips yang ampuh untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga dapat bekerja dengan baik.

Jangan Memaksakan Diri
Sesehat apapun tubuh saat hamil, tetap tidak bisa disamakan dengan kondisi tubuh orang normal. Berbagai perubahan yang terjadi, tentu saja berdampak kepada batas maksimal energi yang mampu dikeluarkan. Kerjakanlah pekerjaan kantor semampunya dan mintalah keringanan kepada atasan jika memang benar-benar membutuhkannya. Memaksakan diri berpura-pura kuat akan berdampak buruk bagi tubuh ibu hamil. Lagian siapa juga yang tega memarahi seorang ibu hamil?

Minum Air Putih yang Cukup
Walaupun mual, begah, dan berbagai keluhan lainnya membuat kita tidak berselera untuk minum air putih, tapi paksakan saja agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minum air hangat bisa menjadi pilihan karena lebih ramah di mulut dan perut yang mual.

Jangan Biarkan Perut Lapar
Mual dan muntah memang menjadi teman keseharian ibu hamil di trisemester awal kehamilan. Tapi jangan sampai membiarkan perut kosong tidak terisi makanan sama sekali karena itu akan menambah parah rasa mual yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung. Makanlah dalam porai kecil, tapi sering. Sediakan juga cemilan di meja kerja agar tidak lupa untuk mengisi perut disela kesibukan.

Membaringkan Tubuh atau Tidur saat Istirahat Siang
Usahakan membaringkan tubuh sejenak atau kalau bisa tidur siang 30 menit saja. Memanfaatkan ruangan menyusui untuk merebahkan tubuh bisa menjadi pilihan tepat. Dengan beristirahat sebentar saja, tenaga akan pulih kembali dan siap untuk melanjutkan pekerjaan.


Baca juga:

Tips Hamil Bayi Laki-Laki dan Bayi Perempuan
Kenapa Sih Memilih Melahirkan Secara Sesar? Inilah Beberapa Alasannya
Review Buku "Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun
Review dr. Dewi Rumiris, SPOG
Kecemburuan Si Kakak Setelah Mempunyai Adik

Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman
Jika sebelum hamil yang diutamakan adalah penampilan maksimal, beda halnya disaat hamil. Kenakanlah pakaian yang longgar dan nyaman, tapi masih dalam style busana kantor. Jangan lupa, gunakan juga sepatu yang tidak berhak tinggi untuk menghindari resiko terjatuh. Pokoknya utamakanlah kenyamanan dalam hal berpakaian.

Minum Susu dan Vitamin
Minum susu jenis apa saja dan vitamin yang diresepkan dokter khusus untuk ibu hamil sangat membantu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Disamping mencukupkan nutrisi dari makanan bergizi, minum susu dan vitamin juga tidak kalah penting. Biasanya dokter kandungan akan meresepkan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil sesuai dengan usia kandungan.

Semoga bermanfaat :)



4 comments:

  1. Perjuangan banget ya untuk wanita karir yang hamil anak pertama. Salam hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan banyak adaptasinya sama kondisi tubuh sendiri 😅
      Salam hangat juga 😊

      Delete
  2. pasti perjuagan banget ya, 9 bulan ngelakuin rutinitas.masih ini itu dan lainnya. Pantes surga itu di telapak kaki ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 😅
      Setelah anaknya lahir, perjuangannya makin luar biasa hehe

      Delete