Review Scarlett Acne Essense Toner: Cepat Atasi Jerawat Meradang dan Kurangi Minyak Berlebih

Review Scarlett Acne Essense Toner

Annyeong.

Sesama pejuang jerawat mana suaranya!


Memang jerawat ini susah sekali dibasmi. Apalagi punya keturunan berjerawat, seperti sudah mendarah daging. Tapi alhamdulillah, setelah tiga bulan pemakaian rutin Scarlett Acne Series, wajahku mulai membaik. Tidak menuntaskan 100%, namun benar-benar sudah jauh membaik. Jerawat masih muncul ketika jadwal datang bulan tiba, tetapi peradangannya bisa ditangani berkat produk Scarlett yang khusus untuk kulit berjerawat ini. Jerawat cepat hilang dan bekasnya juga cepat memudar. Bukan iklan, lo. Ini pengalaman.


Karena cocok, aku menjadi antusias untuk terus mengamati produk-produk baru dari Scarlett, tentunya yang bisa memaksimalkan pengontrolan jerawat. Persembahan terbaru dari Scarlett adalah Acne Essence Toner. Penasaran, akhirnya aku coba untuk melengkapi produk skincare yang sudah lebih dulu aku gunakan. 



Pentingnya Memakai Toner

Manfaat toner
Toner menyehatkan kulit wajah | Foto: freepik.com

Toner? Apa sih manfaatnya? Memangnya sabun cuci muka, serum dan cream saja tidak cukup? Bagi yang belum tahu manfaat toner, tooss! Pertanyaan inilah yang berputar-putar di otak sebelum aku memutuskan memakai Scarlett Acne Essense Toner. Takutnya malah buang-buang uang dan capek-capek memakai saja. 


Tapiii...toner ternyata penting untuk kesehatan kulit wajah!


Siapa sih yang tidak ingin kulit wajahnya sehat? Sehat tetaplah yang paling utama, karena kalau wajah sehat, tentu kecantikan terpancar dengan sendirinya. Bukti bahwa kulit wajahku masih memunculkan jerawat, berarti masih ada hal yang membuatnya belum sehat sempurna. Nah, salah satu yang bisa membantu adalah rutin menggunakan toner.


Setelah mencari informasi di Internet, bukan hanya beauty blogger atau vlogger yang membahas mengenai toner wajah, namun juga website kesehatan dan informasi ternama. Hal ini karena toner memang diakui menyehatkan. Bersumber dari beberapa artikel kesehatan, berikut beberapa manfaat toner untuk kulit.

🌸 Menyeimbangkan PH Kulit di skala optimal yaitu 5,5

🌸 Melembabkan kulit

🌸 Mengangkat sisa kotoran yang belum tersapu bersih oleh sabun cuci muka

🌸 Mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat

🌸 Memperbaiki lapisan pelindung kulit


Intinya, toner akan membersihkan kulit dari kotoran dan pengaruh bahan-bahan berbahaya seperti polusi atau residu kimia. Selanjutnya toner akan memberikan nutrisi dan melindungi kulit agar kesehatannya terjaga. Keadaan kulit yang bersih dan ternutrisi akan menjadikannya lebih siap menerima perawatan selanjutnya. Jadi toner juga berperan untuk memaksimalkan pemakaian produk perawatan yang lain seperti serum dan cream yang akan dipakai setelahnya. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan toner bila ingin kulit tetap sehat. 


Masih yakin enggak mau pakai toner? Untuk mendapatkan hasil maksimal dari toner, tentu harus disesuaikan dengan jenis kulit.  Misalnya aku dengan masalah jerawat, tentu toner yang paling tepat adalah toner yang menyertakan bahan-bahan penghilang jerawat. Salah satunya adalah Acne Essense Toner sebagai skincare series khusus jerawat dari Scarlett.


Baca juga: Pengalaman Memakai Face Care SCARLETT ACNE SERIES : Atasi Jerawat Tanpa Breakout



Lengkapi Pemakaian Scarlett Acne Series dengan Acne Essense Toner 

Scarlett Acne Series
Scarlett Acne Series

Sebelumnya, aku sudah menggunakan Scarlett Acne Series yang terdiri dari sabun cuci muka, Acne Series dan Acne Cream. Sebulan ini juga ditambah dengan Glowtening Serum yang pemakaiannya bisa digandengkan dengan Acne Seris tanpa khawatir mengurangi keefektifannya. Malah semakin membuat wajah cerah tanpa takut jerawat bertambah. Sejauh ini aku puas sekali karena menemukan produk yang cocok. 


Jerawat seperti dibasmi berlapis-lapis, mulai dari pemakaian Acne Serum, Acne Essence Toner dan Acne Cream. Namun tetap terasa ringan di wajah.


Setelah mengetahui manfaat toner bagi kesehatan kulit wajah, aku semakin yakin untuk menambahkan satu lagi skin care yang mesti dipakai rutin. Alasan inilah yang akhirnya membuatku tidak keberatan sama sekali menggunakan Scarlett Acne Essense Toner meski sudah ada tiga produk yang harus dioleskan dalam satu waktu. Tentunya sebagai upaya agar hasil pemakaian yang  didapatkan bisa lebih maksimal lagi.



Kandungan Acne Essense Toner dan Cara Pemakaiannya

Kandungan Scarlett Acne Essense Toner
Kandungan Scarlett Acne Essense Toner diramu khusus untuk kulit berjerawat

Sebagai wanita yang sebenarnya tidak terlalu mengerti tentang bahan-bahan yang sering digunakan dalam produk kecantikan, aku harus lebih banyak mencari tahu sebelum membeli. Untungnya, Scarlett Acne Essense Toner ini mengandung bahan-bahan yang sangat peduli akan kebutuhan kulit berminyak, rentan berjerawat dan sensitif. 

Scarlett Acne Essense Toner

Zink Sebum, meminimalkan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat.

Green Tea Water dan Tea Tree Water, sifat antimikrobanya mampu mengobati jerawat.

Phyto Squalene, sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Mugwort Hydrosol, melindungi, menutrisi dan menghidrasi kulit.

Vitamin C, meningkatkan produksi kolagen.

Ginkgo Extract, meningkatkan kelembaban dan kehalusan kulit.

Succinic Acid, mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum (zat berminyak yang dihasilkan kulit)

Gluconolactone, mengangkat sel kulit mati, membentuk permukaan kulit serta membuat kulit lebih halus dan merata.


Dari semua kandungan utama tersebut, ada salah satu bahan yang ternyata cukup menghebohkan, yaitu Mogwart. Jadi Mogwart ini merupakan tanaman herbal asal Korea yang sudah turun temurun digunakan untuk perawatan kulit. Bukan hanya menghidrasi kulit, Mogwart juga memberi manfaat anti-bakteri, anti-inflamasi, mengatasi bruntusan dan mencegah iritasi. Nah, Scarlett Acne Essense Toner membawa bahan berkhasiat ini ke Indonesia lalu memasukkannga sebagai salah satu bahan utama yang mampu memaksimalkan pembasmian jerawat. Makin bikin penasaran, 'kan?


Sama seperti produk perawatan lain, pastikan menggunakan Scarlett Acne Essense Toner setelah mencuci bersih seluruh wajah. Kemudian tuangkan secukupnya ke telapak tangan, lalu usapkan dan tepuk-tepuk lembut secara merata ke seluruh wajah sampai meresap sempurna. Berhubung menggunakan botol pump, kalau aku cukup dua kali pump saja. Bila ingin menggunakan kapas juga boleh. Namun aku pribadi lebih memilih tanpa kapas karena alasan kepraktisan dan lebih ramah lingkungan.


Bila diurutkan berdasarkan seluruh produk Acne Series yang aku gunakan, langkah-langkahnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Scarlett Acne Essense Toner

Scarlett Acne Essense Toner aman enggak sih? Tenang, Scarlett memastikan bahwa produk ini aman digunakan tanpa perlu khawatir dengan bahan-bahan yang membahayakan kulit. Scarlett Acne Essense Toner sudah teregistrasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, tidak melakukan uji coba pada binatang dalam proses produksinya serta dijamin bebas merkuri dan hidroquinon. Pihak Scarlett juga menyatakan bahwa Scarlett Acne Essense Toner aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Namun tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Scarlett Acne Essense Toner

Kandungan dan keamanan Scarlett Acne Essense Toner yang lengkap, seolah memberi harapan baru bagi para pejuang jerawat seperti aku, untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih. Sebenarnya tidak terlalu berharap untuk menjadi semulus dan se-glowing bintang Korea, bisa memusnahkan jerawat plus bekasnya tanpa membuat wajah kusam saja sudah sangat membahagiakan. Melihat perkembangan wajah setelah menggunakan produk Scarlett Acne Series terdahulu plus Acne Essense Toner, aku semakin optimis bahwa keinginan itu mungkin sekali terjadi (pejuang jerawat pasti paham rasanya gimana, hiks).


Baca juga: Scarlett Glowtening Serum Bisa Dikombinasi dengan Acne Series, Wajah Makin Cerah Tanpa Khawatir Jerawat Bertambah



Hasil Pemakaiannya Gimana? 

Hasil Pemakaian Scarlett Acne Essense Toner
Scarlett Acne Essense Toner atasi peradangan jerawat dengan cepat

Baiklah, aku akan membahasnya berurutan mulai dari awal pemakaian hingga sekarang setelah satu minggu pakai. Pertama kali melihat kemasannya, ternyata lumayan besar. Walau sudah tahu isinya 100 ml, tapi setelah melihat di depan mata, langsung terbersit "Bisa awet lama nih!"


Warnanya lembut dan eye catching sekali. Ungu muda dengan bola-bola putih kecil di dalamnya. Belum dipakai saja sudah bikin tentram, hehe. Tekstur toner sangat encer, hampir sama dengan air putih biasa. Namun perbedaannya mulai terasa saat diusap ke wajah, ada sedikit kekentalan karena memang banyak kandungan lain didalamnya. Botol pump juga sangat memudahkan ketika menuang toner ke telapak tangan, jadi tidak tumpah ke mana-mana. 


Setelah diusapkan ke wajah, aroma wanginya sangat tipis, nyaris hampir tidak tercium. Bagiku pribadi, ini sangat menyamankan karena dapat menyeimbangkan aroma treatment selanjutnya. Soalnya serum dan cream sudah punya aroma sendiri, andai ditambah lagi dengan aroma toner yang kuat, pasti wanginya terlalu menyengat dan bercampur aduk. Bahkan dari sisi aroma, Scarlett memperhatikan detail seperti ini.

Tekstur Scarlett Acne Essense Toner
Tekstur Scarlett Acne Essense Toner bening seperti air

Penyerapannya cepat, walau tidak secepat serum. Ketika mengusap dan menepuk lembut toner pada wajah, akan sedikit lengket (lengket wajar). Namun tunggu saja beberapa saat, lengket tersebut akan perlahan menghilang seiring dengan toner yang semakin meresap sempurna ke kulit. Ada kesan mint atau dingin juga, paling terasa pada bagian hidung dan atas bibir. Membuat wajah seketika menjadi segar. Walau setelah itu masih ada tiga treatment yang harus aku usapkan lagi ke wajah, tetap saja perpaduan seluruhnya terasa sangat ringan seperti tidak memakai apa-apa.


Hasilnya bagaimana? T.O.P be-ge-te!

Dari pemakaian pertama, sudah ada hasil yang aku rasakan. Sadarnya karena kebiasaan anak bungsu yang suka memencet jerawat besar di wajahku ketika akan tidur malam. Sebelumnya, jerawat besar dan merah akan sangat sakit ketika tersentuh, apalagi dipencet. Setelah memakai toner, jerawat tidak terlalu sakit ketika dipencet-pencet anakku. Rasa gatal dan nyut-nyut juga tidak terasa. Wah, daebak! Enggak rugi membeli Acne Essense Toner!


Kekaguman ini juga berlanjut saat pagi hari setelah bangun tidur. Ketika mencuci wajah, bisanya ada minyak-minyak yang harus dibersihkan dengan sabun. Namun setelah menggunakan Acne Essense Toner, minyak ini benar-benar banyak berkurang. Padahal minyak merupakam masalah yang selalu menjadi sahabat karib kulit berjerawat. Tidak menyangka hasilnya bisa aku rasakan secepat ini. 


Setelah satu minggu pemakaian, keluhan minyak dan jerawat meradang sudah minimal sekali aku rasakan. Mungkin betul apa yang dituliskan oleh banyak artikel kesehatan, toner memang sangat menyehatkan dan memaksimalkan acne treatment yang lain, khususnya serum. Walau jerawat besar yang baru masih tumbuh satu-satu, tapi dalam satu malam saja sudah bisa mengempes dan tidak memerah.


Sudah pasti aku akan terus melanjutkan pemakaian Scarlett Acne Essense Toner bersama dengan produk Acne Series yang lain. Malah tidak mungkin untuk ditinggalkan barang sehari setelah merasakan betul keefektifannya.



Harga dan Cara Membeli Acne Essense Toner

Scarlett Acne Essense Toner
Membeli Scarlett Acne Essense Toner melalui Shopee
Semua produk face care Scarlett berharga Rp 75.000,- per produknya. Menurutku ini tidak mahal bila dibandingkan dengan hasil yang aku dapatkan setelah pemakaian rutin Scarlett Acne Essense Toner dan Scarlett Acne Series lainnya. Karena aku biasa berbelanja melalui Scarlett Whitening Official Shop di Shopee, harga ini bisa lebih murah lagi bila ada diskon, promo atau membelinya dalam bentuk paketan. Pastikan memilih yang warna ungu untuk produk Scarlett khusus kulit berjerawat, ya!

Bila ingin tahu lebih banyak mengenai Scarlett Acne Essense Toner dan produk Scarlett lainnya, bisa langsung kunjungi akun official Instagram Scarlett di @scarlett_whitening. Banyak sekali informasi produk yang selalu up to date. Bagi yang tertarik menggunakan Scarlett Acne Essense Toner juga atau produk Scarlett lainnya, bisa langsung diorder melalui:

Line (@scarlett_whitening),
Shopee : Scarlett_Whitening,
Shopee Mall: Scarlett Whitening Official Shop, dan
WhatsApp (0877-0035-3000)

Pastikan membeli produk Scarlett yang original dan berstiker hologram agar hasil yang didapat sesuai dengan harapan. Sudah ada empat cara order yang bisa dipilih, yang sudah pasti akan mengirim produk original sesuai pesanan. Pengemasannya rapi dan aman dengan buble wrap super tebal serta kardus khusus Scarlett. Jadi produk akan tetap terjaga selama proses pengiriman. Dapat stiker lucu juga, lo!


Yuk, sharing pengalaman kamu menggunakan Scarlett Acne Essense Toner atau produk Scarlett lainnya di kolom komentar!


Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)