Resep Donat Sederhana, Empuk, Lembut dan Mengembang Tanpa Mixer

Foto asli donat buatan sendiri dengan resep ini tanpa rekayasa dan editan

Dilansir dari id.wikipedia.org
Donat (doughnut atau donut dalam bahasa Inggris) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigugulatelur, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isian manis, seperti selaijellykrim, dan custard.

Semenjak diberlakukannya Work from Home (WFH), memasak cemilan sendiri menjadi aktifitas baru favorit ibu-ibu untuk mengisi waktu, termasuk aku. Dengan memasak makanan harian sendiri, aku menjadi lebih tenang karena terjaminnya kebersihan makanan yang dikonsumsi anggota keluarga. Soalnya aku lumayan khawatir untuk memesan makanan via ojek online di tengah pandemi seperti ini. Jika bisa membuatnya sendiri, kenapa harus dibeli? Lebih hemat dan lebih sehat tentunya.

Salah satu cemilan atau kue yang mudah dan cepat dibuat namun rasanya tetap enak dan disukai semua orang adalah donat. Tidak heran jika banyak foto donat homemade yang diunggah di media sosial. 

Berikut ini resep donat yang aku praktekkan beberapa hari lalu dan dijamin sukses. Resep ini ditulis oleh Ida Nurmawati di laman atau aplikasi Cookpad. Sudah ratusan orang yang mencobanya dan berhasil. Cuma ada sedikit penambahan takaran pada salah satu bahannya saja.


- RESEP DONAT -

BAHAN

500 gr tepung terigu protein tinggi (me : cakra kembar)
250 ml air hangat
6 sdm gula pasir
2 butir kuning telur
100 gr margarin, cairkan dan dinginkan (me : blueband serbaguna)
2 sdt ragi instant (me : fermipan)
Minyak untuk menggoreng
Gula halus atau topping sesuai selera

CARA MEMBUAT

  1. Masukkan 250 ml air hangat ke dalam wadah. Kemudian masukkan 5 sdm terigu, gula dan ragi. Aduk rata dengan sendok. 
  2. Masukkan setengah terigu dan uleni sampai setengah kalis. 
  3. Masukkan kuning telur, susu dan margarin. Uleni sebentar sampai tercampur rata.
  4. Masukkan sisa terigu dan uleni sampai kalis (tidak lengket di tangan).
  5. Tutup dengan kain lembab dan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat (45 - 60 menit). Pastikan wadah yang digunakan berukuran besar agar adonan tidak menempel di kain saat mengembang.
  6. Kempiskan adonan dan uleni sebentar. Bagi adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu bulatkan. Taruh diatas loyang yang sudah diolesi tepung merata agar tidak lengket. Diamkan lagi sekitar 15 - 20 menit hingga mengembang.
  7. Panaskan minyak untuk menggoreng. Lubangkan bagian tengah bulatan adonan dengan jari telunjuk, sumpit atau tusuk sate yang diputar, lalu langsung dimasukkan ke dalam minyak. Goreng dengan api kecil dan cukup dibalik sekali saja. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Taburi dengan gula halus atau beri topping sesuai selera.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.


No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)