Resep Pie Susu, Nggak Nyangka Bikin Pie Susu Segampang Ini!

Pie susu adalah kue manis dengan pinggiran renyah menyerupai mangkok tipis dengan isian lembut rasa susu di tengahnya. Di Indonesia, pie susu merupakan makanan khas Bali yang menjadi oleh-oleh wajib para wisatawan. 

Teringat saat kerja dulu, betapa seringnya aku meminta dibawakan oleh-oleh pie susu jika ada rekan kerja yang dinas ke Bali. Setelah resign pun, aku masih tetap meminta hal yang sama kepada suami jika beliau di tugaskan ke Bali. Saking sukanya, memakan pie susu ini harus di hemat-hemat supaya tidak cepat habis. Masalahnya dalam satu kotak hanya berisi beberapa bungkus kecil saja. Jika menuruti hawa nafsu makan yang luar biasa ini, dalam sekali cemil aku bisa menghabiskan satu kotak pie susu.

Tapi itu dulu. Semua tinggal kenangan setelah aku berhasil membuat pie susu (hasil nyontek dari akun Instagram @bungarosvita yang pakai resep dari @yackikuka) berdiameter 30 cm dengan isian berlimpah dan bisa dimakan sepuasnya. Ternyata bikinnya semudah itu, guys! Bahannya mudah didapat, harganya bersahabat, tidak banyak macam, tidak perlu mixer, tidak butuh oven, tidak pakai lama, dan yang pasti hasilnya yummy

Pie Susu homemade (foto tanpa filter)

PIE SUSU TEFLON

Bahan 

Kulit :
10 sdm terigu
5 sdm margarin (me : Blueband mentega serbaguna)
2 sdm susu kental manis

Isi :
10 sdm air
2 sdm maizena
2 butir telur
12 sdm susu kental manis

Cara membuat

Kulit :
Aduk terigu dan margarin dengan garpu sampai bergerindil. Masukkan susu kental manis dan aduk lagi hingga menjadi adonan (me : ngaduknya pakai tangan biar cepat). Kemudian tata adonan kulit di teflon seperti kulit pie susu pada umumnya. Sisihkan.

Isi :
Aduk air dan maizena. Masukkan telur, kocok sampai tercampur rata. Terakhir, masukkan susu kental manis dan aduk rata. Tuang adonan ke atas kulit sambil disaring agar hasilnya halus.

Masak dengan api kecil dan tutup. Sesekali lap uap yang menempel pada tutup agar tidak menetes. Tunggu sampai isinya kaku sebagai pertanda pie telah matang. Dinginkan sebentar, potong dan sajikan.

Baca juga 
Resep Asam Padeh, Makanan Khas Minang yang Bikin Lidah Bergoyang
Bahan Masakan Ini Mampu Berikan Rasa Gurih pada MPASI
Pangek Cubadak, Olahan Pangan dari Hutan yang Membuat Rindu Perantau Minang
Resep Udang Kuah Santan
Resep Menu Sarapan : Bubur Sumsum Labu

Mudah kan? Selamat mencoba :)


No comments:

Post a Comment