Kumpulan Resep Cemilan Simple untuk Anak Dalam Masa MPASI

 

Foto : freepik.com

Sudah menjadi jadwal makan harian yang umum untuk menempatkan dua kali snack time disela makan besar, yaitu sekitar jam 10 pagi dan 3 sore. Tidak berbeda dengan bayi yang masih dalam tahap MPASI, mereka juga membutuhkan cemilan sehat agar perutnya tetap nyaman. Cemilan paling mudah dan menyehatkan adalah berupa potongan buah segar yang langsung dimakan saat itu juga. Namun, anak juga disarankan untuk mencoba berbagai macam rasa makanan agar indera perasanya dapat berkembang dan tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Makanya orang tua sebaiknya menyediakan cemilan dalam bentuk lain agar selera makan anak tidak down.

Kenapa anak butuh cemilan?
Kapasitas lambung anak yang kecil, sehingga membutuhkan porsi makanan yang kecil namun sering agar kebutuhan gizi anak tetap tercukupi. Cemilan dapat mencegah anak agar tidak terlalu lapar dan makan berlebihan saat jam makan besar, memberi energi serta memberi nutrisi tambahan. 
hallosehat.com


Inilah beberapa resep cemilan sehat untuk anak selain potongan atau puree buah yang pernah aku masak untuk anak-anak. Bisa dimakan sekeluarga juga karena rasanya yang enak. Masaknya juga sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.


1 Avocado Banana Pancake


Jangan tertipu dengan tampilannya ya, Mom. Sumpah ini enak banget! Enggak nyangka dengan bahan yang sederhana bisa bikin Byan ketagihan. Alhamdulillah ya.


Bahan 

Alpukat matang

Pisang

Oat

Mentega


Cara membuat 

🌸 Kerok alpukat. Penyet-penyet, jangan terlalu halus.

🌸 Potong pisang. Benyek-benyek sedikit, jangan terlalu halus.

🌸 Blender oat hingga menjadi tepung.

🌸 Campurkan alpukat, pisang dan oat. Jika dirasa masih kurang padat, tambahkan oat sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak encer ya, malah agak sedikit padat. Karena disini tidak memakai pengembang apapun jadi tektur tidak berubah banyak saat dimasak.

🌸 Tes rasa. Jika kurang manis bisa ditambah sedikit gula (skip untuk 1 tahun kebawah). Jika ingin manis alami bisa dengan memperbanyak komposisi pisang dari pada alpukatnya.

🌸 Panaskan sedikit mentega dan masak sampai berwarna kecoklatan disetiap sisinya.

🌸 Sajikan selagi hangat.



Sweet Potato Pancake with Avocado Fla


Bahan 

Ubi jalar

Alpukat

Telur yampung

Mentega

Gula

Susu bubuk (saya pakai sufor)

Air matang


Cara membuat 

🌸 Rebus ubi sampai empuk lalu lumatkan menggunakan garpu. 

🌸 Campur ubi dengan telur. Aduk rata sampai mendapatkan adonan yang kental.

🌸 Oles wajan dengan mentega. Masak pancake hingga berwarna kecoklatan dikedua sisinya. Sisihkan.

🌸 Blender alpukat dengan susu dan sedikit gula. Jika terlalu kental tambahkan air matang.

🌸 Sajikan pancake dengan jus alpukat sebagai fla.



Avocado + Sweet Potato 


Berhubung Byan lagi ogah-ogahan makan karena gusinya bengkak, cemilan kali ini dibikin lembut banget dan mengenyangkan. Sengaja dibikin lembut biar tidak terlalu banyak ngunyah. Soalnya dia lagi anti ngunyah sekarang.


Bahan 

Ubi manis

Alpukat matang

Sedikit gula (skip dibawah 1 tahun)


Cara membuat 

🌸 Rebus atau kukus ubi sampai empuk.

🌸 Kerok alpukat.

🌸 Campurkan ubi dan alpukat lalu lumatkan dengan garpu. Tidak usah terlalu halus.

🌸 Tes rasa. Jika dirasa kurang manis bisa ditambah sedikit gula (skip dibawah 1 tahun).

🌸 Sajikan dengan penuh cinta :)


Baca juga : MPASI Homemade atau Instan?



Jasuke (Jagung, Susu, Keju)


Cemilan yang satu ini pasti banyak yang suka kan? Termasuk kami sekeluarga. Dari pada beli dengan harga lumayan mahal, mending bikin saja sendiri. Bisa makan sepuasnya. Cara bikinnya juga gampang, kok. 


Bahan 

Jagung yang sudah dipipil

Mentega

Susu kental manis

Keju cheedar, parut


Cara membuat 

🌸 Rebus jagung sampai matang. Lalu saring.

🌸 Selagi panas lumuri dengan mentega.

🌸 Taruh keju parut diatasnya.

🌸 Siram dengan susu kental manis. Atur tingkat kemanisannya sesuai selera.

🌸 Jasuke siap dinikmati.



Resep Bubur Kajang Ijo Metode 5.30.7


Dalam rangka menjalani masa GTM Byan, aku mencoba membuat burjo (bubur kacang ijo) dengan metode 5.30.7 yang lagi ramI di dunia permasakan. Deg-degan sih awalnya takut gagal dan jadi mubazir atau nanti makin ribet masaknya, tapi demi memuaskan hasrat penasaran ini mending dicoba saja. Eh, ternyata berhasil! Enggak nyangka bisa masak burjo tanpa harus merendam semalaman, tanpa harus berlama-lama. Sangat membantu untΓΉk emak-emak seperti aku yang lupaan, bisa berbulan-bulan tuh biji kacang ijo di dapur karena selalu lupa merendam sebelum tidur. 


Bahan 

Kacang ijo

Ubi

Gula pasir

Santan instan 

Satu ruas jahe, geprek

Garam

Air

Daun pandan 


Cara membuat 

🌸 Didihkan air.

🌸 Masukkan kacang ijo dan ubi yang sudah dicuci bersih. Tutup pancinya dan masak selama 5 menit.

🌸 Matikan kompor dan biarkan dalam keadaan tertutup selama 30 menit. Jangan dibuka tutupnya karena metode ini akan gagal total.

🌸 Masak lagi selama 7 menit masih dalam keadaan panci tertutup. Sebenarnya sih di metode aslinya sebelum memasak kembali dalam tahap ini semua sisa bahan bisa dimasukin, tapi aku takut aja nanti gagal, hahaha. Mending dimasak dulu deh 7 menit, nanti baru masukin semua bahan yang tersisa.

🌸 Masukkan semua sisa bahan dan masak lagi sekitar 3 menit.

🌸 Bubur kacang ijo siap disantap.



Perkedel Kentang Keju

Kebetulan dikasih kentang sekantong besar sama mertua sepulang mudik kemarin. Sayang kalau dianggurin, makanya nyoba bikin cemilan yang gampang enggak nyusahin dan yang pastinya yummy πŸ˜‰.


Bahan 

Kentang

Keju cheedar, parut

Daun parsley kering

Telur, kocok lepas

Tepung roti

Minyak goreng


Cara membuat 

🌸 Rebus atau kukus kentang sampai lembut.

🌸 Lumatkan kentang.

🌸 Campurkan kentang, keju dan daun parsley. Aduk rata.

🌸 Tes rasa. Jika masih hambar bisa ditambahkan garam. Tapi jika memasukkan keju agak banyak maka adonan sudah terasa asin.

🌸 Bulatkan adonan lalu pipihkan. Bisa juga membuat bentuk lain sesuai selera.

🌸 Lumuri dengan telur dan gulingkan pada tepung roti.

🌸 Goreng sampai cokelat keemasan.

🌸 Angkat dan tiriskan.

🌸 Hidangkan.

🌸 Dicocol saos sambal makin syedaaaap.



Perkedel Kentang Oat Komplit Kriuk


Untuk usia 1 tahun +

🌟 karbo : kentang, oat

🌟🌟 prohe : daging

🌟🌟🌟 prona : tahu

🌟🌟🌟🌟 sayur : bayam


Bahan 

Kentang

Daging sapi, rebus sampai empuk lalu cincang

Tahu, lumatkan

Bayam, iris tipis

Bawang merah dan bawang putih, cincang

Daun bawang dan saledri, iris tipis

Telur

Oat

Garam

Minyak goreng


Cara membuat 

🌸 Rebus atau kukus kentang sampai empuk. Lumatkan. Sisihkan.

🌸 Tumis duo bawang sampai wangi.

🌸 Masukkan daging, tahu, bayam, daun bawang dan saledri. Aduk-aduk sampai matang.

🌸 Tambahkan garam sampai rasanya agak sedikit asin karena nanti akan dicampur dengan kentang supaya mendapatkan  rasa yang pas.

🌸 Campurkan tumisan dengan kentang, aduk rata.

🌸 Bulat-bulatkan sampai semua adonan habis.

🌸 Kocok lepas telur dan beri sedikit garam.

🌸 Lumuri bulatan perkedel dengan telur dan gelindingkan ke oat sampai seluruh permukaannya tertutup.

🌸 Goreng dengan minyak panas sampai kecoklatan.

🌸 Angkat dan tiriskan minyaknya.

🌸 Perkedel kentang kriuk siap disajikan dengan penuh cinta :)


Baca juga : Kualitas, Frekuensi, Takaran dan Kalori untuk MPASI


Itulah beberapa cemilan yang dapat diberikan kepada Si Kecil demi memenuhi kebutuhan gizinya. Jika orang tua memiliki waktu untuk memasak, alangkah lebih baik memasak sendiri makanan anak agar terjamin kualitas dan kebersihannya. Tidak perlu yang mewah dan wah, yang penting sehat dan tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat merusak kesehatan anak. 


Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)