Header Ads

Cara dan Tips Mengobati Puting Lecet pada Ibu Menyusui

Cara Mengobati Puting Lecet pada Ibu Menyusui

Permasalahan ibu menyusui yang satu ini tidak bisa disepelekan. Namanya saja yang lecet, terlihat enteng, tapi perihnya mengalahkan teriris pisau. Sakit luar biasa. Meskipun menahan sakit, ASI tetap harus diberikan kepada anak demi tumbuh kembangnya. Jadi jika puting mulai lecet, segeralah diobati agar tidak semakin parah. 

Dikutip dari www.hellosehat.com, 
Di Indonesia, diperkirakan 80%-90% ibu 
menyusui mengalami nyeri puting susu 
dan 26% diantaranya mengalami 
lecet pada puting susu.

Berikut beberapa bahan yang bisa membantu mengobati puting lecet pada ibu menyusui.

Mengoleskan ASI

Obat alami pertama dan paling mudah untuk dilakukan adalah mengoleskan ASI pada puting sebelum dan sesudah menyusui, atau sesering mungkin jika bisa dilakukan. Karena ASI memilki anti bakteri yang cukup baik, maka sangat cocok untuk penyembuhan luka pada puting. Apalagi ASI sangat aman untuk bayi, sehingga tidak perlu membilas puting sebelum menyusui bayi kembali.

Baca juga

Review Obat Puting Lecet kerena Menyusui - It's Your Body "Lanolin Nipple Balm" Mothercare
Tips dan Tata Cara Memandikan Bayi 
Tips Meredakan Batuk saat Hamil
Tips Membawa Bayi Naik Pesawat
Ternyata Memijat Bayi Sendiri Bayak Manfaatnya, Loh

Mengoleskan Madu

Madu dengan segudang manfaatnya ternyata bisa juga loh mengobati puting lecet saat menyusui. Caranya cukup dioleskan saja pada puting. Tapi ingat dan jangan sampai lupa, bersihkan dulu olesan madu sebelum menyusui bayi kembali, karena bayi dibawah usia 1 tahun tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak fenomenal yang satu ini juga bisa mengobati puting yang lecet pada ibu menyusi. Caranya sama yaitu dengan cara mengoleskan secukupnya pada puting. Pastikan bahwa minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa murni, jadi aman tertelan bayi jika lupa atau tidak sempat membersihkannya sebelum menyusui. Perlu digaris bawahi, ini berlaku untuk bayi diatas usia 6 bulan, jika bayi masih dibawah 6 bulan, ibu wajib membersihkannya terlebih dahulu sebelum menyusui karena bayi masih dalam masa asi eksklusif.

Mengoleskan Lidah Buaya

Sifat melembabkan dan menyembuhkan yang dimiliki lidah buaya ternyata bisa membantu mengurangi nyeri dan lecet pada puting. Caranya oleskan secukupnya getah lidah buaya pada puting. Tapi jangan lupa, bersihkan dulu sebelum menyusui bayi ya, karena lidah buaya bisa menyebabkan diare.

Mengoles Krim Pelembab

Jika cara alami sudah dicoba dan belum mampu mengatasi puting lecet, maka oleskanlah krim pelembab yang banyak dijual di pasaran. Mereknya juga beragam, jadi pilihlah yang dirasa cocok dan yang paling penting aman bagi ibu dan bayi. Ada dua jenis krim pelembab, yaitu yang aman jika terminum bayi atau ada juga yang tidak aman terminum bayi. Tapi apapun itu, lebih baik bersihkan dulu payudara ibu yang diolesi krim pelembab sebelum menyusui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Namanya juga obat kimia, sedikit banyaknya pasti membawa pengaruh bagi bayi.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan puting lecet pada ibu menyusui

Kompres Air Hangat

Mengompres air hangat pada payudara ibu akan memberikan kenyamanan sehingga nyeri yang dirasakan berkurang. Ambillah kain atau waslap dan basahi dengan air hangat, lalu kompreskan pada payudara yang mengalami lecet dan nyeri.

Gunakan Bra yang Tipis dengan Bahan Menyerap Keringat

Selain memberikan kenyamanan pada ibu karena akan mengurangi keringat berlebih disekitar payudara, tentunya sirkulasi udara akan lebih lancar sehingga lecet dan luka pada puting segera membaik. Keringat yang banyak dan membasahi payudara juga bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi yang terjadi pada luka. Selain itu pastikan bahan bra tidak memiliki permukaan kasar, karena luka puting yang mulai mengering rentan tersangkut dan menimbulkan luka baru.

Bukalah Bra Sesekali

Jika ada kesempatan, jangan menggunakan bra untuk beberapa saat agar luka pada puting lebih cepat mengering. Luka yang tertutup akan jauh lebih lama untuk sembuh  dibandingkan dengan luka yang sering diangin-anginkan.

Jangan Dicuci dengan Sabun

Sabun akan membuat kulit puting mudah iritasi. Jadi jika ingin membersihkan payudara khususnya area puting, cukup dengan menggunakan air biasa saja.

Perbaiki Posisi Menyusui Bayi

Penyebab tersering terjadinya lecet puting adalah pelekatan yang kurang sempurna antara mulut bayi dan payudara ibu. Usahakan lah mencari posisi yang benar sehingga ibu dan bayi merasa nyaman selama proses menyusi berlangsung.

Jika Terlalu Sakit, Perahlah Asi

Sakit yang tidak tertahankan akan membuat ibu menderita saat menyusui bayi. Maka rehatlah sejenak dan perahlah ASI. Penting juga untuk menggunakan pompa yang berukuran pas dengan payudara ibu agar lecet yang sudah ada tidak semakin parah.

Baca juga

Make Up Daily Simple Cocok untuk Ibu-ibu Anti Ribet
MPASI Pertama - Disertai Resep Bubur MPASI
Ternyata Kejang Demam itu Turunan, Loh
Yuk Berkenalan dengan Vaksin Japanese Encephalitis (JE)
Isi Kotak P3K Anak

Minum Paracetamol

Biasanya, ibu akan meriang atau demam jika puting mengalami lecet parah. Minumlah paracetamol untuk mengurangi nyeri karena obat ini aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Oke itulah beberapa cara dan tips untuk mengobati puting lecet pada ibu menyusui. Semangat mengASIhi :)

Referensi
https://hellosehat.com/parenting/menyusui/mengatasi-puting-susu-lecet-pada-ibu-menyusui/
https://www.popmama.com/pregnancy/birth/sarrah-ulfah/obat-puting-lecet-alami/full


No comments