Header Ads

Balance Bike, Melatih Keseimbangan Otak dan Tubuh Anak


Sebenarnya aku sudah lama tertarik dengan jenis sepeda yang satu ini. Alasan utamanya adalah "aktifitas outdoor", karena memang aku sangat mendukung Byan untuk lebih banyak melakukan aktifitas outdoor dengan segudang manfaatnya. Walaupun tidàk ada kayuhannya, tapi namanya tetap sepeda kok. Kalau dilihat-lihat sepertinya seru dan menyasikkan jika dimainkan oleh anak-anak. Yap karena memang jenis sepeda ini hanya tersedia dalam ukuran mini, jadi diproduksi khusus untuk anak-anak saja (setau aku sih begitu).

Awalnya aku mengira Byan akan dengan mudah memainkannya. Lha wong tinggal didorong-dorong pakai kaki doang, sama lah seperti cara memainkan mobil-mobilannya di rumah. Tapi ternyata dia kesusahan loh, malah yang awalnya antusias, jadi menciut gara-gara kesusahan menyeimbangkan badan sehingga sering nyaris terjatuh. Akhirnya setelah berlatih dan disemangati seheboh mungkin oleh bundanya yang tercinta ini, sekarang Byan sudah mulai bisa dan tertarik kembali untuk bermain balance bike.
Ternyata balance bike ini bukan hanya semata-semata alat bermain saja, loh. Tapi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan anak u tuk menunjang tumbuh kembangnya. Apa sajakah itu? 

Melatih Keseimbangan Otak dan Tubuh Anak

Keseimbangan sangat dibutuhkan untuk memainkan balance bike. Diperlukan sinkronisasi yang tepat antara otak dan tubuh agar keseimbangan tersebut bisa tercapai. Nah dengan bermain balance bike ini, anak akan berusaha melatih keseimbangan antara otak dan tubuh agar sukses memainkannya.

Memaksimalkan Gerakan Tubuh Anak

Sama seperti kegiatan outdoor lainnya, balance bike akan memancing anak untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya, mulai dari kepala, tangan sampai kaki. Berbeda jika anak hanya main di dalam ruangan yang cenderung tidak terlalu banyak menuntut aktifitas fisik, padahal hal tersebut sangat disarankan dilakukam demi tercapainya tumbuh kembang yang optimal.

Melatih Keberanian, Kemandirian dan Kepercayaan Diri Anak

Untuk memainkan peralatan yang tergolong ke dalam olahraga seperti balance bike, anak dituntut untuk berani menghadapi resiko dan mengatasinya sendiri. Selain itu kemandirian dan kepercayaan diri juga diperlukan agar anak bisa memainkannya tanpa bantuan orang lain. Berilah dorongan dan dukungan agar ketakutan anak berkurang, serta selalu dampingi anak dan tanggaplah jika anak dirasa membutuhkan bantuan.

Mengembangkan Jiwa Sosial Anak dan Berkompetisi

Namanya juga permainan outdoor, mungkin sudah menjadi naluri manusia untuk mencari partner. Sama seperti kita yang sudah dewasa, bukankan akan merasa lebih senang dan bersemangat jika ada teman dalam melakukan sebuah permainan atau aktifitas olahraga? Nah anak-anak juga sama. Dia tidak akan segan menyapa, mengajak atau bergabung dengan anak lain agar bisa bermain bersama.
Satu lagi, balance bike ini juga ada lombanya loh, jadi anak bisa diikutsertakan jika dia berminat. Dengan cara ini anak akan mengenal apa yang dinamakan kompetisi dan melatih mentalnya untuk bersaing dengan cara yang positif. Atau bermain dengan anak lain disekitar rumah yang memiliki sepeda atau balance bike juga bisa kok. Anak-anak pasti akan berusaha mendahului atau minimal tidak tertinggal dengan temannya saat bermain.

Baca juga:


Memperbaiki Mood

Suasana outdoor dipercaya dapat memperbaiki mood yang buruk, tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak. Suasana luas, bebas, bertemu banyak orang, apalagi ditambah udara segar, sudah cukup menjadi alasan kenapa keluar dari ruangan bisa memperbaiki mood. Berhubung balance bike adalah permainan atau olahraga outdoor, jadi mood anak akan bisa di-refresh sehingga segar kembali.


Meningkatkan Nafsu Makan dan Menyenyakkan Tidur

Melakukan aktifitas fisik sudah pasti akan membakar kalori yang tersimpan dalam tubuh. Wajar saja jika setelah bermain balance bike  ini anak akan merasa lapar dan lelah. Jadi secara otomatis, nafsu makan anak meningkat dan kualitas tidurnya juga akan membaik.

Banyak kan manfaatnya bermain balance bike ini. Walaupun harganya lumayan mahal dan terpaksa mengurangi jatah skin care emaknya, tapi manfaatnya sebanding lah ya.

Semoga bermanfaat :)



4 comments:

  1. Baca panjang lebar, baru dengar Balance Bike
    aku. Sepeda jenis itu,
    Kudet bgt ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang baru sih kayaknya, soalnya aku juga belum lama tau. Apa aku juga kudet yak 🤣

      Delete