Header Ads

Wisata Keluarga Seru Di Taman Legenda TMII Part I - Berpetualang bersama Dinosaurus



Liburan bersama keluarga memang menyenangkan jika ditempat wisata yang tepat. Apalagi membawa balita yang masih sensitif terhadap suasana luar yang tidak nyaman seperti kepanasan, kedinginan, kotor atau berdebu. Nah, kemarin aku dan keluarga mengunjungi Taman Legenda yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Ternyata tempatnya enak, nyaman, bersih, dan lumayan ada tempat sejuk di beberapa titik karena diteduhkan oleh rindangnya pohon. 

Cus lah kita bahas mulai dari langkah pertama petualangan kami disini.

Jika menggunakan kendaraan pribadi roda empat, di depan pintu masuk sudah tersedia tempat parkir mobil, jadi tidak terlalu jauh berjalan ke lokasi. Apalagi kebetulan saat kami kesana bukan di hari libur, jadi bisa bebas memilih parkiran yang kosong. Paling hanya ada kurang dari 10 mobil yang parkir disana. 

Di pintu gerbang, pengunjung sudah disambut dengan spot foto ciamik yang berlatar belakang tulisan Taman Legenda Keong Emas. Warna warni dari catnya membuat aku tertarik untuk berfoto.

Taman Legenda

Lanjut lagi ke loket pembelian tiket. Disana terpampang harga tiket masuk beserta wahana dan permainan yang ada di dalam. Terdapat dua jenis tiket yaitu tiket biasa dan tiket all in one. Perlu digaris bawahi, ternyata tiket all in one hanya berlaku untuk 9 wahana yang telah ditentukan. Jadi bukan semua ya.


Tiket biasa
Senin - Jumat : Rp. 20.000,-
Sabtu, Minggu, Hari libur : Rp. 30.000,-
Tiket all in one
Senin - Jumat : Rp. 120.000,-
Sabtu, Minggu, Hari libur : Rp. 150.000,-

Harga tiket ini belum termasuk uang jaminan untuk gelang yang dikenakan masing-masing pengunjung sebagai alat transaksi pembelian tiket wahana di dalam Taman Legenda yaitu Rp. 10.000,-. Jangan khawatir, uang jaminan ini akan dikembalikan di pintu keluar saat gelang dikembalikan.

Taman Legenda

Disini ada beberapa peraturan yang harus diketahui pengunjung. 
  1. Bagi anak yang tinggi badannya sudah mencapai 90 cm maka wajib membayar tiket dengan harga penuh, bukan berdasarkan umur.
  2. Sebelum masuk ke dalam, ada petugas yang akan memeriksa barang bawaan pengunjung untuk memastikan tidak ada yang membawa makanan dan minuman, kecuali untuk keperluan bayi baru diizinkan dengan segudang pertanyaan interogasi terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, di dalam ada kok yang menjual makanan dan minuman (walaupun dengan harga lebih mahal). Mungkin inilah salah satu alasan utama kenapa Taman Legenda tampak bersih dari sampah dan makanan, karena tidak ada yang piknik gelar tikar, makan sembarangan dan meninggalkan jejak sampah dan sisa makanan, atau botol-botol minuman kemasan dan plastik bungkusan yang paling sering dibuang sembarangan.

Satu hal yang membahagiakan emak-emak jika berkunjung kesini adalah jalanannya yang ramah stroller. Jadi tidak perlu repot menggendong anak selama berjalan lalu lalang menikmati keseruan tempat ini. Membawa lansia dengan kursi rodanya juga bisa loh. Jadi membawa liburan sekeluarga besar oke-oķe saja.

Part ini, aku fokus membahas wahana Petualangan Dinosaurus. Di dunia maya, wahana inilah yang paling fenomenal di Taman Legenda. Soalnya sangat banyak foto-foto menarik yang berseliweran di media sosial yang memperlihatkan serunya berpetualang bersama dinosaurus. Makanya, setelah membayar tiket masuk, tanpa berpikir panjang kita langsung menuju kesini.

Di gerbang masuk sudah terasa hawa-hawa zaman purba dinosaurus karena memang ada dino nya yang menggantung di atas. Cekrek dulu boleh lah ya di sini.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Lanjut lagi ke loket pembelian tiket (kebetulan kami membeli tiket biasa), harganya adalah Rp. 30.000,- per orang. Di awal perjalanan kita sudah disambut oleh suara-suara mencekam para dinosaurus yang sudah menanti kedatangan kita. Hati-hati dengan dinosaurus yang menyemburkan air saat kita melintas di depannya, bisa basah semua deh.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Disepanjang perjalanan kita dibawa ke masa purba yang dipenuhi oleh hutan lebat yang rindang. Ada juga aliran air yang harus dilewati, membuat suasana semakin nyata. Ada lebih dari 10 jenis dinosaurus yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Terdapat papan penjelasan di masing-masing dinosaurus yang bertuliskan informasi nama, ukuran, makanan dan keterangan lainnya. Lumayan banget kan buat nambah ilmu.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Pengunjung bebas untuk berswafoto selama berada di dalam. Tidak ada larangan apapun asalkan jangan sampai melewati pagar pembatas.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Diakhir perjalanan, beberapa spot foto sudah menanti. Mulai dari patung T-rex dalam kandang besi dengan wajah sangarnya, patung dino dengan mulut terbuka yang bisa dimasuki dan yang paling menarik adalah dinosaurus yang bisa diajak berinteraksi dan berfoto berbagai gaya. Tapi jangan lupa kasih uang tanda terima kasih ya. 

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus


Selain itu juga terdapat beberapa tempat duduk untuk beristirahat setelah lelah berjalan mengelilingi wahana. Disertai dengan pepohonan yang rindang, cocok sekali untuk melepas lelah. Ada juga penjual minuman yang bisa menjadi solusi kehausan pengunjung. Ditambah lagi ada tempat bermain anak yang dinamai Arkeolog Cilik, jika berminat bisa loh dimainkan seolah anak kita berprofesi sebagai arkeolog. Lumayan kan sambil beristirahat, anak bisa bermain sambil belajar.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Di penghujung perjalanan Petualangan Dinosaurus, toko oleh-oleh sudah menanti. Disini tersedia berbagai barang bertema dinosaurus mulai dari baju, topi, mainan dan banyak lagi yang lainnya. Jika ingin memiliki barang kenang-kanangan sebagai pertanda pernah berkunjung kesini, boleh lah dibeli satu.

Taman Legenda Petualangan Dinosaurus

Oke itulah petulangan seru kita di wahana Petualangan Dinosaurus - Taman Legenda. Tunggu cerita selanjutnya di wahana-wahana lainnya ya.

Selanjutnya : Wisata Keluarga Seru Di Taman Legenda TMII Part II - Anak Berani Orang Tua Happy


Semoga bermanfaat :)


6 comments:

  1. Ini kalau ngajak anakku pasti nggak tahan pengen beli mainan di toko oleh-olehnya.

    ReplyDelete
  2. Ini di TMII ya buk...

    dinosaurus yang bisa diajak berinteraksi dan berfoto berbagai gaya

    Itu robot apa boneka orang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di TMII. Itu cuma kostum yang dipake sama orang, makanya gerakannya luwes gitu nggak kaku 😅

      Delete
  3. wah bagsu juga ya, saat anakku kecil kayaknay belum ada ini di TMII

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya dulu belum ada, dulu waktu aku masih TK kesana palingan cuma nonton di keong emas 😅

      Delete