Kumpulan Resep Olahan Daging Sapi untuk MPASI

Source : freepik.com by 
Daging sapi merupakan sumber protein yang banyak digemari ibu-ibu untuk menjadi bahan pembuat makanan pendamping ASI (MPASI). Rasanya enak dan tidak memicu timbulnya alergi, jadi aman untuk dikonsumsi sejak awal mula pengenalan makanan padat untuk bayi. Daging sapi dengan kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dikutip dari parenting.orami.co.id, manfaat daging sapi pada bayi adalah dapat mendukung perkembangan otak, membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat, mencegah dan menurunkan risiko anemia, menambah berat badan, sebagai sumber energi dan mendorong pertumbuhan fisik yang kuat.

Aku sangat sering memberikan menu olahan daging sapi pada anak sejak pertama mulai MPASI hingga sekarang. Setiap bagian daging sapi memiliki tekstur tersendiri, jadi bisa membantu memvariasikan rasa masakan. Ada yang berlemak, melekat bersama tulang, full daging dan yang paling membantu dalam proses memasak MPASI adalah kemasan daging yang digiling. Berikut kumpulan resep MPASI olahan daging sapi yang sempat didokumentasikan untuk anak pertamaku dulu.


1 Kaldu Sapi



Bahan :
1 kg iga sapi, potong-potong
1 buah wortel ukuran besar, potong-potong
1 buah kentang ukuran besar, potong-potong
1 buah bawang bombai ukuran sedang, belah empat
1 batang daun bawang, potong-potong
1 batang saledri, potong-potong
4 lembar daun salam

Cara Membuat :
🌸 Cuci bersih iga sapi
🌸 Masukkan iga sapi dan seluruh bahan ke dalam panci
🌸 Masukkan 1,5 liter air atau sampai seluruh bahan terendam
🌸 Tutup rapat dan rebus selama lebih kurang 1 jam atau sampai daging pada iga empuk (agar bisa diolah lagi menjadi makanan lain)
🌸 Setelah matang keluarkan daging, dan saring sampai seluruh ampasnya tersisihkan.
🌸 Kaldu siap untuk digunakan dan sisanya bisa dimasukkan ke freezer.
______________

Bakso Sapi Homemade



Cocok banget nih buat stok di kulkas. Andalan bunda Byan banget biar gampang masak dikala kepepet. Bikinnya gampil surampil sambil merem juga bisa. Campur, aduk, rebus, selesai. Nanti pas mau make tinggal dikeluarin dari freezer malamnya, masak deh bersama sayur atau bahan lainnya sesuai selera.

Bahan :
150 gr daging sapi giling
1 potong tahu, bejek-bejek dengan sendok (optional)
2 siung bawang putih (haluskan) atau bisa pakai bawang putih bubuk
1/2 butir putih telur (optional)
2-3 sdm tepung tapioka/oat yang sudah dihaluskan (takarannya bisa disesuaikan dengan kepadatan bakso yang diinginkan)
Garam

Cara membuat :
🌸 Campurkan dan uleni semua bahan sampai mendapatkan kepadatan adonan bakso yang diinginkan. Jika menggunakan tepung tapioka maka bakso akan terlihat lebih mulus, sedangkan jika menggunakan oat bakso akan terlihat sedikit kasar.
🌸 Bulatkan adonan dan ulangi sampai habis.
🌸 Didihkan air.
🌸 Masukkan bulatan adonan bakso ke dalam air dan tunggu sampai mengapung.
🌸 Angkat dan tiriskan.
🌸 Bakso telah siap disantap atau dicampur ke dalam masakan untuk si kecil.
______________


Daging Telur Kukus Lembut



Ketemu lagi sama menu baru yang ternyata Byan lumayan sukaa ❤
🌟 karbo : nasi putih
🌟🌟 prohe : daging sapi, telur yampung
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : brokoli


Bahan :
Daging sapi giling
Telur yampung
Tahu, lumatkan dengan sendok
Brokoli, cincang halus
Bawang merah dan bawang putih, haluskan
Kaldu sapi non msg & gulgar (saya pakai merek Koala)
Garam
Sedikit air

Cara membuat :
🌸 Campurkan semua bahan, aduk rata. Jangan memasukkan air terlalu banyak karena daya rekat telur akan semakin sedikit sehingga mudah hancur saat matang nanti.
🌸 Masukkan ke dalam wadah tahan panas dan kukus sampai matang. Cara untuk mengetahui sudah matang atau belumnya bisa menusukkan lidi, sendok atau pisau. Jika tidak ada yang menempel maka makanan sudah matang. 
🌸 Dinginkan sebentar dan potong sesuai selera.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat. 
______________


Bakwan Tahu Daging Brokoli


🌟 karbo : nasi
🌟🌟 prohe : daging sapi, telur
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : brokoli

Bahan :
Daging sapi giling
Telur
Tahu, lumatkan
Brokoli, cincang
Bawang putih dan bawang merah, haluskan
Parsley kering
Kaldu sapi bubuk tanpa gulgar dam MSG
Garam
Tepung beras
Minyak goreng
Air

Cara membuat :
🌸 Tumis duo bawang sampai wangi.
🌸 Tambahkan air dan daging sapi giling. Masak sampai setengah matang.
🌸 Masukkan brokoli, kaldu sapi bubuk dan garam. Masak sampai air menyusut dan daging matang. Tes rasa.
🌸 Campurkan tumisan daging, tahu, parsley kering dan telur. Aduk rata.
🌸 Tambahkan tepung beras supaya adonan tidak terlalu lembek.
🌸 Goreng adonan seperti menggoreng bakwan sampai coklat keemasan.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat.
______________


Bakso Siram Saus Wortel

🌟 karbo : nasi
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Bakso sapi homemade (resepnya bisa dilihat diawal tulisan ini)
Tahu, potong dadu kecil
Wortel, potong dadu
Bawang putih bubuk
Kaldu sapi bubuk tanpa gulgar dan MSG
Parsley kering
Garam

Cara membuat :
🌸 Rebus wortel sampai empuk.
🌸 Blender wortel dengan tambahan sedikit air. Sisihkan.
🌸 Campurkan bakso, tahu dan pasta wortel. Masak sampai mendidih.
🌸 Tambahkan bawang putih bubuk, kaldu sapi bubuk, parsley kering dan garam.
🌸 Tunggu sampai mengental. Tes rasa.
🌸 Sajikan bersama mashed potato atau nasi hangat.

Baca juga : Kumpulan Resep Puree untuk MPASI
______________


Misoa Rebus Komplit



🌟 karbo : miesoa
🌟🌟 prohe : telur yampung, bakso sapi homemade (resepnya bisa dilihat diawal tulisan ini)
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : bayam

Bahan : 
Miesoa
Telur yampung
Bakso sapi homemade 
Tahu, potong dadu kecil
Bayam, iris tipis
Bawang putih bubuk
Parsley kering
Kaldu sapi bubuk tanpa gulgar dan MSG
Garam

Cara membuat :
🌸 Didihkan air.
🌸 Masukkan bayam, tahu, bakso. Tunggu sayur setengah layu.
🌸 Masukkan telur, aduk cepat.
🌸 Masukkan miesoa.
🌸 Tambahkan bawang putih bubuk, parsley, kaldu sapi bubuk dan garam.
🌸 Tunggu sampai miesoa matang. Tes rasa.
🌸 Sajikan selagi hangat.
______________


Bola-bola Daging Tanpa Telur (untuk Anak Alergi Telur)




Berhubung Byan mulai diet eliminasi makanan karena kemaren alerginya kambuh lagi, jadinya masak menu yang aman aja tanpa embel-embel taburan yang aneh-aneh, hee. Maklumlah emaknya suka bereksperimen.

Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi lembek (lagi tumgi jadi ogah makan nasi)
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 sayur : wortel, sawi

Bahan : 
Daging giling
Wortel, parut
Sawi, iris tipis
Daun bawang, iris tipis
Bawang merah, cincang halus
Bawang putih bubuk
Kaldu daging bubuk (no gulgar, no msg)
Tepung beras rose brand
Garam
Air
Minyak untuk menumis

Cara membuat :
🌸 Campurkan daging giling, wortel, daun bawang, bawang putih bubuk, garam dan tepung beras. Uleni sampai membentuk adonan yang agak padat (tapi masih lunak kalau ditekan) biar nanti tidak hancur saat direbus.
🌸 Bulat-bulatkan adonan.
🌸 Didihkan air dan masukkan adonan yang telah dibulatkan. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan. Airnya jangan dibuang ya, untuk kuahnya.
🌸 Tumis bawang merah sampai wangi.
🌸 Masukkan air rebusan bola-bola tadi, sawi dan bola-bola dagingnya.
🌸 Tambahkan bawang putih bubuk dan kaldu daging bubuk serta garam. Tes rasa.
🌸 Sajikan selagi hangat bersama nasi atau miesoa.
______________


Creamy Macaroni



Kali ini menu Byan cuma tiga bintang karena stok di kulkas udah abis. Jadinya pakai bahan yang ada aja.

Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : makaroni
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 sayur : brokoli

Bahan :
Makaroni
Daging sapi giling (tapi yang ada dikulkas daging sapi yang sudah direbus, jadi saya cincang halus saja)
Brokoli, cincang
Susu UHT
Bawang merah, cincang halus
Bawang putih bubuk
Basil kering
Kecap asin
Garam
Keju
Parsley kering
Minyak untuk menumis

Cara membuat :

🌸 Rebus makaroni sampai empuk. Jangan lupa tambahkan satu sendok minyak sayur dan sejumput garam agar tidak menempel. Sisihkan.
🌸 Tumis bawang merah hingga harum.
🌸 Masukkan daging sapi dan brokoli, tumis sebentar.
🌸 Masukkan susu UHT.
🌸 Masukkan bawang putih bubuk, basil kering, kecap asin dan garam.
🌸 Masak sampai susu agak mengental.
🌸 Masukkan makaroni dan aduk rata.
🌸 Tes rasa dan angkat.
🌸 Sajikan selagi hangat dengan taburan keju parut dan parsley diatasnya.
______________


Beef Nugget



Cocok banget buat frozen food biar disaat-saat genting bisa langsung goreng.
Untuk usia  1 tahun+
🌟 karbo : nasi, oat
🌟🌟 prohe : daging sapi, telur
🌟🌟🌟 prona : tempe
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Daging sapi giling
Tempe, lumatkan dengan sendok
Wortel, parut dengan parutan keju
Oat, blender sampai jadi tepung
2 butir telur. Satu untuk adonan, satu untuk pencelup
Daun bawang
Bawang putih bubuk
Garam
Tepung roti
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
🌸 Campurkan daging giling, tempe, wortel, 1 butir telur, daun bawang, bawang putih bubuk dan garam.
🌸 Masukkan oat sedikit demi sedikit sampai adonan agak padat. 
🌸 Aduk sampai semuanya tercampur rata.
🌸 Panaskan kukusan. Kukus sampai matang. Bisa ditusuk dengan garpu untuk mengetahui kematangannya.
🌸 Angkat dan dinginkan.
🌸 Potong- potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jika ternyata setelah matang adonan tidak bisa dipotong dan malah hancur, jangan khawatir. Bisa tambahkan lagi tepung oat dan bulatkan dengan tangan. Tenaaaang semua masalah pasti ada solusinya haha.
🌸 Celupkan ke telur yang telah dikocok lepas dan gulingkan di tepung roti. Lakukan sampai semua habis.
🌸 Masukkan ke freezer sampai dingin biar makin kriuk saat digoreng.
🌸 Goreng dengan minyak panas sampai kuning keemasan.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat :)
______________


10 Perkedel Kentang Oat Komplit Kriuk



Untuk usia 1 tahun +
🌟 karbo : kentang, oat
🌟🌟 prohe : daging
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : bayam

Bahan :
Kentang
Daging sapi, rebus sampai empuk lalu cincang
Tahu, lumatkan
Bayam, iris tipis
Bawang merah dan bawang putih, cincang
Daun bawang dan saledri, iris tipis
Telur
Oat
Garam
Minyak goreng

Cara membuat :
🌸 Rebus atau kukus kentang sampai empuk. Lumatkan. Sisihkan.
🌸 Tumis duo bawang sampai wangi.
🌸 Masukkan daging, tahu, bayam, daun bawang dan saledri. Aduk-aduk sampai matang.
🌸 Tambahkan garam sampai rasanya agak sedikit asin karena nanti akan dicampur dengan kentang supaya mendapatkan  rasa yang pas.
🌸 Campurkan tumisan dengan kentang, aduk rata.
🌸 Bulat-bulatkan sampai semua adonan habis.
🌸 Kocok lepas telur dan beri sedikit garam.
🌸 Lumuri bulatan perkedel dengan telur dan gelindingkan ke oat sampai seluruh permukaannya tertutup.
🌸 Goreng dengan minyak panas sampai kecoklatan.
🌸 Angkat dan tiriskan minyaknya.
🌸 Perkedel kentang kriuk siap disajikan dengan penuh cinta :)

Baca juga : Persiapan Diawal MPASI
______________


11 Roti Isi Daging



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : roti tawar
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel, tomat

Bahan :
Roti tawar, buang kulit
Daging sapi giling
Tahu, lumatkan
Wortel, parut
Tomat, buang biji dan kulit lalu haluskan (optional)
Bawang bombai, cincang
Bawang putih bubuk
Oregano
Kecap asin
Kecap manis
Minyak wijen
Garam
Margarin untuk menumis dan olesan roti
Air

Cara membuat :
🌸 Tumis bawang bombai sampai harum.
🌸 Masukkan air, daging, tahu, wortel, tomat, bawang putih bubuk, oregano, kecap asin, kecap manis, minyak wijen dan garam.
🌸 Masak sampai semua bahan matang dan empuk. Tes rasa.
🌸 Jika rasanya sudah sesuai selera, angkat dan sisihkan.
🌸 Ambil roti dan taruh tumisan daging diatasnya. Lipat dua dan tekan-tekan dengan jari setiap sisi roti sampai menempel. Lakukan sampai semua habis.
🌸 Olesi roti isi dengan margarin. Panggang di teflon sampai agak kecoklatan dan roti kriuk.
🌸 Sajikan selagi hangat.
______________


12 Bola-bola Kentang Daging


Usia 1 tahun+
🌟 karbo : kentang
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Kentang dan wortel potong dadu
Daging sapi giling (jika daging sapi potongan bisa direbus sampai empuk dan suir)
Tahu, lumatkan dengan sendok
Bawang merah dan bawang putih, cincang
Daun bawang, iris tipis
Minyak untuk menumis
Garam
Air

Cara membuat :
🌸 Rebus/kukus kentang dan wortel sampai empuk. Setelah matang lumatkan dengan sendok, sisihkan.
🌸 Tumis duo bawang sampai wangi.
🌸 Masukkan daging, tahu dan daun bawang.
🌸 Tambahkan air dan garam. Aduk rata. Masak sampai air menyusut, angkat.
🌸 Campurkan tumisan dengan kentang dan wortel. Aduk sampai tercampur rata. Tes rasa.
🌸 Bulatkan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
🌸 Bisa langsung disajikan atau digoreng lagi dengan dilumuri telur terlebih dahulu.
______________


13 Ikan Tuna Suwir Bakso Sapi dan Sayur Bening

Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi
🌟🌟 prohe : ikan tuna, daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tempe, buncis
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel


IKAN TUNA SUWIR


Bahan :
Ikan tuna (beri garam dan perasan jeruk nipis, diamkan sebentar)
Bakso daging sapi (untuk homemade resepnya bisa dilihat diawal tulisan ini), potong kecil
Tempe, potong dadu kecil
Bawang merah, bawang putih dan jahe, haluskan
Cabe merah sedikit, buang biji dan iris miring
Daun bawang, iris tipis
Daun salam
Daun jeruk
Sedikit minyak wijen, kecap asin, saus tiram
Garam
Minyak untuk menumis
Garam

Cara membuat :
🌸 Goreng ikan tuna dan suwir-suwir. Sisihkan.
🌸 Goreng tempe dan bakso sebentar. Sisihkan.
🌸 Tumis bumbu halus, cabe merah, daun salam, daun jeruk hingga wangi.
🌸 Tambahkan sedikit air.
🌸 Masukkan minyak wijen, kecap asin, saus tiram, daun bawang dan garam. 
🌸 Masukkan ikan tuna, tempe dan bakso. Aduk sampai tercampur rata.
🌸 Tes rasa.
🌸 Hidangkan.

SAYUR BENING

Bahan :
Wortel, iris
Buncis, potong
Tomat, potong
Bawang merah dan bawang putih, iris
Minyak untuk menumis
Air
Garam

Cara membuat :
🌸 Tumis duo bawang hingga wangi.
🌸 Tambahkan air. Tunggu mendidih.
🌸 Masukkan wortel dan buncis. Masak sampai empuk.
🌸 Tambahkan garam. Tes rasa.
🌸 Sajikan dengan menambahkan potongan tomat.
🌸 Bisa ditambahkan evoo sebagai lemak tambahan.
______________


14 Tumis Daging Kentang Tahu



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi, kentang
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Daging sapi, potong (saya pakai yang bagiang sengkel)
Kentang, potong dadu dan kasih sedikit garam
Tahu kuning, potong dadu (kalau pakai tahu putih biasa, rendam dengan air garam terlebih dahulu)
Wortel, potong korek
Bawang merah dan bawang putih, iris
Cabe merah sedikit, iris serong (optional)
Daun bawang, iris
Daun salam
Saus tiram
Kecap manis
Minyak wijen
Garam
Margarin untuk menumis
Tepung maizena (campur dengan air)
Air

Cara membuat :
🌸 Rebus daging sampai setengah empuk. Sisihkan.
🌸 Goreng tahu dan kentang. Sisihkan.
🌸 Tumis duo bawang, cabe merah, daun salam sampai wangi.
🌸 Masukkan daging beserta kaldunya, wortel, tahu, kentang, kecap manis, saus tiram, minyak wijen, daun bawang dan garam.
🌸 Tunggu sampai semua bahan empuk. Tes rasa.
🌸 Tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan yang pas.
🌸 Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.
______________


15 Bakso Campur Komplit



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi, kentang
🌟🌟 prohe : daging sapi, telur
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : sawi putih, wortel

Bahan :
Bakso homemade (cara membuat bisa dilihat diawal tulisan ini)
Telur
Kentang, potong dadu
Wortel, potong dadu
Sawi putih, iris tipis
Bawang merah dan bawang putih, iris
Sedikit kecap asin, saus tiram, minyak wijen
Garam
Minyak untuk menumis
Air

Cara membuat :
🌸 Tumis duo bawang hingga wangi.
🌸 Masukkan air dan tunggu mendidih.
🌸 Masukkan telur, aduk-aduk sehingga tercampur.
🌸 Masukkan semua sisa bahan.
🌸 Tunggu sampai empuk. Tes rasa.
🌸 Angkat dan sajikam dengan nasi hangat.
🌸 Jangan lupa tambahkan evoo sebagai lemak tambahan.

Baca juga : Resep MPASI Mudah dan Praktis - Bubur Promina Homemade Gurih Double Prohe, Cocok untuk Booster Berat Badan Anak
______________


16 Sup Daging



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi, kentang
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : buncis
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel, kembang kol, kol

Bahan:
Kentang (potong)
Daging sapi (saya pakai sengkel)
Buncis (potong)
Wortel (potong)
Kol (potong)
Kembang kol (potekin sesuai cabangnya)
Bawang merah, bawang putih (haluskan)
Daun salam
Oregano
Garam
Air
Minyak untuk menumis

Cara membuat :
🌸 Rebus daging sampai empuk. Setelah itu pisahkan dagingnya dan saring kaldunya. Sisihkan.
🌸 Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi.
🌸 Masukkan kaldu dan semua sisa bahan. Aduk rata.
🌸 Masak hingga empuk dan tes rasa.
🌸 Sajikan dengan tambahan evoo dan nikmati bersama nasi hangat :)
______________


17 Nasi Kukus Daging



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi
🌟🌟 prohe : daging
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : tomat

Bahan :
Nasi
Daging giling
Tahu (bejek-bejek pakai sendok)
Tomat (potong dadu kecil)
Bawang bombai, cincang (optional)
Bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar (haluskan)
Garam
Minyak untuk menumis
Air
Daun pisang
Tusuk gigi

Cara membuat :
🌸 Tumis bumbu halus dan bawang bombai sampai wangi.
🌸 Masukkan daging giling dan tahu aduk sebentar.
🌸 Tambahkan air dan garam.
🌸 Tunggu sampai air hampir menyusut, masukkan tomat.
🌸 Tes rasa. Angkat.
🌸 Campurkan tumisan dengan nasi. Aduk rata.
🌸 Bungkus dengan daun pisang dan rekatkan ujungnya dengan tusuk gigi (sebelumnya daun pisang sudah dilayukan dengan memanaskannya diatas api agar tidak robek saat membungkus).
🌸 Kukus selama lebih kurang 15-20 menit.
🌸 Sajikan selagi hangat dan penuh cinta :)
______________


18 Bakso Daging Oat Bayam


Berhubung bunda Byan sudah bisa bikin bakso dan ketagihan karena gampang banget dan bisa nyetok dikulkas, jadilah menu bakso lagi dengan sedikit perubahan cara membuatnya dari resep yang lalu.

Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi, oat
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tempe
🌟🌟🌟🌟 sayur : bayam

Bahan :
Bahan bakso :
Daging giling
Tempe
Oat
Bawang putih bubuk
Garam
Air

Bahan kuah :
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Garam
Kaldu daging (dari rebusan daging dengan tambahan bawang putih)

Cara membuat:
🌸 Blender oat sampai menjadi tepung.
🌸 Lumatkan tempe dengan sendok.
🌸 Tambahkan tepung oat, bawang putih bubuk dan garam.
🌸 Aduk dengan menambahkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan tekstur adonan yang bisa dibentuk.
🌸 Didihkan air.
🌸 Bulatkan adonan dan cemplungkan kedalam air mendidih.
🌸 Tunggu sampai mengapung, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
🌸 Untuk kuahnya, didihkan kaldu.
🌸 Goreng bawang putih, bawang merah dan kemiri sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan lalu dihaluskan. Kemudian masukkan kedalam kaldu.
🌸 Masukkan bayam dan garam. Tunggu sampai setengah matang.
🌸 Masukkan bakso dan masak sampai bayam empuk.
🌸 Sajikan dengan tambahan evoo sebagai lemak tambahan dan bersama nasi hangat.
______________


19 Nasi Goreng Daging



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi
🌟🌟 prohe : daging sapi
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Nasi
Daging giling
Tahu (potong dadu kecil)
Wortel (parut)
Bawang bombai (cincang halus)
Bawang putih (haluskan)
Bawang merah (haluskan)
Kecap manis
Minyak wijen
Kecap asin
Saus tiram
Garam (ditambahkan jika nasi masih hambar)
Air
Minyak untuk menumis
Keju (parut)

Cara membuat :
🌸 Tumis bawang bombai, bawang putih, bawang merah dan tahu sampai wangi.
🌸 Masukkan daging dan wortel, aduk-aduk sebentar.
🌸 Tambahkan air, tunggu semua bahan empuk dan air menyusut.
🌸 Tambahkan kecap manis, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, keju parut. 
🌸 Masukkan nasi, aduk rata.
🌸 Tes rasa. Jika masih hambar tambahkan garam.
🌸 Nasi goreng siap dihindangkan dengan penuh cinta :)

Baca juga : Bahan Masakan Alami Ini Ampuh Berikan Rasa Gurih pada MPASI
______________


20 Bakso Daging Oat Kuah Sayur



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : nasi, oat
🌟🌟 prohe : daging
🌟🌟🌟 prona : tempe
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel, brokoli, kol

Bahan :
Nasi
Oat
Daging giling
Tempe
Wortel
Brokoli
Kol
Bawang merah
Bawang putih
Bawang bombai
Minyak wijen
Kecap asin
Saus tiram
Oregano
Bubuk pala
Garam
Air
Minyak untuk menumis

Cara membuat :
🌸 Blender oat sampai halus. Campurkan dengan daging giling, tempe, bawang putih, garam dan sedikit air. Blender lagi sampai tercampur rata. Sisihkan.
🌸 Potong kecil wortel, brokoli, kol dan bawang bombai.
🌸 Haluskan bawang merah dan bawang putih. Tumis bersama bawang bombai sampai wangi.
🌸 Tambahkan air, garam, minyak wijen, kecap asin, saus tiram, oregano, pala bubuk dan garam. Tes rasa.
🌸 Setelah mendidih masukkan adonan bakso yang telah dibulat-bulatkan. Tunggu sampai mengapung.
🌸 Masukkan wortel, brokoli dan kol. Masak sampai empuk.
🌸 Matikan api dan tunggu sebentar sampai hangat. Ambil satu porsi dan campurkan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat dan penuh cinta :)
______________


21 Mashed Potato dan Tumis Daging Gurih



Untuk usia 1 tahun+
🌟 karbo : kentang
🌟🌟 prohe : daging
🌟🌟🌟 prona : jamur
🌟🌟🌟🌟 sayur : brokoli

Bahan :
Kentang
Daging giling
Jamur tiram
Brokoli
Tomat
Bawang bombai
Bawang putih
Minyak wijen
Kecap asin
Keju
Oregano
Garam
Evoo
Minyak untuk menumis
Air

Cara membuat :
🌸 Kentang dipotong dadu besar dan kukus/rebus sampai empuk.
🌸 Selagi panas campur kentang dengan keju parut, garam, oregano dan evoo. Lumatkan sampai lembut. Sisihkan.
🌸 Cincang jamur tiram, brokoli dan tomat.
🌸 Cincang halus bawang bombai dan bawang putih. Tumis sampai wangi.
🌸 Tambahkan air dan masukkan daging giling. Masak sampai setengah matang.
🌸 Masukkan jamur tiram, brokoli dan tomat. 
🌸 Tambahkan minyak wijen, kecap asin dan sedikit garam. Tes rasa.
🌸 Masak sampai semuanya empuk.
🌸 Sajikan dengan mashed potato. Bisa diaduk/dicampur.
🌸 Selamat makan :)
______________


22 Kari Daging


Usia : 1 tahun+
🌟karbo : nasi
🌟🌟 prohe : daging
🌟🌟🌟 prona : tahu
🌟🌟🌟🌟 sayur : wortel

Bahan :
Daging giling
Tahu, potong dadu kecil
Wortel, potong dadu kecil
Daun salam
Daun jeruk
Sedikit ketumbar bubuk dan lengkuas geprek
Tepung maizena
Minyak
Air
Garam

Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Kunyit

Cara membuat :
🌸 Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, ketumbar bubuk dan lengkuas sampai wangi.
🌸 Tambahkan air.
🌸 Masukkan daging, masak sampai setengah matang.
🌸 Masukkan tahu dan wortel, masak sampai semua empuk.
🌸 Tambahkan garam, tes rasa.
🌸 Diwadah terpisah, campurkan tepung maizena dengan air.
🌸 Tambahkan tepung maizena kedalam masakan sampai mendapatkan kekentalan yang pas.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat dan tambahan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Selamat makan dedek pintar :)

Note : Byan sukanya makan kari ini kalau ditambah dengan kecap manis. 
______________


23 Bubur Daging Telur Buncis Wortel



Berhubung Byan baru sembuh dari campak yang bikin berat badannya merosot tajam, bunda masakin MPASI yang double prohe biar bb-nya normal lagi. Karena masih dirumah nenek dan rasanya ribet kalau harus masak nasi terpisah sama lauknya, ya udah digabung aja. Alhamdulillah Byan suka.

Bahan : 
🌟 Karbo : beras putih
🌟🌟 Prohe : daging sapi, telur ayam kampung
🌟🌟🌟 Prona : buncis
🌟🌟🌟🌟 Sayur : wortel
Bawang bombai
Bawang putih
Daun bawang
Saledri
Lengkuas yang sudah dihaluskan (optional)
Daun salam
Minyak untuk menumis
Air

Cara membuat : 
🌸 Parut daging sapi beku dan wortel.
🌸 Iris tipis buncis, daun bawang dan saledri.
🌸 Cincang bawang bombai dan bawang putih.
🌸 Tumis bawang bombai, bawang putih, daun salam dan lengkuas giling sampai wangi dan agak kecoklatan.
🌸 Masukkan wortel dan daging sapi, tumis sebentar.
🌸 Masukkan air dan beras, tunggu sampai mendidih.
🌸 Masukkan telur dan aduk cepat agar telur tidak berbongkah.
🌸 Tunggu sampai mejadi bubur dengan tekstur yang sesuai dengan kemampuan makan bayi.
🌸 Sajikan selagi hangat atau boleh juga ditambahkan lagi lemak tambahan lain jika mau. (Minyak untuk menumis sudah termasuk lemak tambahan).
🌸 Untuk penyimpanan, pisah per porsi dan masukkan ke dalam kulkas. Bisa bertahan sampai 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.

Tips :
Jika bubur yang dimasak keenceran karena kebanyakan air bisa disiasati dengan menyaring nasi putih biasa dan campurkan. Teksturnya akan menjadi lebih padat.
______________


24 Tumis Daging Tahu Labu Siam



Awalnya aku ragu memberikan ini untuk Byan karena rasanya yang kurang cocok di lidah. Soalnya aku masak berdasarkan bahan yang ada di kulkas saja. Tapi dari pada mubazir tetap aku cobain juga ngasih ke Byan. Eh tanpa diduga-duga dia doyan banget sampai nasinya habis ludes.

Bahan :
Nasi lembek
Daging sapi giling (telah dikukus dan dibekukan)
Tahu sutera
Labu siam
Duo bawang (bamer baput)
Daun salam 
Daun jeruk
Pala bubuk
Kayu manis bubuk
Minyak untuk menumis
Kaldu daging (tanpa tambahan bumbu)

Cara membuat :
🌸 Parut labu siam dengan parutan keju.
🌸 Potong dadu kecil tahu sutera.
🌸 Cincang halus duo bawang lalu tumis beserta daun jeruk dan daun salam sampai wangi.
🌸 Masukkan daging dan tambahkan kaldu. Tunggu beberapa menit.
🌸 Masukkan tahu dan labu siam.
🌸 Tambahkan kayu manis bubuk dan pala bubuk.
🌸 Masak sampai matang.
🌸 Sajikan dengan nasi lembek hangat. Jangan lupa tambahkan evoo/ub atau lemak tambahan lain.
🌸 Untuk penyimpanan, pisah per porsi dan masukkan ke kulkas. Bisa tahan sampai 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


25 Nasi Lembek Daging Sapi Jamur Wortel



Bahan :
🌟 Karbo : beras putih
🌟🌟 Prohe : daging sapi giling ( saya memakai yang telah dikukus dan dibekukan)
🌟🌟🌟 Prona : jamur enokitake (bisa menggunakan jamur lain)
🌟🌟🌟🌟 Sayur : wortel
Kaldu daging sapi (cara membuat bisa dilihat diawal tulisan ini)
Minyak goreng
Bawang merah
Bawang putih

Cara membuat :
🌸 Masak nasi lembek, saya menggunakan slow cooker agar bisa ditinggal sembari memasak.
🌸 Cincang jamur.
🌸 Parut wortel.
🌸 Cincang bawang merah dan bawang putih.
🌸 Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
🌸 Masukkan daging giling, tumis sebentar lalu masukkan kaldu.
🌸 Masak beberapa menit sampai daging setengah matang.
🌸 Masukkan jamur dan wortel.
🌸 Masak sampai matang dan air kaldu menyusut.
🌸 Sajikan bersama nasi lembek hangat dan jangan lupa tambahkan evoo/ub atau lemak tambahan lainnya.
🌸 Untuk penyimpanan bisa dilakukan dengan memisahkan per porsi dan masukkan dalam kulkas. Bisa tahan selama 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.

Catatan : 
Menu bisa untuk bayi 6m+, sesuaikan saja teksturnya. Bisa disaring atau dipenyet dengan sendok.


______________


26 Bubur Daging Jamur Wortel



Kali ini Byan nyoba buat naik tekstur. Untuk pertama kalinya bubur tidak diblender. Tapi pas makan ternyata Byan susah buat ngunyah, sampai muntah dua kali. Akhirnya aku tambahkan sedikit air dan dipenyet-penyet dengan sendok. Nggak apa-apa kan masih belajar. Yang penting dicoba terus. 

Bahan :
Karbo : Beras putih
Prohe : Daging giling (telah dikukus dan dibekukan)
Prona : Jamur enokitake (bisa menggunakan jamur lain)
Sayur : Wortel
Kaldu daging sapi (cara membuat bisa dilihat diawal tulisan ini)

Cara membuat :
🌸 Cuci beras sampai bersih
🌸 Kupas wortel dan parut dengan parutan keju.
🌸 Bersihkan jamur, cuci dan cincang
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker atau bisa dimasak dengan kompor.
🌸 Setelah matang bubur disajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan (tekstur bisa disesuaikan dengan usia bayi, jika ingin lebih halus bisa disaring atau dipenyet dengan sendok. Jika terlalu kental dan bayi susah menelan bisa ditambah sedikit air hangat)
🌸 Bagi bubur per porsi dan simpan di kulkas. Bisa bertahan selama 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


27 Bubur Labu Daging Tahu Wortel



Bahan :
Labu kuning
Sedikit beras putih (optional, boleh dipakai boleh tidak)
Daging giling (sebelumnya telah dikukus dan dibekukan)
Tahu sutra
Wortel

Cara membuat :
🌸 Buang biji labu dan kupas kulitnya lalu potong-potong agak kecil. Cuci bersih.
🌸 Cuci beras sampai bersih. Saya menambahkan beras untuk menyerap air yang dimasukkan saat memasak karena saya memasak dengan slow cooker tanpa mengukus labu dan wortel terlebih dahulu. Jadi air yang mendidih sebelum terserap oleh beras bisa membuat semua bahan matang. Jika ingin mengukus, tidak perlu ditambahkan beras putih.
🌸 Potong tahu sutra. Jangan lupa dicuci dulu.
🌸 Kupas wortel, cuci dan potong.
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker, atau bisa juga masak dengan kompor. Tambahkan air sedikit saja sesuaikan dengan berasnya. Atau kukus semua bahan sampai matang.
🌸 Setelah matang blender bubur sesuai dengan tekstur yang diinginkan.
🌸 Sajikan dengan tambahan evoo atau unsalted butter sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan dikulkas selama 2x24 jam. Lebih baiknya masak hanya untuk makan seharian aja ya moms.
🌸 Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


28 Bubur Beras Jagung Daging


Bahan :
Beras putih
Jagung
Daging sapi (telah direbus dan dibekukan)
Tahu sutra
Brokoli
Kaldu daging sapi (cara membuat bisa dilihat diawal tulisan ini)

Cara membuat :
🌸 Takaran beras dan jagung 50:50 karena sama-sama karbohidrat.
🌸 Iris jagung jika membeli jagung yang utuh. Agar lebih gampang beli saja jagung yang sudah dipotekin.
🌸 Parut daging sapi beku dengan parutan keju.
🌸 Potong tahu.
🌸 Bersihkan brokoli, cuci dengan air mengalir dan potong-potong.
🌸 Masak semua bahan sampai mendapatkan tekstur bubur yang diinginkan.
🌸 Blender bubur.
🌸 Jika ingin membuang ampas jagung, saring lagi dengan menggunakan saringan kawat.
🌸 Sajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan dikulkas maksimal 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


29 Bubur Hati Ayam Daging Sapi



Bahan :
Beras putih
Hati ayam (yang telah direbus dan dibekukan)
Daging sapi (yang telah direbus dan dibekukan)
Labu siam
Bawang putih
Kaldu ceker
Air

Cara membuat :
🌸 Parut hati ayam dan daging sapi dengan parutan keju.
🌸 Kupas dan potong kecil labu siam.
🌸 Cincang bawang putih.
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker atau panci.
🌸 Bisa ditambahkan air jika kaldu ceker kurang.
🌸 Masak hingga menjadi bubur.
🌸 Blender bubur yang telah matang.
🌸 Sajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan di kulkas selama 2x24 jam. Hangatkan saat akan diberikan kepada si kecil.
______________


30 Bubur Daging Tahu Bayam


Bahan :
2 sdm beras
Daging sapi yang telah direbus
Kaldu daging sapi (cara membuatnya bisa dilihat diawal tulisan ini)
Tahu sutra
6 lembar bayam

Cara membuat :
🌸 Cuci beras sampai bersih.
🌸 Suir-suir daging sekecil mungkin
🌸 Potong kecil tahu sutra.
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker.
🌸 Masak sebelum tidur dan matikan pas bangun tidur paginya.
🌸 Blender bubur sampai halus.
🌸 Tambahkan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Bubur siap diberikan kepada bayi.
🌸 Sisanya bisa disimpan dikulkas tahan 2x24 jam. Hangatkan saja disaat bayi mau makan.

Baca juga : MPASI Homemade atau Instan?
______________


31 Bubur Daging Tahu Labu Siam



Bahan :
🌟Beras putih
🌟🌟Daging sapi
🌟🌟🌟Tahu sutra
🌟🌟🌟🌟Labu siam
Kaldu ceker
Bawang putih
Daun salam

Cara membuat :
🌸 Cuci beras sampai bersih.
🌸 Parut daging beku dengan parutan keju.
🌸 Potong kecil tahu sutra.
🌸 Kupas labu siam, cuci dan potong kecil.
🌸 Cincang bawang putih.
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak sampai menjadi bubur.
🌸 Keluarkan daun salam.
🌸 Saring atau blender bubur yang telah matang.
🌸 Sajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan di kulkas dan untuk sebaiknya habiskan dalam sehari. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


32 Bubur Daging Tahu Bayam Tomat



Bahan :
Beras putih
Daging sapi (disarankan daging giling biar seratnya halus)
Tahu sutra
Bayam
Tomat
Kaldu sapi (cara membuatnya bisa dilihat diawal tulisan ini)

Cara membuat :
🌸 Rebus daging terlebih dahulu. Kalau menggunakan daging giling tidak perlu direbus.
🌸 Potong kecil atau cincang daging yang sudah direbus setengah empuk.
🌸 Potong tahu sutra.
🌸 Ambil beberapa lembar daun bayamnya saja.
🌸 Ambil daging buah tomat, buang bijinya. Potong kecil.
🌸 Cuci beras hingga bersih.
🌸 Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker.
🌸 Nyalakan slow cooker sebelum tidur dan matikan paginya. Kira-kira sekitar 5,5 - 6 jam.
🌸 Setelah matang blender bubur.
🌸 Jika ingin tekstur yang halus bisa disaring biar serat dagingnya terbuang.
🌸 Sajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan dikulkas dan tahan selama 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.
______________


33 Bubur Daging Kacang Panjang Kangkung



Bahan :
Beras putih
Beras merah
Daging sapi beku yang telah direbus sebelumnya
Kacang panjang
Kangkung
Daun bawang
Kaldu ceker

Cara membuat :
🌸 Mix beras putihn dan beras merah perbandingan 50:50.
🌸 Parut daging beku.
🌸 Potong kecil kacang panjang dan daun bawang.
🌸 Masukkan semua bahan kecuali kangkung ke dalam slow cooker. 
🌸 Masak selama 4 jam.
🌸 Masukkan kangkung.
🌸 Masak lagi sampai matang atau kira-kira 1 jam.
🌸 Blender bubur yang telah matang.
🌸 Sajikan dengan evoo sebagai lemak tambahan.
🌸 Sisa bubur bisa disimpan di kulkas dan awet selama 2x24 jam. Hangatkan jika akan diberikan kepada si kecil.

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit pada Anak
______________



Itulah kumpulan resep MPASi olahan daging sapi yang dimasak ala aku. Orang tua wajib mengupayakan memberikan makanan bergizi untuk anak demi menunjang masa-masa emas kehidupannya.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment