No comments

Berhubung sering banget baca artikel dan postingan yang membahas mengenai tata cara makan yang baik untuk anak, aku jadi gatel pengen curhat masalah ini. Jadi intinya dalam tulisan-tulisan yang luar biasa tersebut menjelaskan kalau seharusnya anak itu makan dengan posisi duduk tegak dikursi makannya. Dan yang lebih luar biasa lagi, anak-anak di Indonesia ini dibilang manja karena makan disuapi terus dan nggak bisa makan sendiri. Padahal di negara-negara lain anak mulai diajarkan makan sendiri sejak pertama kali mengenal apa itu “makan”. Jadi ya emaknya tinggal bikin masakan doang terus ditarok deh didepan anaknya. Kalau bahasa kerennya sih BLW.
No comments

Yeeeyyy happy birthday Abyan!!!! Beribu doa untukmu nak.

Diusia satu tahun ini Byan udah makin pinter lho. Kakìnya gatel kepengen jalan, hee. Jadi sekarang ini adalah waktu yang paling rawan dia jatoh dan kejedot sana sini. Nggak kehitung lagi berapa kali dia kejengkang, kepentok, kesandung, pokoknya segala jenis jatoh mungkin udah pernah dia rasain. Untung aja dia bukan tipe anak yang gampang trauma, jadi ya kalo jatoh nggak takut buat nyoba lagi dan lagi.  Mau dilarang malah takut dia nggak bisa menikmati perkembangannya dengan leluasa. Tapi harus diawasi terus, harus sigap menyambut disaat dia mau jatoh, walaupun kadang kurang cepet dan dia keburu merasakan kerasnya lantai *maafkan bunda ya nak.
No comments

Aduuuuuh kayaknya sudah beribu-ribu tetesan keringat dan air mata yang jatuh selama menggeluti dunia permakanan anak bayi ini. Sukur-sukur punya anak yang doyan makan tanpa pandang bulu, apa aja diembat. Nah kalo anaknya nggak doyan makan piye? Kadang banyak yang ceramahin ini itu, bilang kita kurang telaten lah, kurang sabar lah, kurang segala-galanya pokoknya deh. Tapiiii tanpa dinasehatin panjang lebar pun, pasti semua ibu sudah berusaha keras segenap jiwa dan raga kok agar anaknya mau makan dan tumbuh sehat.
No comments
Pertanyaan yang paling nyakitin nyelekit menyengat dan bikin hati perih seperti teriris sembilu adalah "anaknya kok kurus?". Tidak sedikit ibu-ibu yang memiliki anak dengan badan kurang berisi mendapatkan tekanan dari sana sini, bahkan dari keluarga sendiri. Dibilang nggak dikasih makan lah, nggak becus ngerawat anak lah, dibanding-bandingin sama anaknya si itu lah, pokoknya macem-macem deh. Bener apa bener?
9 comments
Pusing ya moms kalau anak nggak mau makan. Nah itulah yang sedang melanda kehidupan aku dan Byan. Sampai stres nggak tau mesti ngapain lagi. Bahkan berat badannya pun nggak naik-naik. Udah nyoba ngasih suplemen penambah zat besi takut dia ADB, malah makin nggak mau makan dan mual. Beralihlah ke sederetan vitamin penambah nafsu makan. Namanya juga usaha ya buibu, mana tau ada yang berhasil.
Berikut beberapa vitamin penambah nafsu makan yang pernah dikonsumsi Byan.
No comments

Berhubung virus yang menyerang Byan nggak pergi-pergi dan betaaaah banget nangkring di tubuh Byan, aku dan suami sepakat mencari second opinion. Kita memutuskan untuk pergi ke RS Premiere Bintaro. Ternyata rumah sakitnya buaguuuuus banget (norak yak, wkwk) sampe ketemu artis idola segala, si Dimas Seto yang jadi Satria di sinetron Kesempurnaan Cinta. Maklumlah emak-emak yang hobi banget mantengin tv tiap sore biar bisa fokus nonton ini sinetron jadi bringas kalo ketemu langsung ama pemerannya. Aduuuhh kok ceritanya jadi kemana-mana, maap maap.
No comments

Pengen nyoba dokter lain yang jadwal prakteknya sesuai dengan waktu jalan-jalan kita di hari Sabtu. Berangkatlah kami menuju RS jam 10an dan sesampainya disana nanya ke suster siapa dokter anak yang lagi praktek. Ternyata dokter Patria. Oke deh mana tau cocok dan karena ini dokter ibu-ibu maka harapan terbesarku adalah beliau KOMUNIKATIF. Karena inilah yang paling super duper penting.
No comments

Sebenernya nggak ada niatan mau ketemu sama dokter muda nan cantik ini. Kebetulan saat itu dokter yang diinginkan lagi berhalangan hadir makanya direkomendasikan sama suster buat konsul sama dokter Maya aja. Toh cuma imunisasi ini, sama dokter mana aja bisa. Awalnya sih agak ragu, tapi ya udah lah lanjut aja dari pada bolak balik rumah sakit bikin puyeng ngeliat macet yang nggak berkesudahan di ibukota tercinta ini (eh malah curhat haha). 
No comments

Ini dokter anak ketiga yang menangani Byan untuk imunisasi. Lebih dari 6 bulan kita jadi pasien pak dokter yang satu ini karena jadwal prakteknya pas banget dihari Sabtu dan sore pula, biar bisa sekalian malam mingguan hee.
No comments
Kebetulan aja konsul sama Dokter Agus waktu itu karena pendarahan saat hamil Byan yang memasuki usia 4 bulan. Karena Dokter Dewi Rumiris yang menjadi dokter langganan nggak praktek waktu itu, jadi dokter yang ada aja dan nggak ngantri lama. Secara panik banget takut ada apa-apa sama si kecil di dalam perut. 
2 comments

Ini dokter pertama yang megang Byan mulai dari lahir sampai 2 bulan. Kenapa cuma 2 bulan? Bukan karena dokternya nggak bagus, tapi karena jadwal prakteknya yang waktu itu nggak ada di hari sabtu. Kasian juga maksain bawa Byan yang masih mungil unyu-unyu keluar malem-malem setelah ayahnya pulang kerja. Apalagi waktu itu lagi musim hujan.
5 comments

Huwwaaaaaaa akhirnya aku menyerah dengan kesakitan yang tiada tara ini. Awalnya kekeh mempertahankan prinsip nggak mau pakai obat-obatan biar aman dan nantinya luka bakalan sembuh sendiri yang hanya butuh kesabaran untuk menunggunya. Tapi kali ini bener-bener sakitnya teramat luar biasa sampai keubun-ubun, sumpah nggak boong. Tiap hari berharap lukanya makin kering, ini malah makin menjadi-jadi. Belum lagi digigitin Byan yang sakitnya nampol abis. Cukup sudah aku tak sanggup lagi, hiks.
No comments

Sedikit sharing mengenai jadwal makan Byan ya moms. Walaupun terkadang ada beberapa yang melenceng entah karena Byannya masih bobok, jalan-jalan atau paginya pada telat bangun. Byan memulai MPASI-nya dari 5,5 bulan, jadinya setelah 6 bulan Byan udah makan 3xsehari dengan menu 4 bintang.
No comments

Happy birthday Abyan !!! Alhamdulillah udah setahun umurmu nak. Berjuta doa yang terucap dari ayah dan bunda agar hidupmu selalu dalam lindungan-Nya. Kemaren pas 1 tahunnya Byan, ayah ditugasin ke Bandung sehari doang. Nah karena Ayah mau bahagiain istri dan anak tercinta, diajukanlah cuti ke pak bos. Libur deh seminggu full kita bertiga bersenda gurau ketawa hahahihi berkelana ke objek wisata panas--panasan dan akhirnya setelah itu banyak istirahat dirumah karena capek, haha. Tapi kita happy! Makasi ayah.
No comments

Kemaren sempet baca share link-nya beberapa teman di media sosial mengenai seorang anak yang makan di pojokan sebuah restoran cepat saji sendirian tanpa ditemani siapa pun. Ternyata dia datang setiap hari kesana untuk menunggu gerbang sekolahnya yang belum dibuka, sedangkan pagi-pagi buta kedua orang tuanya sudah berangkat bekerja. Sedih ya?
No comments

Idealnya bayi bisa merangkak direntang usia 7-10 bulan dan tahapan ini terjadi sebelum belajar berjalan. Bagaimana jika bayi tak kunjung bisa merangkak padahal sudah melewati 10 bulan? Anakku Byan mengalami hal itu. Disaat bayi lain yang seumurannya sudah bisa merangkak dengan cepat bahkan sudah mulai belajar berjalan, Byan hanya bisa guling-guling dilantai. Entah apa yang menyebabkan dia belum bisa merangkak. Sudah lama aku khawatir dengan perkembangan motoriknya. Tapi karena dokter menyatakan kalau tidak semua anak melalui tahapan merangkak, aku sedikit tenang. Tenang aja nanti dia langsung jalan, kayak anak saya. Emang sih keliatannya nggak lucu. Begitulah kira-kira yang diucapkan sang dokter. Selain itu aku tanya-tanya juga dengan beberapa teman yang sudah memiliki anak, memang ada beberapa yang anaknya belum merangkak diusia yang sama dengan Byan. Oke, berarti ini masih normal.
No comments

Diusia 9 bulan atau lebih, kemampuan motorik anak semakin berkembang. Dia akan mencoba berdiri dan berjalan walaupun masih gemeteran dan tidak imbang. Disinilah peran kita sebagai orang tua untuk memberikan stimulasi agar si kecil bisa melangkah dan berjalan dengan baik. Berikut beberapa tips untuk mendorong anak belajar berjalan.
No comments

Sebagai emak-emak yang modern pasti sering banget menggunakan keajaiban gadget untuk menenangkan si buah hati yang lagi rewel. Nggak bisa dipungkiri kalau si kecil langsung anteng duduk diem setelah diperlihatkan lagu kesukaannya. Aku sering banget melakukan hal ini supaya Byan anteng disaat-saat urgent seperti ketika aku mandi, shalat, masak atau pas lagi kebelet, ups. Kalau nggak diputerin lagu favoritnya, Byan bakalan meronta-ronta di kursi makannya. Ya begitulah setiap hari disaat aku butuh waktu untuk melakukan sesuatu Byan didudukin dikursi makannya, tali pengamannya dipasang dan diputer deh lagu pingfong. Kadang aku kasih biskuit buat dicemil-cemil sambil nonton biar dia ada aktivitas lain. Adakah bunda lain yang melakukan hal ini juga?
1 comment
Nggak bisa disangkal kalau bayi itu rentan banget sama yang namanya penyakit. Mau hidup sehigienis apapun pasti ada aja virus nakal yang nyantol. Berikut ini beberapa obat yang pernah dikonsumsi Byan dengan berbagai keluhan.
No comments

Yeey akhirnya gigi Byan nongol juga. Banyak lagi. Diatas mau nongol 4, dibawah 2. Kebayang dong itu sakitnya gimana? Kita aja tumbuh gigi cuma satu udah sakit bikin pusing.
Karena munculnya gigi yang merobek gusi si kecil inilah yang akan berdampak kepada tingkah lakunya. Baik itu berkurangnya nafsu makan, demam, gelisah saat tidur, lebih rewel dan menggigit semua benda yang bisa didapat.
No comments

Masalah yang satu ini memang bener-bener menguras emosi dan tenaga. Aku yang sebagai ibu baru malah sering nangis menghadapi Byan yang makannya diemut nggak dikunyah-kunyah. Gimana nggak, pagi-pagi buta udah masak dengan rasa penuh cinta dan harapan bakalan dimakan dengan lahap, eh pas makan malah didiemin aja dimulut dan akhirnya lebih banyak yang kebuang. Ya Allah periiiih banget hati ini melebihi patah hati pas lagi gadis dulu. Tapi seiring berjalannya waktu dan tersadar kalau ini adalah hal yang harus dihadapi dan bukan untuk ditangisi, aku mulai bangkit dan memutar otak mencari trik-trik bagaimana cara meminimalisir masalah makan diemut ini (soalnya sampai sekarang belum menemukan cara mengatasinya). Sedikit berbagi ya moms, ini tips-tipsnya.
No comments
Kali ini ceritain perkembangan Byan dijamak aja ya. Soalnya kalau diceritakan per bulan kok kayaknya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Jadi nggak seru. Apalagi kemaren Byan sempet sakit lama banget sampai nggak kepikiran buat nulis di blog, hiks (baca Virus Roseola pada Bayi dan Campak pada Bayi).


Taraaaa beginilah foto Byan saat usianya 11 bulan dan nggak kerasa bentar lagi udah setahun. Dulu kepengen banget cepet gede, sekarang setelah dijalani ternyata emang cepet buanget. Banyak yang bilang sekarang Byan kurusan, secara waktu bayi kan endut semok bahenol. Iya sih aku akui Byan kurusan karena makannya susyeeeh pake diemut dan lamaaaaa, apalagi abis sakit kemaren yang bikin bb-nya ngedrop. Kayaknya Byan sudah menanamkan prinsip "tumbuh tuk keatas, nggak kesamping" sejak dini. Makanya dia tinggi dan ramping. Yang penting sehat aja itu udah bikin bunda tenang nak, nggak sanggup lihat Byan sakit lagi.
2 comments
Haaaii mom, udah lama aku nggak mencurahkan isi hati di blog ini. Soalnya Byan barusan sembuh dari penyakit yang datang silih berganti setelah terkena campak kemaren (baca Campak pada Bayi). Aku pikir udah sembuh, eh malah terkena virus yang lain lagi. 
No comments

Banyak yang bilang kalau campak itu hanya akan menyerang tubuh manusia satu kali seumur hidup. Ternyata itu salah lho, yang satu kali itu cacar air bukan campak. Campak bisa menyerang tubuh berkali-kali tapi tingkat keparahannya akan berkurang dari serangan sebelumnya. Kata dokternya Byan sih gitu.

2 comments
Sebenarnya pertanyaan ini sudah berputar-putar dikepala sejak Byan berusia 6 bulan dan memulai MPASI. Sebagai ibu baru yang nggak tau apa-apa, aku benar-benar buta mengenai informasi seputar zat besi ini. Nggak pernah kepikiran kalau bayi juga bisa anemia kayak orang dewasa. Aku aja sampai sekarang nggak pernah minum suplemen penambah zat besi, boro-boro kepikiran ngasih ke Byan.
No comments

Cepet banget ya nak gedenya..nggak kerasa ùdah 9 bulan aja. Bentar lagi 10 bulan terus 11 bulan, setahun, tiba-tiba udah kuliah, haha kejauhan. Sekarang Byan udah makin nggak bisa diem, geraaak terus. Nggak di rumah, di mobil, di mall, di tempat makan, maunya celingak celinguk goyang kiri goyang kanan, dan paling seneng itu kalo diberdiriin sambil tangannya megang-megang tembok atau sandaran kursi. Mungkin udah kepengen tatah-tatah mau jalan merambat kali ya. Berhubung belum bisa makanya rewel minta diberdiriin sambil dipegangin. Cerewetnya makin menjadi-jadi, ngomong mulu. Apalagi setelah kena campak (baca : Campak pada Bayi), pengennya manggil-manggil orang, ngajak ngomong (dengan bahasa bayinya) dan ketawa terus sampai-sampai pas lagi tidur juga sering ketawa. Guling-guling dikasur juga makin cepet, tau-tau udah nyampe lantai aja dia. Kayaknya juga udah mulai ngangkat pantat mau ngerangkak tapi masih ragu-ragu dan kadang sampai ngejugruk kedepan, kasian kepalanya jadi kejedug. Tapi nggak apa-apa lah namanya juga belajar Terus udah bisa mintak gendong, tangannya dikembangkan keatas. Nggak cuma sama bundanya doang, ke semua orang minta gendong. Kalo diculik gimana kamu toh naak naak..jangan sampai lah yaa.
No comments

Kali ini sesi curcol ya moms..lagi kepengen berbagi aja.

Entah kenapa cerita mama tadi membayang-bayang terus dikepala sampai nggak bisa tidur. Sekitar 3 bulan yang lalu tetanggaku di Padang kehilangan anak perempuannya yang masih berusia 1,5 tahun. Ya Allah dengernya aja hati langsung perih. Ibu mana yang mau melihat jenazah anaknya? Nauzubillahiminzalik. Aku aja liat Byan nangis-nangis karena demam setelah imunisasi mewek apalagi ini, bisa gila mungkin. Cobaan orang lain jauh lebih berat, dan pantaskah aku masih tetap mengeluh? Harusnya aku bersyukur. Bersyukur dikasih kesempatan untuk merawat Byan full 24 jam, dijodohkan dengan lelaki yang mengizinkanku untuk meninggalkan pekerjaan kantor dan menjadi full mom, ditambah lagi dengan rasa bahagia yang ditanamkan dihati selama menjalaninya. Banyak juga kan ibu-ibu muda yang merasa jenuh di rumah setelah memutuskan berhenti bekerja dan malah menimbulkan penyesalan. Alhamdulillah aku masih dilindungi oleh Allah dari hal ssperti itu. Allah memang maha baik.
No comments
Alhamdulillah Byan udah sembuh dan mudah-mudahan beneran udah sehat lagi (takutnya terlihat sehat tapi ternyata didalam masih sakit, jangan sampai amit-amit). Karena hampir dua minggu di rumah terus nggak kemana-mana, akhirnya tadi bunda memberanikan diri membawa Byan jalan-jalan biar nggak suntuk. Kalau di Padang gini pasti tujuan utamanya Pantai Padang dong. Tadi sore-sore abis shalat Ashar, pergilah kita berempat kakek, nenek, bunda dan Byan ke pantai. Asiiiiiik...bunda bisa makan karupuak leak (makanan khas Padang) yang mak nyos banget. *teteeeep pikirannya makan, haha. Ngidamnya bunda waktu hamil juga pengennya makan ini. Di Jakarta mah nggak ada yang jual. 
No comments
*Mau posting foto mukanya Byan kok rasanya nggak tega. Sedih banget rasanya hati bunda. Jadi foto punggungnya aja ya. Foto ini diambil setelah campak mulai menyebar ke badan di hari ke-6, tapi kaki dan tangan belum. Awalnya campak menyerang daerah muka. Kalau foto ini bisa dirasa, pasti bunda-bunda semua bisa merasakan panas tubuh Byan yang mencapai 39°C

Ya Allah sedihnya liat Byan sakit gini. Perasaan Bunda campur aduk, sedih, merasa bersalah, bingung, panik, pasrah, nyampur semua. Nggak pernah sedikitpun bunda menyangka kalau Byan bakalan sakit parah kayak gini, pas lebaran pula. Virus jahat entah dari mana yang menyerang, entah kapan masuknya ke tubuh mungil Byan. Daya tahan tubuh yang lemah karena keseringan diajak jalan sama bunda juga salah satu penyebabnya *maafkan bunda nak. Tapi yang jelas kalau bunda sudah bisa nulis lagi berarti Byan sudah sembuh walaupun masih ada bekasnya disekujur tubuh. Alhamdulillah..ssbentar lagi insyaAllah bersih lagi kok nak.

Jadi begini ceritanya..
No comments

Alhamdulillah Byan udah makin besar. Makin banyak kepandaiannya. Sekarang duduknya udah mantap udah jarang jatuh. Tapi ya masih didudukin sama bundanya. Jadi kalau main-main udah bisa sambil duduk. Gerakan di baby walker juga semakin gesit, udah was wis wuuusss. Rasa ingin tahunya meningkat tajam, apa aja yang kita kerjakan pasti diliatiiiiin terus. Kalau ada suara ribut atau agak kenceng dikit pasti langsung planga plongo sambil nyari sumber suara. Belum lagi pengen obrak abrik semua barang dirumah sampai berantakan saking keponya. Sekarang Byan udah bisa tepuk tangan lho..apalagi kalau dipancing sama lagu "puk ami ami belalang kupu-kupu". Bukan hanya tepuk tangan, sudah meningkat jadi tepuk kaki, haha. Kalau denger musik atau liat bunda sama ayahnya gerak-gerak sambil nyanyi, Byan juga bakalan melambaikan tangan kayak dadah-dadah (mungkin dia joget). Dan yang paling bikin bunda seneng adalah Byan sudah kenal bundanya yang mana, sudah bisa mintak digendong sama bunda dan kalau dipanggil namanya langsung noleh. *jempol
No comments
Catatan : foto diambil saat atribut Byan masih lengkap, nggak nyampe semenit langsung ditarik-tarik semua.

Dibalik kegembiraan diajak jalan-jalan sama ayah ke Surabaya, ada kekhawatiran yang melanda (ceileeeh bahasanya, haha). Udah pasti naik pesawat dong yaa. Mau tinggal dirumah males banget. Kan kepengen juga menginjakkan kaki ke negeri orang buat refreshing sambil ketemu saudara disana. Akhirnya aku memutuskan untuk ikut.

Sejak saat itu aku mempunyai kesibukan baru yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai persiapan bayi untuk naik pesawat. Maklumlah ini pertama kalinya jalan jauh bawa bayi. Sejak Byan lahir palingan jalan-jalannya cuma pake mobil. Info yang didapat sih umumnya sama, dan sebagian besar aku sudah mengetahuinya. Tapi tetep aja dibaca berulang-ulang sampe hafal, hee.
No comments

Kebersihan mulut bayi termasuk salah satu yang harus diperhatikan dengan serius. Walaupun terlihat sepele tapi kalau diabaikan bisa menimbulkan masalah serius. Jika bayi masih ASI eksklusif, maka sisa dari susu bisa tertinggal dilidah dan lama kelamaan bisa menjadi penyebab tumbuhnya jamur. Apalagi kalau bayi sudah mulai makan, lebih bahaya lagi jika sisa makanan sering tersisa dalam mulut. Makanya selalu berikan air putih ya bund setelah makan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal. 

Perlu diingat, mulut bayi tidak akan langsung bersih saat pertama kali dibersihkan. Harus rajin dan telaten dilakukan sampai benar-benar bersih.
Berikut beberapa cara untuk membersihkan lidah bayi.
5 comments
Foto: freepik.com

Ternyata membersihkan hidung bayi itu nggak segampang yang dibayangkan. Ritual sangat sederhana ini bisa bikin aku geregetan saking susahnya. Kan kita ibu-ibu ini sering risih ya kalau ngeliat hidung anak kita ada kerak-keraknya, ingusnya atau upilnya. Ntar diliat orang juga nggak enak, tetep juga ibunya yang disalahin nggak becus ngerawat anak. Banyak juga artikel yang mengatakan bahwa membersihkan hidung bayi cukup dibagian luarnya saja atau membersihkan kotoran yang terlihat saja. Tapi terkadang kotoran itu sudah menyumbat hidung dan mengganggu kenyamanan si kecil untuk bernafas. Nggak jarang aku bikin lubang hidung Byan sakit atau bahkan berdarah gara-gara nggak tahu teknik yang benar (huhu maafkan bundamu yang masih belajar ini nak). Akhirnya seiring dengan berjalannya waktu, kesalahan mengenai kebersihan hidung bayi ini sudah mulai bisa teratasi walau sulit. 
No comments

Duh pusing ya moms kalau anak udah susah makan. Udah muter otak semalaman mikirin besok mau masak apa, masaknya juga semangat banget berharap si dedek suka, eh malah disembur-sembur, nggak mau buka mulut, geleng-geleng atau bahkan dimuntahin. Perasaan kita jadi nggak karuan, marah, kesal, kecewa dan takut kalau anak akan kekukaran gizi.
Berdasarkan pengalaman, ini beberapa tips menghadapi anak yang susah makan.
No comments

Apakah benar bayi semungil itu bisa mengerti keadaan disekitarnya? Merasakan apa yang orang lain rasakan? Awalnya aku memang meragukan hal ini, hanya membaca artikel ataupun mendengar pengalaman-pengalaman teman, saudara dan orang terdekat. Tapi ternyata itu benar. Aku membuktikannya setelah menjadi seorang ibu.
No comments
Foto; freepik.com

Semuanya tak lagi sama, benar-benar berbeda. Yap itu memang kalimat yang paling tepat. Kehidupan sebelum menjadi seorang ibu sudah hampir tak pernah aku rasakan lagi. Dulu aku bisa tidur pulas sepulas-pulasnya bahkan sampai siang tanpa ada gangguan, makan dengan santai sambil nonton dan bersenda gurau dengan suami, jalan-jalan kapanpun dan kemanapun aku suka, masak atau nggak terserah aja sesuai mood dan banyak hal santai lainnya yang terkadang aku masih mengeluh dan merasa capek.
No comments

Umur segini nih masa-masa yang paling menggemaskan. Udah banyak kepandaian baru. Udah bisa duduk sendiri walaupun masih goyang, udah bisa main dan jalan-jalan di baby walker, bisa teriak-teriak dan ngoceh-ngoceh dengan bahasa bayi yang bundanya nggak ngerti sama sekali, kalau digelitikin udah bisa cekikikan, mainannya direbut langsung nangis, diajak ngaca kegirangan, kalau mandi suka main air, masih banyak lagi yang lain kalau ditulisin bisa panjang banget, haha. Lucu deh pokoknya. 
No comments

Taraaaaaaaaa....!!!! Akhirnya jadi juga nih video cara membuat MPASI buat Byan. Biar bisa nambah pengetahuan juga buat bunda-bunda yang lain. Kali ini menayangkan Cara Membuat MPASI Bubur Beras Putih, Daging+Hati Ayam, Buncis, Bayam dan tak lupa evoo sebagai lemak tambahan. Selamat menonton mooomms...
No comments

Kenapa sih banyak yang memandang rendah seorang ibu rumah tangga? Menyimpulkan sendiri seenaknya kalau ibu rumah tangga itu nggak bisa apa-apa. Alaaah paling nggak dapet kerja makanya ngurus anak saja, atau males kerja dan pengen santai-santai dirumah menikmati hasil kerja keras suami. Hellooooww lo pikir jadi ibu rumah tangga itu pekerjaan yang gampang apa? Kerja mulai dari melek sampai tidur lagi dan itu non stop. Dan mulai sekarang pliiis buang jauh-jauh anggapan bahwa IRT nggak bisa apa-apa. Kalo dibalik gimana? Wahai ibu-ibu pekerja, apakah kalian sanggup mengurus rumah dan anak setiap hari? Coba deh ngambil cuti seminggu dan cobain tuh sensasinya gimana.
No comments

Makin gede aja nih si kunyil bunda..kiss kiss mmuah. Diusia 6 bulan ini tengkurepnya alhamdulillah udah mulai sering. Walaupun termasuk lambat dari yang seharusnya tapi it's oke. Cuma ya belum bisa balik badan ke posisi tidur. Angkat kepalanya juga udah tinggi. Kalo didudukin malah seneng banget sampe ketawa-ketawa. Belum bisa duduk sendiri padahal, masih harus dipegangin. Tendangannya makin kuat sampe bisa dorong badannya keatas. Harus diliatin terus, kadang kepalanya bisa nyampe lantai. 
2 comments

Milna, Promina dan sejenisnya.

Biskuit ini enaaaaakkk bangeeeett. Secara sebelum dikasih ke Byan emaknya duluan yang nyobain, haha. Kalo dibaca dari keterangan yang tertera dikotak kemasan, kandungan gizinya sangat lengkap. Malah bisa dijadikan sebagai bubur bayi hanya dengan campuran air. Rasanya juga beragam, ada original, susu, pisang dll. Byan baru nyobain dua rasa yaitu original dan susu dari 2 jenis merek berbeda (tapi bentuk dan tekstur biskuitnya tetap sama). 

Namuuuuun...jika dijadikan bubur rasanya jadi kemanisan, lebih enak kalo dimakan biskuitnya saja. Tapi disaat umur Byan yang masih 6 bulan, dia masih belum terlalu bisa memegang biskuit dengan bentuk bulat seperti ini. Selalu lepas. Padahal dia suka banget lhoo, sampe mangap-mangap. Kan capek juga kalo aku pegangin terus. Naaah kalo diseduh dijadiin bubur, dia malah kurang suka.
No comments

Pas lagi galau-galaunya karena Byan mau mulai MPASI, alat inilah yang membuat segalanya terasa mudah, haha. Bukan iklan lhooo..tapi beneran kalo slow cooker itu membuat kegiatan masak-memasak MPASI semakin gampang nggak pake ribet. Masukkan semua bahan, colokin sebelum tidur, paginya mateng deh. Kalau sesuai buku petunjuk sih 4-6 jam dengan suhu tinggi. Berhubung slow cooker yang aku punya nggak ada pengaturan suhu, ya udah bablas aja dari malam sampai pagi, palingan cuma kelabihan setengah jam.
No comments

Bak Mandi Bayi
Sebelum lahiran yang aku tau buat mandiin bayi ya cuma bak mandi ini. Aku beli yang merek Puku dengan ukuran besar agar bisa dipake lama sampe Byan gede nanti. Waktu pertama kali make buat mandiin Byan yang saat itu baru lahir, masih kecil mungil dan kayaknya rapuh banget, agak was-was takut pegangan tangan kelepas trus dia kelelep. Secara itu bak mandi gede banget kalo dibandingin sama badannya Byan.

Semakin lama Byan pun semakin gede sampai kalo mandi itu kaki atau kepala sering kejedot-jedot saking bersemangatnya ketemu air. Kadang sampai nangis karena kejedotnya terlalu keras. Ya maklum lah saat usianya 3 bulan gerakannya udah mulai aktif, apalagi kaki. Belum lagi airnya jadi berserakan kemana-mana. Soalnya aku mandiin Byan nggak di kamar mandi karena sempit. Udah kepikiran tuh buat beli bak mandi yang dari plastik diisi angin supaya aman, tapi nggak dibolehin sama si ayah karena takut nggak kepake. Ya sudahlah pasrah aja, pokoknya harus hati-hati banget megangin Byan kalo mandi. Kasian juga keseringan kejedot, apalagi kepala.
No comments
Gendongan Samping Kain



Gendongan ini merupakan gendongan yang paling simple dengan harga yang paling miring dari semua gendongan yang aku punya. Kainnya tidak terlalu tebal sehingga bayi tidak merasa kegerahan saat digendong. Selain itu juga ada ring yang mempermudah kita untuk memanjangkan atau memendekkan gendongan. Bagian bahu diberi busa tipis agar kita merasa nyaman saat menggendong sikecil. Karena kainnya yang tidak tebal maka gendongan ini gampang dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat. Hanya saja yang membuat aku risih saat menggunakannya adalah perasaan khawatir kalau anakku Byan merasa sakit dibagian paha karena tertekan kainnya yang agak kaku atau keras. Mungkin jika seluruh bagian gendongan dilapisi busa tipis akan lebih perfect lagi.
No comments
Foto: freepik.com

Me
ngapa diusia 6 bulan bayi baru boleh diperkenalkan dengan makanan selain ASI/Sufor?
Berikut alasannya berdasarkan WHO.
  1. Pada umur 6 bulan penolakan bayi terhadap sendok sudah lebih rendah.
  2. Bayi memerlukan tambahan energi dan zat gizi dari makanan karena kandungan gizi dari ASI/sufor sudah tidak mencukupi lagi, terutama zat besi.
  3. Pada umur ini saluran pencernaan bayi sudah lebih kuat dari pada di bawah 6 bulan sehingga bisa mengurangi resiko alergi atau masalah saluran cerna.
No comments
Asiiik Byan udah mau makan nih. Sebenernya nyuri start duluan sih, soalnya belum 6 bulan. Tapi nggak apa-apa lah biar Byan belajar makan. Lagian dokternya juga udah ngebolehin kok Byan dikasih makan diumur 5 bulan 2 minggu. Ya udah deh langsung aku laksanakan.

Pelajaran pertama yang aku dapatkan selama hampir 2 minggu menu tunggal Byan ini adalah ngasih makan bayi itu susaaaahnyaaa luar biasa. Apalagi yang baru mulai makan kayak Byan. Mulai dari dilepehin, disembur, dimuntahin, udah aku hadapi semua. Sampai nguras otak buat mikir apa penyebab Byan nggak mau makan, apakah sendoknya, apa teksturnya, apa emang nggak suka rasa makanannya atau nggak suka sama kondisi lingkungan sekitar saat makan.
2 comments

Dari kemaren-kemaren bunda Byan udah feeling ini bakalan terjadi. Masalahnya sebelum mulai MPASI aja Byan pupnya bisa sekali 2 minggu, nggak ada tuh ceritanya bakalan pup tiap hari sejak umur 3 bulan - baca Bayi Tidak BAB Selama 2 Minggu. Makanya sebelum mulai ngasih makan aku galaunya nggak ketulungan. Alhasil tiap hari sibuk deh nyari info tentang si sembelit pada bayi ini, tapi ujung-ujungnya tetap kejadian juga. Hiks.

No comments
Nggak kerasa Byan udah berusia 5 bulan aja. Malahan minggu depan udah 6 bulan. Pada usia ini sangat banyak perkembangan yang dialami Byan. Dulunya yang masih anteng sekarang udah aktif gerak, nendang, miring kiri miring kanan, tengkurep, ngoceh-ngoceh, teriak-teriak dan sering nangis-nagis manja buat narik perhatian. Makin lucu deh pokoknya.
Mari kita bahas satu per satu.

Sebelum berusia 5 bulan Byan lebih banyak diam ditempat dan bergerak seadanya. Palingan hanya nendang-nendang sesekali. Dikasih mainan belum terlalu respon, hanya dilihat saja. Tapi sekaraaaang kalau dikasih mainan langsung bahagia riang gembira, mainan apa aja pasti pengen dipegang dan dimasukin mulut, mainan yang digantung pasti berusaha diraih, gerakan tubuhnya pun semakin heboh, mulai dari tangan, kaki, badan yang miring kanan kiri, serta kepala yang tolah toleh sana sini. Jika diajak main, udah suka megang muka bunda sama ayahnya, diremas-remas, dicakar-cakar dan hobi banget jambak-jambak rambut. Tengkurepnya pun semakin lancar. Sesekali sudah bisa melepaskan tangan yang terhimpit badan. Kepala sudah bisa tegak dengan kokoh. Saat tengkurap tangan sudah bisa memegang mainan. Saat tidur juga sudah bisa mengganti posisi. Dari yang awalnya lurus, pas bangun udah bergeser sekitar 40°. Jadwal tidur sudah teratur, baik tidur siang maupun malam. Tidur malam mulai nyenyak, hanya dua atau tiga kali terbangun karena lapar. Waktu tidur siang sudah mulai berkurang, lumayan sering bangun dari pada tidur. 

Kemampuan berinteraksi dengan orang lain berkembang sangat pesat. Sekarang selalu tertawa jika disapa, diajak bercanda, diajak cerita dan komunikasi lainnya. Teriakan juga sering terdengar disaat dia senang dan tertawa terbahak-bahak, saat kesal, nangis, dan saat merasa tidak diperhatikan. Frekuensi nangis juga sangat jauh berkurang, bundanya udah bisa ngerjain macem-macem deh. Palingan nagisnya karena lapar, ngantuk, mau pup, gerah, sakit, nggak nyaman, atau saat ingin bermain dan dimanja. 

Kebiasaan memasukkan tangan kemulut semakin menjadi-jadi. Produksi air liur juga meningkat, jadi sering ngeces. Muntah juga udah jarang, paling karena kecolok tangan sendiri atau terlalu kenyang. Kalau melihat orang disekitar lagi makan, Byan juga ikut-ikutan ngunyah. Karena kata dokter Byan udah bisa dikasih MPASI maka aku mulai memberi makanan padat saat Byan berusia 5 bulan 2 minggu (alasan lainnya karena kasian liat dia ngunyah-ngunyah terus, hee). Nggak apa-apa lah ya nyuri start duluan. Haha. 

Posisi saat digendong juga harus dalam posisi kepala tegak, kalau digendong dengan posisi tidur pasti ngamuk-ngamuk (kecuali saat ngantuk atau memasuki waktu tidur). Di stroller juga maunya didudukin, nggak mau tiduran. Mungkin biar bisa ikutan cuci mata kali ya. 

Begitulah perkembangan Byan diusia 5 bulan yang sebentar lagi ulang bulan keenam ini. Mungkin ada perkembangan lain yang lupa dituliskan, tapi secara garis besar sudah menggambarkan seluruh kepintaran Byan saat ini yang semakin bikin gemes. Doa bunda tetap selalu sehat ya nak.

Semoga bermanfaat moms.

No comments
Source : freepik.com
Saking galaunya menunggu detik-detik pemberiaan MPASI kepada anakku Byan, dan merasa ribuan artikel di internet kurang memuaskan keinginan emak-emak muda yang lagi bingung untuk menentukan langkah ini, alhasil membeli bermacam buku adalah jawabannya. 
No comments
Source : freepik.com
Anak-anak pasti identik dengan mainan. Nggak afdhol rasanya kalo kita sebagai orang tua nggak beliin mainan buat buah hati tercinta, tega banget. Tapiiii nggak semua mainan anak itu aman lho moms. Ini beberapa mainan yang sering berada di sekitar sikecil yang penggunaannya harus selalu dalam pengawasan kita.

Tangan Bayi


Menginjak usia 3 bulan, bayi mulai sering memasukkan tangan ke mulut. Sebagai ibu baru aku sempat khawatir dengan kebiasaan yang satu ini. Takut tanggannya nggak bersih nanti malah masuk kuman-kuman nakal ke perut si dedek. Ternyata ada hal lain yang lebih sering membuatku was-was saat Byan mulai emut-emut tangan, yaitu muntah.

Awalnya aku sering melarang Byan melakukan kegiatan ngemut tangan ini, tapi teman bahkan kerabat malah ngasih wejangan kalau bayi dalam masa oral itu jangan dilarang-larang, nanti giginya nggak numbuh-numbuh lho..soalnya dia kayak gitu kan karena gusinya gatel. Alhasil aku turutin lah nasehat itu. memang sih itu bikin Byan seneng karena dikasih kebebasan, tapi saking bebasnya dia malah masukin tangan terlalu dalam dan mungkin menyentuh kerongkongannya. Jadinya ya hoek hoek, muntah. Kan kasian juga ngeliatnya. Abis nen muntah, nggak abis nen juga muntah. Soalnya ya moms, bayi ini keseringan muntah juga nggak baik. Mulut atau kerongkongan akan sering terkena asam lambung dan memungkinkan terjadinya hal yang lebih buruk, atau jika muntahnya memasuki paru-paru kan lebih bahaya lagi, duuh amit-amit.

Makanya mulai sekarang aku selalu mengawasi Byan dengan mata jeli walaupun sesekali masih kecolongan. Apalagi sekarang Byan sudah mulai MPASI, kan sayang banget udah makan dengan susah payah sampai bundanya keringetan jungkir balik biar mau buka mulut, eh malah muntah hanya karena ngemut tangan.


Bantal Bayi


Mommy-mommy pasti punya dong yang satu ini, dan pasti naroknya nggak jauh-jauh dari si dedek. Semakin bertambahnya usia bayi, maka semakin kuat tenaganya dan semakin aktif gerakannya. Saat Byan memasuki usia 5 bulan, apa aja dia coba angkat termasuk bantal mungil ini. Sekilas terlihat tidak ada yang menakutkan bukan? Tapi gimana keadaanya jika bantal yang diangkat jatuh pas dimuka bayi? Jadi bahaya banget! Bayi bakalan nggak bisa nafas dan akan berakibat fatal. Jadi sikecil selau diawasi ya bunda.

Mainan Gantung Berkaki



Mmmm lupa mainan ini namanya apa. Tapi gambar yang  ditampilkan sudah menjelaskan dan bikin mommy bergumam dalam hati “Ooooo iniii..”. Yups, mainan yang satu ini memang andalan bunda Byan untuk membuat anaknya anteng selama ditinggal melakukan aktifitas lain. Pas masih 3 bulan Byan hanya bisa menyentuh mainan yang digantung disamping kiri dan kanan dan masih aman. Makin kesini mainannya udah ditendang-tendang, ditarik-tarik, kebalik-kebalik sampe nggak bisa bunyi lagi dan yang terakhir udah diangkat-angkat. Kadang kaki mainan udah kena kepala sampe merah, sambungannya lepas, dan kemaren yang paling ekstrim dan bikin aku cemas seharian adalah kaki mainannya nyolok mata Byan! Dia sampai nangis-nangis kenceng. aku langsung super duper panik takut mata Byan kenapa-napa. Untuuung saja Allah masih sayang Byan. Mata Byan terselamatkan dan cuma merah aja. Nggak nyangka kan moms bisa seberbahaya ini? Makanya jaga anak kita baik-baik ya.
Sementara hanya itu beberapa mainan bayi yang dirasa berbahaya berdasarkan pengalamanku. Nanti kalau ada kejadian lain baik pengalaman pribadi ataupun pengalaman bunda-bunda yang lain akan ditambahkan. Yang paling penting jaga kebersihan mainan anak-anak kita ya moms biar si kecil selalu sehat dan bundanya pun senang.

Semoga bermanfaat.

No comments
Source : freepik.com
Diawal kelahirannya, anakku Byan tidak mengalami masalah apa-apa dengan frekuensi BAB nya. Bahkan teksturnya pun normal layaknya seperti bayi ASI lainnya.

Sampai Byan berusia dua bulan semuanya berubah dan selalu bikin bundanya deg-degan karena Byan mulai jarang pup!
No comments
Source : freepik.com
Imunisasi merupakan upaya yang dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit tertentu dengan cara meberikan vaksin ke dalam tubuh manusia tersebut. Pemberian vaksin ini bisa secara oral atau diminumkan dan disuntikkan. Satu tahun pertama kehidupan adalah masa yang paling baik untuk melakukan imunisasi.
No comments
Source : freepik.com
Hai moms, kali ini aku akan berbagi pengalaman mengenai imunisasi yang diberikan kepada anakku Byan. Mulai dari bundanya yg deg-degan sampai dampak yang ditimbulkan setelah imunisasi.



Hepatitis B I 
sebelum dibawa pulang dari rumah sakit Byan sudah diberikan imunisasi ini. Jadi aku nggak tau bagaimana metode pemberian vaksinnya dan dampaknya. Tapi selama di rumah sakit Byan terlihat sehat-sehat aja.